Magha Puja 2563 B.E.

06 Mar 2020 - 08 Mar 2020

By: Iswanto

    Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana mengadakan kegiatan tahunan dalam rangka memperingati salah satu hari raya besar umat Buddha yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Maret 2020 yaitu menyambut hari raya Magha Puja 2563 B.E., yang merupakan salah satu hari raya terpenting umat Buddha dan diketaui oleh Vera Yanny. Pada hari raya Magha Puja ini, umat Buddha memperingati terjadinya 4 peristiwa penting, yaitu:

 

  1.          Berkumpulnya seribu dua ratus lima puluh orang Bhikkhu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  2.       Para Bhikkhu yang berkumpul telah mencapai tingkat kesucian arahat.
  3.      Mereka semuanya memiliki enam abhinna.
  4.      Mereka semua ditasbihkan oleh Sang Buddha dengan ucapan “Ehi Bhikkhu”.

 

            Untuk kegiatan Magha Puja Magha Puja 2563 B.E., Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana (KMBD) mengambil tema “Do Good, Purify the Heart”. Kita mengangkat tema ini karena kita ingin mengembangkan dan meningkatkan kebijakan bagi umat Buddhis, serta meningkatkan kesabaran sesuai dengan yang telah diajarkan oleh Sang Buddha. Dalam pelaksanaan nya terdiri dari 2 rangkaian acara yaitu Exhibition yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 Maret, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan formal, yang terdiri dari Puja Bakti dan Dhammatalk yang dilaksanakan pada tanggal 8 Maret mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai.

 

Magha Puja tahun ini mengundang 3 anggota Sangha sebagai pembicara, yaitu Bhikkhu Dhammiko, Suhu Xian Bing, dan Lama Jigme. Ketiga anggota Sangha tersebut menganut 3 aliran ajaran Buddha yang berbeda, yaitu Bhikkhu Dhammiko Thera aliran Theravada, Bhiksu Bhadra Pala Sthavira (Suhu Xian Bing) aliran Mahayana dan Lama Jigme Norbu aliran Tantrayana serta Dhammatalk ini dimoderatori oleh Saudara Ir. Yani Dharma. Hal ini sengaja dilakukan agar kita dapat mendengarkan paparan ajaran Buddha dari sudut pandang yang berbeda sehingga kita dapat memahami inti dari ajaran Buddha secara lebih dalam lagi. 

Pada sesi Dhamma Talk, Bhikkhu Dhammiko, Suhu Xian Bing, dan Lama Jigme menyampaikan beberapa dharma mengenai “Sudahkah Kita Berbahagia”. Setiap anggota sangha memberikan topik nya masing-masing sesuai dengan alirannya tentang definisi Bahagia, kemudian bagaimana cara mencapai kebahagian serta hambatan setiap umat dalam mencapai kebahagiaan tersebut. Selesai kegiatan formal, Acara Magha Puja 2020 dimeriahkan dengan kegiatan informal yang diisi dengan penampilan-penampilan menarik dari DV Theater KMBD dengan judul “Keajaiban Magha”. Penampilan dari DV Theater ini sekaligus menjadi kegiatan penutup dari Acara Magha Puja 2020.