Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2022

31 Jul 2022 - 31 Aug 2022

Ditulis oleh: Aily Kho Weny 


Pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat besar dalam membentuk maupun mendukung kereligiusan seseorang. Pendalaman agama mempunyai dampak yang cukup besar dalam praktek keagamaan seseorang di dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendidikan agama, maka seseorang dapat membentuk akhlak, watak atau kepribadian melalui berbagai kebaikan yang terdapat dalam ajaran agama masing-masing. Setiap agama memiliki landasan yang digunakan seseorang sebagai cara pandang, berfikir, bersikap dan bertindak sesuatu.

Seiring dengan perkembangan waktu, dapat dilihat bahwa pendidikan agama semakin penting karena semakin dibutuhkan oleh setiap manusia. Hal ini dikuatkan dengan adanya Undang-undang No. 2 Tahun 1989 yaitu tentang sistem Pendidikan Nasional, pada Bab IV Pasal 11 ayat 6 berbunyi “Pendidikan Keagamaan merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan khusus tentang ajaran agama yang bersangkutan". Walaupun pendidikan agama merupakan hal yang penting saat ini, nyatanya masih banyak saja seseorang yang malas untuk mendalami agama yang dianut. Kemalasan mempelajari pendidikan agama dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya kesadaran diri untuk mempelajari pendidikan agama yang dianut, kurang memiliki waktu untuk mempelajari pendidikan agama dianut, serta kurangnya konten-konten pendidikan agama yang dapat menambah pengetahuan pendidikan agama seseorang.

Maka untuk mewujudkan masalah tersebut dan meningkatkan konten-konten pendidikan agama Buddha, kami dari para anggota Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University, mengadakan kegiatan pelayanan sosial yang disebut Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan ini berupa pengajaran agama Buddha yang difokuskan untuk anak-anak hingga orang dewasa dalam bentuk video pengajaran terkait materi umum ajaran agama Buddha. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan pengetahuan Pendidikan Agama Buddha sesuai dengan kebutuhan seseorang.

Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tahun ini, kami mengusung tema “Buddhism General Knowledge" dengan membuat video based learning terkait ajaran agama Buddha sebanyak 10 video. Video based learning ini nantinya akan disebarluaskan oleh pihak Teach For Indonesia (TFI) BINUS University kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat dapat mengenal dan memahami ajaran umum yang terdapat di agama Buddha.