Kathina Puja 2566 B.E./2022

29 Oct 2022

Ditulis oleh: Camelia

Hari Kathina merupakan salah satu dari empat hari raya besar dalam agama Buddha yang diperingati setiap tahunnya di sekitar bulan Oktober hingga September untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada anggota Sangha yang telah menjalani masa vassa selama 3 bulan lamanya. Rasa terima kasih ini biasanya diungkapkan dengan mempersembahkan kebutuhan pokok anggota Sangha seperti jubah, makanan, obat-obatan dan tempat tinggal. Pada tahun ini sendiri, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University kembali mengadakan perayaan Kathina Puja 2566 B.E./2022. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 29 Oktober 2022 secara onsite di Auditorium BINUS Alam Sutera dengan mengangkat tema “Golden Chance”. Melalui tema ini kami memberikan kesempatan emas bagi umat Buddhis khususnya Binusian untuk memperingati dan mengamalkan nilai-nilai luhur dari hari Kathina, berdana kepada anggota Sangha dan menanam karma baik.

Acara Kathina Puja 2566 B.E./2022 dimulai tepat pukul 13:00 WIB dan terbagi menjadi sesi formal dan non-formal. Sesi formal diawali dengan prosesi puja berupa persembahan lilin, bunga, buah, air dan manisan pada altar Buddha, puja bakti, dhammatalk, sanghadana berupa uang, jubah, obat-obatan dan peralatan mandi dan ditutup dengan blessing. Adapun dhammatalk acara Kathina Puja tahun ini mengangkat tema “A million Blessings in a Small Step” yang dibawakan oleh 2 Bhikkhu Sangha dari aliran Theravada yaitu Y.M Bhikkhu Bhadranatha Thera dan Y.M Bhikkhu Bhadrajagara Thera serta dimoderatori oleh Romo suhendri. Terdapat juga sesi tanya jawab sehingga peserta dapat bertanya dan terlibat secara langsung dalam dhammaltalk ini. Melalui dhammatalk ini, diharapkan seluruh peserta dapat belajar untuk berdana secara iklhas dan mengurangi kemelekatannya.

Setelah sesi formal selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi non-formal yang dibuka dengan penampilan menarik dari DV Band yang membawakan 2 lagu yaitu “Sangha Mulia” dan “Sambutlah Hari Kathina”. Setelah itu, terdapat juga sesi pembagian doorprize untuk 3 peserta beruntung. Acara Kathina Puja 2566 B.E./2022 kemudian ditutup dengan penampilan spesial dari DV Theater yang berdurasi 1 jam dengan jalan cerita yang sangat bermakna dan iringan musik yang sangat memukau.

Acara ini tentunya tidak dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya dukungan dan kerja sama dari seluruh pihak baik pihak internal maupun eksternal. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat khususnya kepada kepada Y.M Bhikkhu Bhadranatha Thera dan Y.M Bhikkhu Bhadrajagara Thera selaku pembicara pada acara dhammatalk, Romo Suhendri selaku moderator pada acara dhammatalk, Latteria, Godam Mas, dan Dharma Kitchen Vegetarian Cuisine selaku sponsor, Buddhist Reborn, Buddhist Worship, Event Jakarta, Kalyana Project, Midway Buddhist, Lamrimnesia, Sekolahkukampusku dan Sadhu United selaku media partner, dan juga kepada panitia, volunteer dan seluruh peserta yang telah membantu mendukung dan melancarkan acara Kathina Puja 2566 B.E./2022. Semoga kita dapat bekerja sama dan berjumpa lagi di event – event Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University berikutnya.

Akhir kata, dengan terlaksananya acara Kathina Puja 2566 B.E./2022 ini, Semoga kita semua dapat menimbun karma-karma baik dengan mengamalkan nilai-nilai luhur dari hari Kathina serta melatih diri untuk melepas kemelekatan melalui berdana.