Asadha Puja 2566 B.E./2022

23 Jul 2022 - 30 Jul 2022

Written by : Syabila Huang

Dalam memperingati hari Asadha Puja 2566 B.E./2022, pada kesempatan kali ini Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University melaksanakan kegiatan yang sangat menarik karena perayaan Asadha Puja kali ini mempunyai rangkaian kegiatan yang unik karena ada dua tipe kegiatan, yaitu kegiatan offline Hari Penghayatan Dhammaerta serta kegiatan online Asadha Puja 2566 B.E./2022.

Asadha Puja adalah salah satu dari empat hari besar agama Buddha, yakni memperingati pertama kalinya Buddha Gautama membabarkan Dhamma "Dhammacakkappavattana Sutta" kepada lima pertapa yaitu Kondanna, Vappa, Bhaddiya, Mahanama, dan Assaji di Taman Rusa Isipatana, Benares, diikuti dengan terbentuknya Sangha Bhikkhu yang pertama, dan lengkapnya Triratna. Umumnya, perayaan Asadha Puja berlangsung saat bulan purnama bulan ke-8 hari penanggalan lunar atau sekitar bulan Juli.

Perayaan Hari Penghayatan Dhamma dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2022 di Wihara Ekayana Serpong dengan mengangkat tema “The Hapiness of Dhamma in Togetherness”. Adapun rincian kegiatan, yaitu Pelita Puja, Puja Bakti Bakti, Meditasi, Ice Breaking, dan Sharing Dhamma. Dhammatalk dilakukan oleh dua bhante, yaitu Y.M. Bhante Bhandranatha dan Y.M. Bhante Nyanayasha. Kemudian kami memainkan dua mini games yaitu, “Connect The Word with the Theme Jalan Mulia Berunsur Delapan” dimana lima pemenang games yang akan mendapatkan kejutan hadiah yang menarik.

Perayaan Asadha Puja 2566 B.E./2022 dilaksanakan pada 30 Juli 2022 secara online menggunakan platform Zoom Meeting dan YouTube Live Streaming dengan mengangkat tema “Happy Life With Dhamma”. Adapun rincian kegiatan, yaitu Perayaan Asadha Puja formal, dilanjutkan dengan sesi informal. Adapun rangkaian acara pada sesi formal adalah puja bakti, Dhammatalk, tanya jawab, dan ditutup dengan blessingDhammatalk bertema “How Life with Dhamma” ini dihadiri oleh Y.M. Bhante Nyanabadhu Sakya dan Y.M. Bhante Uttamo sebagai pembicara yang dimoderatori oleh Frengki Chua. Dhammatalk tahun ini sangatlah unik karena kami menggunakan platform Mentimeter dimana tidak hanya media presentasi, namun sekaligus media yang dapat digunakan untuk mendapatkan feedback dari input yang diisikan oleh peserta melalui Mentimeter. Presentasi akan lebih interaktif dengan tampilan hasil feedback yang real time.

Lalu, acara dilanjutkan dengan sesi informal yang terdiri dari penampilan guest singermini games, pengumuman lomba, dan penyerahan sertifikat. Kami mengundang Lawrence Anzela sebagai Guest Singer pada acara ini. Penampilan guest singer diselingi dengan dua mini games, yaitu, “Guess the Songs”, dan “Guest the Movies”. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pihak Sponsor dan Media Partner.

Event ini dapat berjalan lancar karena kerja sama yang baik antar semua pihak. Untuk itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam partisipasi event ini, baik kepada pihak internal yaitu panitia Asadha Puja 2566 B.E./2022, Peserta Hari Penghayatan Dhamma dan Peserta Asadha Puja 2566 B.E./2022, serta kepada Pihak eskternal yaitu pihak sponsor dan media partner yang ikut mendukung kegiatan Asadha Puja 2566 B.E./2022. Semoga kedepannya kita memiliki kesempatan untuk berjumpa di event Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University lainnya.

Demikianlah artikel ini dibuat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Semoga informasi di atas berguna dan harapannya agar kedepannya Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University bisa tetap melaksanakan perayaan Asadha Puja yang sangat menarik dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.