Latihan Kepemimpinan Manajemen Buddhist

24 Feb 2019 - 25 Feb 2019
Written By : Henry Lucky

            Pada hari Minggu, 24 Februari 2019, pukul 08.00 pagi peserta sudah berkumpul baik di Admisi BINUS Anggrek, maupun di Drop Off BINUS Alam Sutera, siap untuk berangkat. Perjalanan menggunakan metromini dari masing-masing regional memakan waktu yang cukup singkat untuk sampai di Prasadha Jinarakkhita, Jakarta, hanya sekitar 1 jam. Pada pukul 09.00, peserta dari 2 regional sudah berkumpul di Prasadha Jinarakkhita dan siap untuk mengikuti LKMB.

            Hari pertama, kegiatan diisi dengan materi-materi untuk meningkatkan hardskill serta softskill dari peserta. Pagi harinya, setelah pembukaan, penyitaan HP dan kosmetik peserta, serta perkenalan pengurus inti KMBD periode 30, peserta dijelaskan mengenai sejarah KMBD, birokrasi kampus Anggrek dan Alam Sutera, serta cara membuat proposal dan anggaran yang baik dan benar. Setelah makan siang, terdapat materi Leadership dilanjutkan dengan Personal Branding yang dibawakan oleh alumni-alumni KMBD, yaitu Ferry Chandravi Dharma pada materi Leadership dan Wirya Samatha Priatna pada materi Personal Branding. Kemudian dijelaskan juga mengenai cara membuat LPJ dan LK yang baik dan benar oleh sekretaris dan bendahara umum KMBD. Seusai peserta mandi dan makan malam, panitia mengarahkan peserta ke ruangan dhammasala untuk melaksanakan chanting dan meditasi. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi Pendalaman Diri oleh Suhu Sulaiman Giriviriya. Peserta akhirnya tidur pada pukul 22.00. Hari pertama diisi dengan materi-materi yang cukup penting dan diperlukan konsentrasi serta kedisiplinan para peserta sehingga rangkaian acara berlangsung dengan serius dan cukup tegang.

            Pada hari kedua, peserta memulai aktivitas berupa chanting dan meditasi pada pukul 09.30 pagi dalam keadaan badan bersih dan perut kenyang. Kemudian dilanjutkan dengan sesi karakter diri sehingga mengelompokkan peserta menjadi 4 kelompok, Sanguinis, Melankolis, Koleris, dan Plegmatis. Dari 4 kelompok ini, masing-masing kelompok harus menampilkan karya kreativitas mereka untuk mereka tunjukan pada kelompok lainnya, seperti drama, stand up comedy, menyanyi dan kreativitas lainnya pada sesi Kreativitas. Setelah kelompok-kelompok melakukan planning dan latihan, mereka pun menampilkan kreativitas mereka. Hiburan-hiburan yang ditampilkan membuat suasana menjadi cair, menyenangkan, dan ruangan dipenuhi senyuman serta gelak tawa peserta maupun panitia. Setelah makan siang, peserta beres-beres barang masing-masing, lalu kembali ke ruangan dhammasala dimana sudah dibeberkan amplop-amplop yang tertulis nama dan foto peserta dan panitia. Pada sesi ini, panitia menyediakan kertas untuk para peserta agar mereka dapat menuliskan kesan dan pesan baik kepada peserta lain maupun panitia selama acara LKMB berlangsung. Setelah itu, panitia membagikan kembali barang-barang peserta yang disita serta surat kesan pesan yang mereka dapatkan.

            Setelah kembali mengecek barang-barangnya, para peserta pun siap untuk perjalanan kembali menuju BINUS dengan membawa ilmu yang lebih banyak mengenai organisasi dan KMBD. LKMB tidak hanya mendidik aktivis dari segi hardskill dan softskill dalam hal organisasi saja, namun juga sebagai sarana mempererat kekeluargaan dan memperkenalkan bagaimana budaya dalam KMBD.