Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Buddhist

26 Feb 2020 - 28 Feb 2020

By: David Padmawidjaja

Di awal tahun 2020 ini KMB Dhammavaddhana BINUS University kembali mengadakan LKMB, kegiatan LDK untuk aktivis di KMBD Periode 31. LKMB ke-21 ini diketuai oleh Hutama Sakyananda dengan mengusung tema “Leadership in Dhamma” dan dilaksanakan di Pondok Sadhana Amitayus, Puncak, pada tanggal 26-28 Februari 2020.

Peserta berkumpul pada hari Rabu, 26 Februari 2020 pukul 07.30 pagi di Admisi BINUS Anggrek dan Drop Off BINUS Alam Sutera. Perjalanan menuju Pondok Sadhana Amitayus, Puncak ditempuh dalam waktu ±90 menit. Pada pukul 09.00 peserta tiba di Pondok Sadhana Amitayus dan diarahkan untuk berkumpul sebelum memulai LKMB.

Hari pertama LKMB diawali dengan pembukaan dan doa, pengenalan pengurus inti KMBD periode 31, dan pembacaan tata tertib. Pembukaan ini diakhiri dengan penyitaan HP, kosmetik, dan barang berharga lainnya. Materi dimulai dengan pengenalan singkat mengenai KMBD beserta sejarahnya. Setelah makan siang, peserta diberikan penjelasan tentang pembuatan proposal dan anggaran, beserta proses pengajuannya di kedua regional kampus. Materi ini dilanjutkan dengan simulasi yang dibimbing oleh panitia LKMB. Setelah melakukan simulasi pembuatan proposal, peserta diajak untuk mengenali karakter diri masing-masing untuk membantu proses sosialisasi dalam lingkungan baru mereka. Dari sesi ini peserta akan mendapati dirinya memiliki satu dari empat karakter dominan, keempat karakter itu adalah Sanguinis, Melankolis, Koleris, dan Plegmatis.

Dari keempat karakter inilah peserta akan menyusun drama singkat mengenai karakter mereka didalam kelompok. Setelah makan malam dan mandi, peserta kembali ke bhaktisala untuk chanting dan mendengar dhammadesana oleh Biksu Nyanagupta. Usai mengikuti chanting dan dhammadesana, acara hari pertama ditutup dengan materi tata krama yang dibawakan oleh salah satu alumni KMBD, yaitu Bento Putra Hermanto. Peserta baru mendapat kesempatan untuk tidur sekitar pukul 22.20. Pada hari pertama ini peserta diberikan materi berisi pengetahuan tentang kehidupan berorganisasi, khususnya di KMBD yang dapat membantu mereka dalam kegiatan-kegiatan yang akan datang.

Keesokan harinya, peserta mengawali kegiatan hari kedua dengan chanting dan meditasi yang bertujuan meningkatkan keyakinan dan melatih konsentrasi sebelum menerima materi yang sudah disiapkan. Materi pertama di hari kedua ini adalah public speaking, dimana peserta LKMB dilatih untuk berbicara di muka umum. Materi public speaking ini dilanjutkan dengan pengenalan cara menghadapi pihak eksternal dari berbagai kalangan agar tetap menjaga kesan sopan dan teratur. Setelah kedua materi mengenai komunikasi tadi selesai, Peserta dikenalkan dengan berbagai divisi yang umum terdapat di acara-acara KMBD beserta peranan setiap divisi dalam menjalankan suatu acara.


 

Pagi hari di hari kedua ini ditutup dengan makan siang. Setelah makan, peserta dipersiapkan kembali ke bhaktisala untuk melanjutkan acara ke materi penyusunan LPJ dan LK sampai sore hari. Peserta lalu diberikan waktu untuk mandi dan makan sampai pukul 20.00, dan kembali ke bhaktisala untuk kembali chanting dan mendengar dhammadesana. Kegiatan ini disambung dengan sesi pendalaman diri yang dibawakan oleh Biksu Nyanagupta. Peserta kemudian mendpat waktu untuk tidur pada pukul 23.00.

Pagi hari terakhir LKMB ini peserta kembali memulai hari dengan chanting dan meditasi, namun untuk kegiatan mereka tidak mendapat materi seperti dua hari sebelumnya, peserta di hari ketiga ini mendapat kesempatan untuk memainkan permainan yang telah disiapkan panitia di lingkungan vihara. Walaupun terkendala hujan yang menghalangi jalannya permainan dan akhirnya dimanfaatkan oleh para peserta untuk mempersiapkan barang-barang mereka sebelum pulang. Siang harinya panitia menyiapkan amplop untuk kegiatan penutup LKMB, yaitu penulisan surat untuk sesama peserta dan panitia LKMB. Setiap kesan pesan baik dari peserta untuk panitia dan sebaliknya disimpan di dalam setiap amplop yang ada.

Setelah menutup acara, para peserta yang sudah siap dengan barang bawaannya berkumpul bersama di bhaktisala untuk pulang ke Jakarta dan membawa pulang pengalaman, teman, dan ilmu baru yang siap mereka bawa dalam kegiatan berorganisasi. LKMB yang diadakan selama 3 hari 2 malam ini tidak hanya menjadi kelas pengenalan KMBD, tetapi bermanfaat juga dalam memperkenalkan karakter yang kita perlu bangun dalam keseharian kita khususnya di lingkungan KMBD.