One Million Help 2022

22 May 2022 - 30 May 2022

Written by. Metta Sadhana

One Million Help (OMH) merupakan salah satu event KMB Dhammavaddhana yang diadakan setiap tahun. Sesuai namanya, event ini bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan. Salah satunya adalah bumi tempat kita tinggal. Kurangnya kesadaran dalam generasi milenial akan pentingnya melestarikan lingkungan juga disebabkan karena kurangnya pemahaman dan informasi terkait upaya yang dapat dilakukan oleh generasi milenial. Oleh karena itu, One Million Help tahun ini mengangkat tema “Healthy Environment for Better World”, dan memiliki dua rangkaian kegiatan diantara nya adalah Talkshow dan Virtual Campaign.

Talkshow pada event One Million Help 2022 ini memiliki tema yaitu “The Importance of Zero Waste Lifestyle in the Millennials Generation” yang dibawakan oleh Jessica Halim selaku Co-Founder dari demibumi. Talkshow ini diawali dengan pembukaan oleh MC, kata sambutan oleh Ketua Event One Million Help 2022 dan Ketua Umum KMBD Periode XXXIII, kemudian dilanjutkan dengan sesi talkshow oleh Jessica Halim. Setelah sesi talkshow selesai, dilanjutkan dengan penampilan oleh DV Band, dan demo mengenai Virtual Campaign. Talkshow ini terbuka untuk Binusian maupun non-Binusian dan diadakan pada Minggu, 22 Mei 2022. Talkshow ini diadakan melalui Zoom Meeting dan Youtube Live Streaming DV Entertainment. Melalui Talkshow tersebut diharapkan dapat memberikan informasi serta wawasan kepada generasi milenial akan pentingnya penerapan gaya hidup nol sampah.

Virtual Campaign pada event One Million Help 2022 mengangkat tema “Little Things for Earth”. Virtual Campaign ini dilakukan dengan mengunggah video dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Video tersebut diunggah melalui Instagram Story masing-masing peserta selama 7 hari berturut-turut, yaitu pada 24 Mei 2022 sampai dengan 30 Mei 2022. Pada hari pertama Virtual Campaign, para peserta diminta untuk membuat video melakukan kegiatan membuang sampah ke tempat sampah. Pada hari kedua, para peserta diminta untuk membuat video melakukan kegiatan berbelanja dengan membawa atau menggunakan tas belanja reusable. Pada hari ketiga, peserta diminta untuk membuat video melakukan kegiatan mematikan listrik ketika tidak digunakan. Pada hari keempat, peserta diminta untuk membuat video melakukan daur ulang sampah. Pada hari kelima, peserta diminta untuk membuat video melakukan kegiatan minum menggunakan botol reusable. Pada hari keenam, peserta diminta untuk membuat video menghabiskan makanan. Terakhir, pada hari ketujuh, peserta diminta untuk membuat video yang berisi ajakan untuk menerapkan zero waste lifestyle serta menjelaskan pentingnya zero waste lifestyle. Melalui unggahan video Virtual Campaign tersebut, diharapkan peserta Virtual Campaign dapat menerapkan gaya hidup zero waste lifestyle, serta dapat membuat masyarakat tergerak untuk menerapkan  zero waste lifestyle dalam kehidupan sehari-hari.

Event One Million Help ini dapat berjalan lancar karena adanya dukungan dari pihak sponsor, media partner, peserta, dan panitia. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung kesuksesan event One Million Help 2022. Dengan adanya event One Million Help ini, diharapkan generasi milenial dapat menerapkan zero waste lifestyle dalam kehidupan sehari-hari serta mengajak masyarakat untuk menerapkan zero waste lifestyle untuk lingkungan yang lebih baik lagi di masa sekarang maupun masa yang akan datang.