Benchmarking 2021

07 Nov 2021
Written By: Desy Bernata


Dalam setiap tahunnya, Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana (KMBD) BINUS University melaksanakan kegiatan Studi Banding (Benchmarking) yang senantiasa memiliki tujuan yang sama, yaitu guna menjalin hubungan erat dengan organisasi sejenis dan memberikan pembekalan mengenai organisasi dimana ilmu-ilmu yang diperoleh dari pembekalan tersebut dapat dikembangkan pada periode selanjutnya. Pada Studi Banding tahun ini, KMBD berkesempatan melakukan Studi Banding bersama dengan PATRIA (Pemuda Theravada Indonesia) yang merupakan sebuah organisasi sosial-keagamaan Buddhis Theravada Indonesia yang bercorak kepemudaan. Saat ini, organisasi PATRIA telah tersebar di 20 provinsi, 78 kota di seluruh Indonesia. Dimana tujuan didirikannya PATRIA adalah untuk mewadahi pemuda/i vihara agar memiliki sarana untuk mengeksplorasi diri dalam berbagai bidang seperti sosial, budaya, dan pendidikan di seluruh Indonesia serta juga meningkatkan kemampuan kepemimpinan dalam berorganisasi.

Kegiatan Studi Banding (Benchmarking) yang dilaksanakan pada 14 November, membuat para pengurus belajar dari segala aspek baik dari aspek Kaderisasi, Event, maupun Peningkatan Prestasi. Dimana pada aspek Kaderisasi, para peserta mendapatkan pembelajaran tentang definisi umum sebuah organisasi, kepengurusan organisasi, struktur organisasi, anggaran dasar, anggaran rumah tangga, dan bagaimana hubungan organisasi PATRIA & pemuda Vihara serta cara mempererat hubungan dengan anggota dan aktivis baru. Lalu, pada aspek Event, para peserta juga diperlihatkan sekilas mengenai Event / Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PATRIA dan bagaimana kita harus bertindak dalam Event / Kegiatan skala tertentu, serta menunjukkan bahwa kegiatan atau kolaborasi apapun dapat terealisasi asalkan kita bersama-sama mewujudkannya. Kemudian, pada aspek Peningkatan Prestasi, para peserta juga diajarkan bagaimana cara menangani aktivis, baik itu dalam segi komunikasi maupun action-nya, dan dengan segala pengalaman PATRIA serta relasi yang dimiliki membekali para peserta untuk mengumpulkan inovasi baru dalam mengadakan jenis kegiatan skala baru nantinya.

Demikian, kami berharap dengan dilaksanakannya Studi Banding (Benchmarking) 2021 ini, insight yang didapati dapat bermanfaat dan menjadi bekal untuk periode selanjutnya.