DV HOPE 2021

30 Aug 2021 - 03 Nov 2021
Written By: Felix Valentino Ongkosutanto


Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan dan keberlangsungan masyarakat. Berbagai sektor merasakan dampaknya secara langsung dan salah satunya adalah sektor pendidikan. Banyak sekali instansi pendidikan yang ditutup dengan alasan kesehatan dan keselamatan yang mengakibatkan kegiatan belajar-mengajar pun diselenggarakan secara online dengan memanfaatkan beberapa platform yang ada. Perubahan ini menimbulkan rasa malas dan turunnya produktivitas belajar bagi beberapa kalangan pelajar. Untuk itu, KMBD mengadakan acara DV HOPE 2021 ini dengan tema “Happiness & Joy for Future Hope” yang bertujuan untuk memberi pemahaman serta dorongan tentang pentingnya pendidikan terutama di masa pandemi.

 

Acara pertama yang diselenggarakan oleh DV HOPE 2021 ini adalah mengunggah twibbon dan video kampanye. Tujuan dari mengadakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pendidikan terutama di kondisi pandemi COVID-19. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membagikan tips yang dapat meningkatkan mood belajar kita. Video yang telah dibuat oleh peserta akan dijadikan sebagai video kompilasi yang diunggah di akun sosial media DV HOPE.

 

Rangkaian acara DV HOPE berikutnya adalah penulisan Hope Letter. Hope Letter sendiri adalah sebuah surat yang memiliki tujuan untuk sebagai media pengumpulan harapan maupun curahan hati dari para pelajar mengenai permasalahan yang dihadapi selama pendidikan jarak jauh berlangsung. Pengisian dan pengumpulan Hope Letter dimulai pada tanggal 20 September hingga 20 Oktober 2021.

 

Puncak acara dari DV Hope 2021 adalah talk show dengan tema “How to Improve Self Quality in University”. Acara ini diadakan pada tanggal 16 Oktober 2021 dari pukul 14.30 hingga 17.00 WIB yang membahas seputar dunia perkuliahan. Di talk show ini juga menjelaskan cara agar kita bisa menjadi versi terbaik untuk diri kita sendiri terlebih banyak mahasiswa yang baru memulai perkuliahan semester awal mereka. Acara talk show ini dihadiri oleh seorang pembicara yaitu Ir. Shahnaz Natasja Haque. Beliau merupakan orang yang memiliki banyak pengalaman dalam dunia broadcasting seperti penyiar TV dan radio, bintang iklan dan spoke person untuk perusahaan. Kak Shahnaz Haque juga merupakan seorang aktivis dalam dunia perempuan dan anak-anak. 

 

Acara talk show dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh sdri. Revatha selaku MC yang dilanjutkan dengan kata sambutan dari sdr. Endrew Rudiyono selaku ketua pelaksana DV Hope 2021 dan dilanjutkan oleh kata sambutan sdri. Jesclyn selaku ketua umum KMB Dhammavaddhana. Selanjutnya, acara talk show dimulai oleh sdri. Vionarita selaku moderator dengan memperkenalkan secara singkat mengenai biodata Kak Shahnaz Haque. Kak Shahnaz Haque memulai dengan membahas mengenai shifting paradigm tentang kebahagian kita dan meningkatnya kepercayaan diri.

 

Selama sesi talk show, Kak Shahnaz Haque mengatakan bahwa pintar itu mudah selama kuat menghafal dan berlatih, namun yang terpenting adalah kita harus bisa kreatif, adaptif dan kolaboratif terutama pada masa pandemi ini baik dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja nantinya. Selanjutnya, Kak Shahnaz Haque juga membahas sikap, dimana menurut dia attitude matters untuk anak Indonesia terutama kita pada era industri 4.0. Di era ini, banyak sekali dampak yang masuk kepada diri kita baik yang positif maupun negatif. Pengaruh tersebut dapat mempengaruhi sikap nantinya dan orang lain hanya respect dengan kita jika kita dapat menjaga sikap dan jadilah menjadi versi terbaik diri kita sendiri melalui pencarian potensi. Setelah itu terdapat sesi Q&A dimana peserta dapat menanyakan pertanyaan seputar tema kepada Kak Shahnaz Haque. 

 

Sesi selanjutnya merupakan penyerahan sertifikat oleh sdr. Endrew kepada Kak Shahnaz Haque dan dokumentasi bersama dengan Kak Shahnaz Haque yang kemudian dilanjuti dengan sesi ice breaking dengan menggunakan Kahoot. Sesi ice breaking ini diselenggarakan untuk mencairkan suasana talk show agar menjadi lebih seru lagi. Hal ini dapat dilihat dengan antusiasme peserta dalam mengikuti ice breaking ini. Talk show pun diakhiri dengan memberikan apresiasi kepada media partner dan sponsor melalui pemberian e-sertifikat. Setelah itu, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan pengisian Hope Letter.

 

Rangkaian acara belum berakhir setelah selesainya talk show, dimana DV Hope 2021 kali ini mengadakan podcast dengan tema “A Million Hopes for A Great Future In Education”. Tujuan podcast ini untuk membahas dan memberikan solusi atas isi dari Hope Letter yang diisi oleh peserta melalui sharing pengalaman dari moderator maupun narasumber yang diundang. Pembicara pada podcast kali ini adalah Kak Ketut Yoga Yudistira yang dikenal sebagai Co-Founder dari Channel Youtube KokBisa? dan dimoderatori oleh sdri. Aily Kho Weny.  Podcast kali ini dibagi menjadi 2 seri yang dimana masing masing seri diunggah pada tanggal 31 Oktober 2021 dan 3 November 2021 di channel Youtube DV Entertainment.

 

Demikian rangkaian acara DV Hope 2021. Sekali lagi, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak sponsor, media partner, pembicara, serta seluruh peserta yang telah membantu terlaksananya acara ini. Semoga acara ini dapat memberikan dampak positif terutama di bidang pendidikan.