Pengabdian Kepada Masyarakat

25 Aug 2021 - 15 Sep 2021

Written By: Lauw Dastin Falentino Laurianto

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007, pendidikan agama adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan kepada seseorang dalam membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan seseorang. Pendidikan agama sangat penting untuk mendorong seseorang agar dapat bersikap dengan baik, memiliki moral yang baik, dan tentunya untuk mendorong potensi seseorang.

Namun, banyak orang yang mulai melupakan ajaran agama yang dianuti oleh orang tersebut. Hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi untuk mempelajari ajaran dari agama yang dianut. Tidak hanya itu, kegiatan ataupun pekerjaan yang membuat seseorang merasa sibuk sehingga dirinya merasa tidak memiliki waktu untuk belajar agama. Kurangnya arahan dan pendidikan terkait agama terhadap generasi muda juga berdampak pada keadaan sekarang ini. Kurangnya arahan dan pendidikan yang dimaksud bisa berasal dari sekolah dan orang tua. Sebagai contoh, beberapa sekolah di Indonesia tidak memberikan pelajaran agama kepada murid-muridnya, atau orang tua yang tidak pernah memperkenalkan ajaran agama yang dianut.

Sebagai bentuk tanggapan dalam menanggapi masalah tersebut dan untuk meningkatkan kepedulian dari para anggota Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University, kami mengadakan kegiatan pelayanan sosial yang disebut Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan ini berupa pengajaran agama yang difokuskan untuk anak-anak dalam bentuk video pengajaran terkait pengenalan dasar ajaran agama Buddha.

Kegiatan ini mengambil tema “What is Buddhism” dengan membuat video based learning terkait ajaran agama Buddha sebanyak 10 video. Video based learning ini nantinya akan disebarluaskan oleh pihak Teach For Indonesia (TFI) BINUS University kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat dapat mengenal dan memahami ajaran yang terdapat di agama Buddha.