Asadha Puja 2565 B.E./2021

15 Aug 2021

Written By: Nadya Tyandra

Pada tanggal 15 Agustus 2021, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University telah menyelenggarakan Perayaan Asadha Puja 2565 B.E./2021. Perayaan tahun ini mengusung tema “Fill Your Personality with Dhamma” dan diadakan secara online di dua platform, via Zoom Meeting dan Youtube Live Streaming. Hari Raya Asadha merupakan salah satu dari empat hari suci Agama Buddha yang memperingati pembabaran Dhamma yang pertama oleh Buddha Gautama kepada 5 orang pertapa, yaitu Kondanna, Bhadhiya, Vappa, Mahanama, dan Assaji di Taman Rusa Isipatana, Benares. Hari Raya Asadha juga merupakan penanda terbentuknya Sangha sehingga lengkaplah Triratna yang terdiri dari Buddha, Dhamma, dan Sangha. 

Sebelum melakukan Perayaan Asadha Puja ini, kami mengadakan beberapa lomba, yaitu:

  1. Asadha Idol yang bertemakan lagu Buddhis
  2. Lomba Photography yang bertemakan Dhamma in Our Activity
  3. Lomba Dhammapada dengan tema Bab XII: Atta Vagga

Pengumuman pemenang lomba dilaksanakan pada Perayaan Asadha Puja di tanggal 15 Agustus 2021.

Perayaan Asadha Puja diawali dengan sesi formal lalu dilanjutkan dengan sesi informal. Adapun rangkaian acara pada sesi formal adalah puja bakti, Dhammatalk, tanya jawab, dan ditutup dengan blessing. Dhammatalk bertema “How Dhamma Works in Our Daily Routine” ini dihadiri oleh Y.M. Bhante Kamsai Sumano Mahathera, Y.M. Suhu He Xian, dan Y.M. Lama Phurbu Tashi Rinpoche sebagai pembicara serta dimoderatori oleh Saudara Randy Tunggeleng.

Lalu, acara dilanjutkan dengan sesi informal yang terdiri dari penampilan guest singer, mini games, pengumuman lomba, dan penyerahan sertifikat. Kami mengundang Nathashia Zhang sebagai Guest Singer pada acara ini. Penampilan guest singer diselingi dengan tiga mini games, yaitu “Get It Done in 1 Minute”, “Guess the Words”, dan “Sums Up the Dhammatalk”. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pihak Sponsor dan Media Partner.