DV Speak UP I 2021

03 Jul 2021
By: Adi Sidharta Budi Dharma

Dhammavaddhana Speak Up atau DV Speak Up merupakan salah satu kegiatan rutin yang dijalankan oleh aktivis serta pengurus khususnya dari Bidang 3 KMBD Regional Alam Sutera. DV Speak Up sendiri merupakan sebuah kegiatan pelatihan atau workshop mengenai Public Speaking yang diperuntukkan untuk aktivis serta pengurus di KMBD. Pada awalnya, acara ini muncul atau didasarkan pada alasan banyaknya orang yang sampai saat ini masih malu untuk berbicara diharapan orang banyak, gugup saat tampil di depan umum, dan banyak yang ingin mengembangkan keterampilan public speaking namun tidak memiliki wadah untuk berlatih dan berkembang dengan pelatihan yang memadai. Oleh karena itu, DV Speak Up hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut dengan harapan dapat memberikan bekal keterampilan serta ilmu pengetahuan untuk aktivis dan pengurus KMBD di masa depan nanti.

DV Speak Up tahun ini mengangkat tema “BRAVO” yang merupakan kepanjangan dari “Brave, Vibrant, and Confident” dengan Santi Supinah sebagai ketua pelaksana. Pelaksanaan DV Speak Up tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana kegiatan tahun ini diadakan secara online. Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan kita untuk mengadakan kegiatan tatap muka secara langsung. Namun, hal ini tidak menjadi hambatan untuk kita selalu berusaha melakukan kegiatan yang produktif seperti halnya pelatihan public speaking ini. Oleh karena itu, seluruh kegiatan dari DV Speak Up dilakukan secara daring melalui media Zoom Meetings pada hari Sabtu, 3 Juli 2021.

Pelatihan atau workshop DV Speak Up kali ini mendatangkan Randy Tunggeleng sebagai pelatih sekaligus pembicara yang merupakan founder dari Public Speaking Made Easy. Beliau memiliki berbagai pengalaman sebagai professional public speaker di berbagai kegiatan nasional maupun internasional. Kegiatan ini dimulai pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB yang meliputi sesi penyampaian materi oleh pembicara yang menjelaskan tentang pentingnya kemampuan atau keterampilan public speaking serta materi tentang bagaimana menjadi seorang public speaker yang baik, sesi penyampaian materi ditutup dengan tanya jawab secara langsung kepada pembicara. Tidak hanya itu, juga terdapat sesi praktek public speaking yang dilakukan oleh seluruh peserta dan mereka akan mendapatkan feedback secara langsung dari pembicara. Walaupun kegiatan ini cukup lama, namun tidak mematahkan semangat para peserta untuk belajar dengan sangat antusias untuk aktif bertanya kepada pembicara.

Akhir kata, pelatihan atau workshop dari DV Speak Up yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana Binus University diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman yang baru serta meningkatkan kemampuan public speaking kepada para peserta. Terima kasih kepada pembicara yang sudah luar biasa dalam menyampaikan materi yang begitu bermanfaat dan terima kasih juga kepada para peserta yang sudah mendaftar serta mengikuti kegiatannya dengan baik.