TKAP 2021

10 Jul 2021
Written By: Ritchie Tunggara

Temu Keakraban Aktivis Pengurus atau TKAP adalah salah satu kegiatan internal KMB Dhammavaddhana yang bertujuan untuk membangun solidaritas antara para pengurus dan aktivis KMBD periode 32. Walaupun terjadinya pandemi COVID-19, hal ini tidak menghentikan niat kami untuk melaksanakan acara TKAP. Acara TKAP ini diselenggarakan pada tanggal 10 Juli 2021, dimulai dari pukul 13.30 WIB – 17.00 WIB secara online melalui media Zoom Meeting. Tema yang diangkat untuk acara ini adalah diambil dari bahasa latin yaitu “Una In Perpetuum” yang memiliki arti one in forever atau satu selamanya.

Acara TKAP dimulai dengan pembukaan yang dibawakan secara meriah oleh pasangan MC yaitu Jarvin dan Tivany, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Dhammavaddhana. Tidak lupa juga kata sambutan dari ketua pelaksana TKAP yaitu Irvan Saputra dan dari ketua umum KMBD yaitu Jesclyn. Sesi utama pada acara TKAP yaitu talkshow, kami mengundang alumni KMBD yaitu Thomas Wijaya untuk menceritakan pengalamannya semasa di KMBD, tips dalam bersosialisasi, dan masih banyak lagi. Untuk memeriahkan acara, maka dilaksanakannya sesi game yang terbagi menjadi 2 sesi, yaitu permainan Kahoot dan Truth or Dare. Permainan Kahoot terdiri dari soal-soal mengenai KMBD yang bertujuan agar para peserta dari seluruh regional dapat mengenal lebih dalam mengenai KMBD. Selain itu, terdapat juga beberapa soal mengenai agama Buddha pada pertengahan sesi kahoot. Pemenang dari permainan Kahoot akan mendapatkan hadiah berupa e-money. Permainan kedua yaitu Truth or Dare, tidak kalah seru dari game sebelumnya dimana panitia memilih peserta secara acak untuk melakukan perintah di balik kartu yang telah disediakan pada sesi games tersebut. Sesi selanjutnya adalah sesi Sharing and Giving yaitu sesi yang mengajak semua peserta untuk menulis kesan dan pesan selama berorganisasi di KMBD pada media padlet yang telah disediakan oleh panitia. Pada sesi ini, ada beberapa peserta yang mengutarakan secara langsung pesan dan kesan yang ingin disampaikan dengan on mic pada Zoom Meeting.

Setelah semua sesi acara TKAP telah dijalankan, acara ditutup dengan sesi foto bersama yang dipandu oleh MC dan juga tim dokumentasi. Secara keseluruhan, acara TKAP ini berjalan dengan lancar dan dihadiri dengan total 119 peserta dari aktivis dan pengurus KMBD dari seluruh regional. Walaupun terdapat sedikit kendala, hal tersebut tidak mempengaruhi jalannya acara. Hal ini dapat berjalan dengan lancar berkat kerjasama yang baik dari seluruh pihak.