Waisak Puja 2565 B.E./2021

30 May 2021
Written By: Flourency

Pada tanggal 30 Mei 2021, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University telah menyelenggarakan acara dalam memperingati perayaan Waisak Puja 2565 B.E./2021. Perayaan tahun ini mengangkat tema “Moral Revolution in Buddhism” yang diadakan melalui media online Zoom dan YouTube dikarenakan pandemi COVID-19. Waisak Puja merupakan salah satu dari empat hari suci agama Buddha yang memperingati tiga peristiwa penting yaitu:

  1. Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M.
  2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya.
  3. Buddha Gautama parinibbana di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M.

Sebelum puncak acara Waisak Puja 2565 B.E./2021, kami mengadakan dua lomba yaitu lomba Dhammaduta dengan tema “Bakti Anak Kepada Orang Tua” dan lomba Melukis dengan tema “Waisak” yang memiliki dua kategori peserta. Kedua lomba ini dibuka untuk umum dan berlangsung dari tanggal 23 April 2021 sampai dengan 23 Mei 2021. Pengumuman pemenang lomba kemudian diumumkan pada saat puncak acara Waisak Puja 2565 B.E./2021 yaitu pada tanggal 30 Mei 2021.

Pada saat puncak acara, kami mengadakan berbagai rangkaian acara yang terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi formal dan sesi informal. Acara diawali oleh sesi formal yang dimulai pada pukul 13:00 WIB dengan mengadakan Puja Bakti yang dipimpin oleh Edward Rezky dan Ellin Anggriani. Kemudian acara dilanjutkan dengan mengadakan Dhammatalk dengan tema “Bakti Anak Kepada Orang Tua”  yang dihadiri oleh Y.M. Bhikkhu Dhammavuddho, Y.M. Lama Jigme, dan Y.M. Bhiksu Sakya Nimitta sebagai pembicara serta dimoderatori oleh Ir. Yani Dharma. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi informal yang diawali oleh penampilan DV Band.  Pada tahun ini, DV Band telah menciptakan lagu baru sendiri yang berjudul “Senandung Waisaka“ yang pertama kali ditampilkan pada acara Waisak Puja ini. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penampilan Guest Star oleh Jessica Hartono yang membawakan tiga lagu. Acara ditutup dengan membacakan pengumuman pemenang lomba yang telah dinilai oleh para juri yaitu Romo PMy. Piyavadi Saddhamma untuk lomba Dhammaduta dan Metta Ratana untuk lomba Melukis. 

Berikut adalah nama pemenangnya, yaitu:

  • Lomba Dhammaduta:

Juara 1: Tivany Julyana.

Juara 2: Serena Brittany Kasenda.

Juara 3: Didi Halim.

  • Lomba melukis:

Kategori A: Vivien.

Kategori B: Saphira Torangga.

Kategori Favorite: Theressa.

Kami berharap, melalui acara ini dapat membuat semua orang menyadari pentingnya revolusi moral serta pentingnya kita seorang anak untuk berbakti kepada orang tua. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak sponsor, media partner, pembicara & moderator, peserta lomba, serta seluruh hadirin yang turut membantu mensukseskan acara Waisak Puja 2565 B.E./2021 ini.