DV SOS 2021

09 May 2021 - 16 May 2021
By: Aurelia

Pada bulan Maret 2021 – Mei 2021, KMB Dhammavaddhana BINUS University mengadakan DV SOS 2021. Kegiatan DV SOS tahun ini mengangkat tema “Membantu UMKM dan Masyarakat Indonesia di Masa Pandemi” oleh Sopian Gunawan sebagai ketua pelaksana. Seperti yang kita ketahui, COVID- 19 telah berdampak pada perekonomian masyarakat Indonesia, salah satunya UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Hal ini kian memburuk ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang mengakibatkan terhentinya aktivitas ekonomi secara tiba – tiba sehingga tingkat permintaan menurun dan menghambat rantai pasokan di seluruh dunia. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kami ingin meringankan beban pelaku UMKM dan pedagang kecil yang terkena dampak dari pandemi COVID-19.

DV SOS kali ini berbeda dari tahun - tahun sebelumnya, karena kita masih berada dalam dalam situasi pandemi sehingga tidak mungkin untuk mengadakan suatu kegiatan secara onsite. Meskipun begitu, hal ini tidak mengurangi semangat kami untuk tetap menanam karma baik dengan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu, seluruh kegiataan DV SOS 2021 dilaksanakan secara online dengan media Zoom Cloud Meetings, Youtube DV Entertainment, Instagram, dan Tiktok.

Kegiatan DV SOS 2021 terdiri dari tiga rangkaian acara, yaitu lomba online, talkshow, dan bakti sosial.

Rangkaian acara yang pertama adalah Lomba Online IGTV dan Tiktok dengan tema “Upaya Mendukung UMKM dalam Bidang Kuliner dan Kerajinan”. Pendaftaran lomba dibuka dari tanggal 23 Maret 2021 – 14 April 2021. Para peserta diberikan waktu 21 hari terhitung dari 26 Maret 2021 untuk mengumpulkan video hasil karya mereka dan hasil lomba diumumkan pada tanggal 9 Mei 2021.

Acara berikutnya adalah Talkshow dengan tema “Strategi dan Usaha Bisnis Efektif yang Dapat Dilakukan pada Masa Pandemi”. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Sopian Gunawan selaku ketua pelaksana dan kata sambutan dari Jesclyn selaku Ketua Umum KMBD. Sesi Talkshow dibawakan oleh Yasa Paramita Singgih sebagai narasumber serta Valencia sebagai moderator. Terdapat juga sesi QnA dimana peserta dapat bertanya seputar materi yang disampaikan. Setelah sesi Talkshow selesai, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba IGTV dan Tiktok.

Berikut adalah nama pemenang dari lomba IGTV dan Tiktok:

  • Juara 1: Stefany
  • Juara 2: Felicia Fyane Fourinda
  • Juara 3: Hendi Putra Hardiansya

Rangkaian acara ketiga adalah bakti sosial di Kelurahan Kemanggisan, Jakarta Barat. Pada kegiatan ini, kami membagikan beberapa kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, indomie, teh celup, gula putih, garam, dan tepung terigu. Kegiatan bakti sosial ini diikuti oleh 2 panitia, 8 volunteer, dan 104 penerima sembako yang berasal dari pasukan oranye dan petugas kebersihan jalan. Kegiatan bakti sosial ini dibagi menjadi 2 shift. Penerima sembako yang datang akan dicek di gerbang awal dan hanya penerima sembako yang namanya terdapat di list penerima sembako yang diperbolehkan masuk. Kemudian para penerima sembako diarahkan oleh volunteer untuk menuju ke stand yang telah ditentukan. Di stand tersebut, data penerima sembako akan diperiksa kembali sebelum penerima sembako menandatangani kertas list penerima sembako dan menerima paket sembako.

Akhir kata, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para sponsor, media partner, dan donatur yang telah mendukung acara kami, serta kepada semua peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara DV SOS 2021 ini.