LKMB XXII Susulan

11 Apr 2021

Pada Minggu, 11 April 2021, KMB Dhammavaddhana BINUS University kembali mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Buddhis (LKMB) Susulan untuk aktivis di KMBD Periode 32. LKMB ini mengangkat tema "Born to be a Leader Through Dhamma" oleh Supanna Viriya Guna Kongoasa sebagai ketua pelaksana. LKMB ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan kita masih berada dalam situasi pandemi sehingga tidak memungkinkan untuk mengadakan suatu kegiatan langsung secara onsite. Walaupun begitu,  hal tersebut tidak mematahkan semangat kita dalam terus belajar, berkembang, dan berkarya dalam wadah Buddha, Dharma, dan Sangha. Oleh karena itu seluruh kegiatannya dilakukan secara online melalui media “Zoom Meetings” pada Minggu, 11 April 2021.

Sebelum LKMB dimulai, ruang Zoom Meetings mulai dibuka untuk absensi para peserta dari jam 08.30-09.00 WIB. Rangkaian kegiatan LKMB ini diawali pembukaan acara yang meliputi pembacaan Paritta dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Dhammavaddhana. Untuk menciptakan suasana teratur dan kondusif, pembukaan acara diakhiri dengan pembacaan tata tertib yang harus dipatuhi oleh para peserta selama kegiatan LKMB Aktivis Susulan berlangsung. Kemudian langsung dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua umum dan ketua pelaksana LKMB sekaligus perkenalan pengurus inti dari regional Kemanggisan & Alam Sutera.

Materi diawali dengan sesi perkenalan dan penjelasan singkat dari KMBD beserta dengan sejarahnya. Hal ini dilakukan untuk membuat aktivis lebih memahami bagaimana struktur dan kegiatan yang dapat mereka lakukan selama aktif di KMBD. Kemudian para peserta memasuki sesi pengenalan agama Buddha yang bertujuan untuk meningkatkan keyakinan dan pengetahuan dari para peserta. Setelah itu para peserta akan diberikan materi birokrasi kampus yang berisi pengetahuan tentang kehidupan berorganisasi di KMBD pada masing-masing regional yang dapat membantu mereka dalam segala kegiatan yang akan datang. Selanjutnya, para peserta memasuki sesi sharing dengan topik “Leadership in Organization” yang dibawakan oleh alumni KMBD yakni Caroline Jessica Wijaya selama 30 menit dari pukul 10.55 – 11.25 WIB. Beliau telah menceritakan pengalamannya saat memimpin di KMBD, dari pengalaman-pengalaman tersebut banyak pesan moral yang sangat berguna untuk kita agar menjadi pemimpin yang benar dan baik sejalan dengan ajaran agama Buddha. Kegiatan materi diberikan jeda dengan sesi Ice Breaking yaitu dengan kegiatan berupa tongue twister agar para peserta dapat kembali fokus dan semangat terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Kemudian dilanjutkan sesi makan siang atau istirahat dari pukul 11.35 – 12.15 WIB.

Setelah sesi makan siang berakhir, para peserta mendengarkan sesi Etika Approach Eksternal yang menjelaskan mengenai bagaimana cara kita memulai komunikasi yang baik dan benar kepada pihak-pihak luar seperti komunikasi kepada sponsor, media partner, anggota Sangha, dan lainnya. Komunikasi menjadi sesuatu yang sangat penting dalam berorganisasi dikarenakan kita saat menjadi bagian dalam organisasi sehingga terdapat beberapa prosedur yang harus diperhatikan saat ingin berkomunikasi dengan pihak-pihak di luar organisasi. Dalam berkomunikasi kita harus menggunakan bahasa yang sopan dan etika yang benar baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti mengucapkan salam pembuka & penutup untuk komunikasi secara langsung dan melampirkan kalimat pembuka & penutup untuk komunikasi tidak langsung, kita juga harus menjelaskan tujuan kita melakukan komunikasi. Lalu, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai divisi event. Dalam sesi ini dijelaskan mengenai tugas-tugas panitia event yang sesuai dengan jabatannya. Kemudian, peserta memasuki sesi selanjutnya yaitu penjelasan mengenai pembuatan proposal & anggaran, beserta proses pengajuannya di kedua regional kampus. Selanjutnya, peserta memasuki sesi LPJ & LK yang mana akan dijelaskan terkait proses-proses dalam pembuatan laporan pertanggung jawaban dan laporan keuangan terkait event yang telah diselenggarakan. Setelah mengikuti dan mendengarkan sesi-sesi penjelasan sebelumnya, peserta diberikan tugas untuk membuat rancangan proposal & anggaran yang dikerjakan secara berkelompok dengan dibimbing oleh PIC masing-masing kelompok. Peserta juga diharuskan membuat rangkuman terkait kegiatan LKMB yang telah diikuti. Setelah penjelasan tugas-tugas peserta, selanjutnya mengikuti sesi Ice Breaking yaitu kegiatan berubah permainan “Kahoot” untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta setelah mengikuti semua kegiatan LKMB ini. Kemudian dilanjutkan sesi dokumensi & pembacaan paritta pada pukul 14.40 – 14.45 WIB sebagai kegiatan penutup acara LKMB yang telah dilaksanakan dengan baik sepenuhnya.

LKMB Aktivis Susulan yang telah diadakan selama 1 hari melalui media Zoom diharapkan dapat memberikan pengalaman serta pengetahuan yang baik dalam membentuk karakter seorang pemimpin di lingkungan KMBD untuk periode 32 saat ini dan juga periode selanjutnya.