Festival Buddhis Nusantara 2021

17 Apr 2021 - 18 Apr 2021
Written By: Christine Valencia Huang


Pada bulan April 2021, KMB Dhammavaddhana BINUS University @Alam Sutera mengadakan Festival Buddhis Nusantara 2021. Festival Buddhis Nusantara kali ini mengangkat tema “Comprehension of Buddhism in Millennials Era” oleh Eric Chua sebagai ketua acara. Kami mengusung tema ini karena seiring berjalannya waktu, zaman juga telah mengalami banyak perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut terlihat dari adanya pemahaman masyarakat terhadap agama Buddha dan nilai-nilai nusantara Indonesia yang dilupakan atau bahkan ditinggalkan. Perubahan ini juga menunjukkan bahwa generasi milenial masih kurang peduli dengan agama Buddha maupun budaya dan nilai nusantara Indonesia yang semakin tergerus zaman dikarenakan perkembangan teknologi dan pengaruh budaya asing yang masuk.


Festival Buddhis Nusantara kali ini juga cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan kita masih berada dalam situasi pandemi sehingga tidak memungkinkan untuk mengadakan kegiatan ini langsung secara on site. Walau kita mengadakan secara online tidak mengurangi semangat kita untuk terus belajar, berkembang, dan berkarya dalam wadah Buddha, Dhamma, dan Sangha. Seluruh kegiatan kami dilakukan secara online melalui media “Zoom Cloud Meetings” pada Sabtu, 17 April 2021 dan Minggu, 18 April 2021.


Festival Buddhis Nusantara kali ini juga memiliki tujuan untuk memperkenalkan ajaran Buddha dan turut melestarikan budaya Indonesia yang kian tergerus zaman kepada masyarakat umum serta memberikan pemahaman tentang ajaran Buddha maupun budaya Indonesia kepada generasi milenial. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk membuat masyarakat baik Buddhis maupun non-Buddhis agar dapat melestarikan nilai-nilai luhur dan ajaran Buddha serta budaya dan nilai nusantara Indonesia. Lalu, dengan adanya acara ini kami berharap setiap generasi terutama generasi milenial dapat membangun rasa bangga terhadap budaya dan nilai nusantara Indonesia, serta ajaran Buddha agar mereka terdorong untuk melestarikan budaya dan nilai-nilai luhur ajaran Sang Buddha dengan mengamalkan ajaran Sang Buddha dalam kehidupan sehari-hari, serta menciptakan rasa toleransi antar budaya dan antar umat beragama di Indonesia untuk menjaga kesatuan dan persatuan yang dilandasi Bhinneka Tunggal Ika.


Kegiatan yang ada pada Festival Buddhis Nusantara 2021 yaitu perlombaan dan sesi webinar. Pada Sabtu, 17 April 2021, kami mengadakan perlombaan menggambar dan mewarnai yang diikuti oleh anak-anak yang berusia 6 - 15 tahun. Setelah itu, terdapat beberapa lomba seperti Dhammapada dan Story Telling . Keesokan harinya, pada Minggu, 18 April 2021 kami mengadakan sesi webinar dan pengumuman pemenang lomba. Acara ini dimulai dengan  pembacaan paritta dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mars Dhammavaddhana. Selain itu, terdapat juga kata sambutan dari Ketua Pelaksana Acara dan juga Ketua Umum KMBD. Acara ini juga dimeriahkan oleh DV Band KMBD Alam Sutera dan dilanjutkan dengan sesi webinar dibawakan oleh Y.M. Bhikkhu Uttamo Mahathera. Terdapat juga sesi Q&A dimana peserta sangat antusias dan aktif bertanya. Setelah sesi webinar selesai, acara ini dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yang telah ditentukan oleh juri lomba. Adapun juri lomba menggambar dan mewarnai adalah Pak Dram Renaldi, Ci Metta Ratana, dan Pak Sayoto. Sementara itu, juri lomba Dhammapada dan Story Telling adalah Y.M. Bhikkhu Ratanajayo, Ko Randy Tunggeleng, dan Pak Surya Miharja atau dikenal sebagai Romo Miming.


Berikut merupakan nama pemenang dari tiap lomba:


Lomba Menggambar dan Mewarnai:

  • Juara 1: Bianca Paris Gunawan
  • Juara 2: Destania Aurelia
  • Juara 3: Regina Edelsteen

Lomba Story Telling:

  • Juara 1: Pandhita Hapsari
  • Juara 2: Muhammad Akbar Dwi Januarta
  • Juara 3: April Lia 

Lomba Dhammapada:

  • Juara 1: Zela Agit Permadani (Atthasilani Asokadhirani)
  • Juara 2: Yunie
  • Juara 3: Ririn Ernawati 

Selamat kepada para pemenang lomba Festival Buddhis Nusantara 2021!


Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti rangkaian kegiatan lomba pada Festival Buddhis Nusantara 2021.Bagi peserta yang belum menang jangan patah semangat karena kesempatan yang lebih besar sedang menunggu kalian! ^^ 


Setelah pengumuman, acara Festival Buddhis Nusantara 2021 ini di tutup dengan persembahan lagu dari DV Band KMBD Alam Sutera dan kembali membacakan paritta.