DV Hope 2020

21 Nov 2020 - 20 Dec 2020

DV HOPE 2020

 

Pandemi COVID-19 yang saat ini sedang kita hadapi telah memberikan dampak bagi kehidupan kita di berbagai hal, tak terkecuali kesehatan mental kita. Kesehatan mental di saat pandemi COVID-19 ini menjadi suatu permasalahan yang banyak muncul di masyarakat. Rasa takut, panik, dan stres berlebihan sering muncul dalam kondisi pandemi seperti ini ditambah dengan anjuran pemerintah untuk diam di rumah serta kebijakan menjaga jarak yang dapat menimbulkan jarak secara emosional antara keluarga, sahabat, rekan kerja, teman, atau umat persekutuan di tempat ibadah yang seharusnya dapat saling memberi dukungan. Jika tekanan atau beban yang muncul akibat rasa panik, takut, dan stres tersebut tidak dapat dikendalikan maka akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan mental, terlebih hingga saat ini belum ada kepastian kapan akan berakhirnya wabah ini.

 

Oleh karena itu, tahun ini Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana (KMBD) kembali menyelenggarakan event sosial tahunan, yaitu DV HOPE yang tahun ini menjadi DV HOPE – AGAINST CORONA 2020 dalam rangka membantu teman-teman dan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, baik langsung maupun tidak langsung. Tema yang diambil tahun ini adalah “Happiness Through Healthy Mind” yang bertujuan untuk membantu teman-teman yang mengalami permasalahan mental di masa pandemi ini akibat minimnya aktivitas sosial dan interaksi kepada lingkungan. Selain itu, DV HOPE tahun ini juga bergerak untuk membantu anak-anak penyandang tuna ganda dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari nya. Bantuan tersebut sangat dibutuhkan oleh anak-anak penyandang disabilitas, terutama di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti ini.

 

DV HOPE – AGAINST CORONA 2020 terdiri dari tiga rangkaian acara, yaitu:

1.     Talkshow “Menghadapi Tekanan Mental Saat #DiRumahAja”

Talkshow ini diselenggarakan pada 21 November 2020 dengan menghadirkan Linda Wati, M.Psi., Psikolog sebagai psikolog profesional dan Naajmi Wicaksono sebagai Bipolar & BPD survivor. Tujuan dari diadakan talkshow ini untuk mengenalkan dan sharing mengenai kesehatan mental, terutama di masa pandemi COVID-19. Diharapkan melalui talkshow ini, peserta dapat mengenali kesehatan mental nya masing-masing dan tidak takut untuk berkonsultasi ke psikolog profesional jika tidak tahan lagi dalam menghadapi permasalahan yang menekan kehidupannya. Selain itu, melalui sharing pengalaman ini, diharapkan peserta dapat lebih memperhatikan lagi kesehatan mentalnya masing-masing.

2.     Curhat Online

Curhat online ini diselenggarakan dalam dua sesi yang bertujuan untuk membantu teman-teman mencurahkan isi hatinya sehingga dapat mengurangi atau mengatasi permasalahan mental akibat pandemi COVID-19. Sesi pertama diselenggarakan pada 27 November 2020 dan sesi kedua diselenggarakan pada 4 Desember 2020. Curhat online sesi pertama mengambil tema “Am I Alone or Lonely” dengan menghadirkan Nago Tejena, M.Psi., Psikolog sebagai psikolog professional untuk menanggapi curhatan teman-teman yang sedang mengalami keresahan selama pandemi ini.

 

Sesi kedua mengambil tema “Mindfulness in Loneliness Situation” dengan menghadirkan YM. Bikkhu Atthadhiro, Thera sebagai pembicara untuk menyebarkan cara menghadapi kesepian dalam masa pandemi ini. Adanya social distancing pada masa pandemi ini, tidak menjadikan kita untuk menutup diri dan mengisolasi diri dari orang lain karena pada dasarnya manusia merupakan mahkluk sosial sehingga membutuhkan orang lain untuk berhubungan satu sama lain. Oleh karena itu, dalam dua sesi curhat online ini, kita diajak untuk melepaskan pikiran-pikiran negatif yang dapat mempengaruhi kesehatan mental kita.

 

3.     Bakti Sosial

Selain menyelenggarakan kegiatan untuk membantu teman-teman yang sedang mengalami permasalahan kesehatan mental, DV HOPE – AGAINST CORONA 2020 juga turut melakukan penggalangan dana untuk membantu saudara-saudara kita penyintas tuna ganda di Panti Bhakti Luhur, Pamulang dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Total dana yang berhasil terkumpul adalah Rp 22.343.521 yang disalurkan dalam bentuk sembako, kebutuhan MCK, kulkas, kado, dan uang tunai. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan pada tanggal 20 Desember 2020. Dengan bantuan dari donatur-donatur tersebut, diharapkan dapat membantu Panti Bhakti Luhur, Pamulang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari nya terutama di masa Pandemi COVID-19 ini.

 

Terselenggaranya kegiatan ini menyadarkan kita mengenai pentingnya kesehatan mental di masa pandemi COVID-19, memberikan stigma positif bahwa konsultasi ke psikolog merupakan hal yang wajar, dan membantu teman-teman dalam menghadapi permasalahan mental. Selain itu, tujuan akhir dari acara ini dapat tercapai dengan adanya donasi dari teman-teman sehingga kita dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari Panti Bhakti Luhur. Berbagai rangkaian kegiatan dalam DV HOPE 2020 – AGAINST CORONA dapat terlaksana dengan adanya kerja sama dari panitia, para peserta, dan pembicara yang ikut mengambil bagian dalam menyukseskan acara ini. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih banyak pada pihak-pihak dan media partner yang terlibat dalam menyukseskan acara ini: BNEC, PATRIA, BuddhistReborn, Lamrimnesia, MajalahSunday, SunibCurhat, KampusMedia.

 

Mohon maaf apabila dalam penyelenggaraan acara masih terdapat banyak kekurangan. Akhir kata, semoga teman-teman  dapat terus menjaga kesehatan mental, tidak hanya di masa pandemi saja, melainkan untuk selamanya.