Benchmarking 2020

19 Dec 2020

Benchmarking 2020

Oleh Livia

 

Benchmarking merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya oleh unit kegiatan mahasiswa Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University yang bertujuan untuk memberikan pembekalan ilmu berorganisasi untuk perkembangan periode selanjutnya serta dapat menjalin hubungan yang baik antara pihak KMBD BINUS University dengan organisasi sejenis. Tahun ini, KMBD melakukan studi banding dengan SIDDHI (Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia) yang merupakan salah satu anggota MBI (Majelis Buddhayana Indonesia) dimana SIDDHI ini dijalankan atau dikelola oleh para profesional, eksekutif, dan pengusaha yang bersimpati pada sifat-sifat luhur Buddha.

Dalam kegiatan benchmarking ini, para pengurus periode berikutnya diberikan pembekalan dari berbagai aspek seperti Kaderisasi, Finansial, Event, serta Peningkatan Prestasi. Pada aspek Kaderisasi, peserta dijelaskan mengenai pentingnya untuk mengetahui tujuan hidup, memahami aspek aspek kehidupan, dan prioritas-prioritas yang perlu dijalankan. Peserta juga mendapatkan pembelajaran mengenai kepengurusan organisasi, struktur organisasi, serta bagaimana cara mendekati anggota dan aktivis baru. Pada aspek Finansial, peserta dijelaskan berbagai macam cara atau strategi untuk mengumpulkan dana untuk kegiatan KMBD. Hal tersebut dikarenakan SIDDHI merupakan organisasi yang beranggotakan usia produktif, sehingga memiliki sangat banyak strategi untuk mengumpulkan pendanaan untuk melakukan kegiatan. Kemudian, pada aspek Event atau Kegiatan, peserta dijelaskan bagaimana kita harus bertindak dalam sebuah event, salah satunya, “Dalam berorganisasi kita tidak boleh memikirkan apa yang akan kita dapatkan, tetapi apa yang dapat kita berikan”. Terakhir yaitu aspek Peningkatan Prestasi dimana peserta diajarkan mengenai bagaimana cara untuk menangani para aktivis serta cara beradaptasi pada kondisi pandemik seperti sekarang.

Kami berharap dengan diadakannya Benchmarking 2020 ini, dapat memberikan banyak informasi yang dapat dijadikan pembelakan untuk mengembangkan KMBD kedepannya.