Dhammavaddhana Contest Festival 2020

29 Nov 2020

Dhammavaddhana Contest Festival 2020

By: Kuntoro Gunawan

Dhammavaddhana Contest Festival 2020 merupakan salah satu acara lomba Buddhist yang diselenggarakan oleh KMB Dhammavaddhana (KMBD) pada tahun 2020. Acara ini bertujuan untuk mengembangkan ajaran Buddha serta mengasah dan meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh para muda-mudi bhuddis.

Dhammavaddhana Contest Festival 2020 memiliki tema “I’m Proud to be a Buddhist” yang ditujukan kepada muda-mudi se-Indonesia dengan harapan agar para muda-mudi merasa bangga telah menjadi bagian dari keluarga Buddhis serta mempunyai rasa percaya diri telah menjadi seorang yang beragama Buddhis.

Acara ini merupakan event terbaru KMB Dhammavaddhana yang dilaksanakan pada tangga 29 November 2020. Acara ini diadakan secara online memalui media Zoom dan live di youtube DV Entertainment dikarenakan adanya pandemi COVID-19.

Acara Dhammavaddhana Contest Festival 2020 terdiri dari beberapa Lomba Buddhist, yaitu Lomba Buddhis Idol, Creative Poster, Cerdas Cermat Dhamma, dan Dhammaduta. Lomba Buddhist kali ini dimeriahkan oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Setiap lombanya memiliki rangkaian acara yang berbeda-beda, pada lomba Buddhis Idol rangkaian acaranya dibagi menjadi 3, yaitu babak penyisihan, Top 4, dan babak final. Pada babak penyisihan dan Top 4 berlangsung di media sosial KMBD, lalu babak final ditayangkan pada puncak acara sekaligus penilaian serta pemberian hadiah bagi para pemenang. Lomba Creative Poster dilakukan secara live voting yang dibuka selama acara berlangsung. Lomba Cerdas Cermat Dhamma juga dilaksanakan secara langsung (live) menggunakan media KAHOOT! pada puncak acara. Terakhir, untuk lomba Dhammaduta terbagi menjadi 3 rangkaian acara, yaitu babak penyisihan, Top 3, dan babak final yang ditayangkan pada puncak acara.