Kathina Puja 2564 B.E./2020

13 Sep 2020 - 05 Oct 2020

Kathina 2564 B.E./2020

Oleh Verry Andryanno

 

Kathina merupakan salah satu dari empat hari raya agama Buddha yang menandakan bahwa para bhikkhu sangha telah usai menjalankan masa vassa. Pada umumnya, di hari Kathina para umat Buddha melakukan persembahan atau dana berupa jubah, perlengkapan mandi, obat-obatan, ataupun dana lainnya kepada bhikkhu saṅgha guna memenuhi kebutuhan kehidupan suci para bhikkhu. Pada tahun ini, KMB Dhammavaddhana BINUS University mengadakan acara Kathina dengan tema “Giving Brings Blessings” yang memiliki makna bahwa memberi atau berdana dapat membawakan berbagai macam manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Acara pada tahun ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya, mengingat adanya penerapan protokol COVID-19 yang berlaku membuat acara Kathina tahun ini dilakukan secara daring/online. Walaupun demikian, hal tersebut tidak membuat semangat para panitia menurun dalam menyukseskan acara Kathina ini secara maksimal.

Terdapat dua rangkaian acara pada Kathina tahun ini, yaitu Lomba Menulis Artikel dengan tema “Kathina in Millenials Generation” yang berlangsung dari tanggal 13 September 2020 hingga 5 Oktober 2020. Kemudian rangkaian acara yang kedua adalah Kathina Puja yang terdiri dari sesi Dhammatalk yang bertemakan “A Golden Opportunity to Increase Good Kamma” serta pemberian Sagha Dana pada tanggal 18 Oktober 2020.

Pada puncak acara yang dilaksanakan pada 18 Oktober 2020, kami mengadakan Kathina Puja dimana terdapat tiga pembicara pada sesi Dhammatalk yaitu Y.M Bhante Lobsang Gyatso Sthavira dari aliran Buddha Tantrayana, Y.M Bhikkhu Dhammasubho Mahathera dari aliran Buddha Theravada, dan Y.M Bhiksu Bhadra Pala (Suhu Xian Bing) dari aliran Buddha Mahayana. Serta Febrian Chandra sebagai moderator dalam sesi Dhammatalk ini. Pada puncak acara tersebut dapat terlihat bahwa para hadirin sangat antusias dan aktif mengikuti dan mendengarkan sharing dhamma. Hal tersebut terlihat jelas pada saat sesi tanya jawab dimana para hadirin aktif bertanya dan memberikan tanggapan.

Pada akhir acara Kathina Puja, terdapat sesi informal yang dimeriahkan oleh DV Band dan Lawrence Anzela sebagai bintang tamu dalam acara ini. Kemudian dilanjutkan dengan adanya pengumuman pemenang lomba menulis artikel dimana terdapat 3 orang pemenang yang hasil karyanya telah dinilai oleh juri. Total hadiah yang diberikan adalah sebesar Rp1.000.000 dan seluruh peserta serta pemenang mendapatkan e-certificate sebagai bentuk apresiasi telah mengikuti perlombaan tersebut. Terakhir, kami mengadakan pengundian untuk memilih 5 orang hadirin yang beruntung untuk mendapatkan hadiah doorprize. Kami berharap dengan diadakannya Kathina 2564 B.E/2020 ini, dapat membuat semua orang untuk selalu bermurah hati dan mendapatkan manfaat yang berlimpah dari acara Kathina ini.