Cinematography Film Talkshow 2020

11 Oct 2020



CINEMATOGRAPHY FILM TALKSHOW 2020
11 Oktober 2020
by : Popo Fianto

CINEMATOGRAPHY FILM TALKSHOW 2020

               Cinematography Gema Dhammavaddhana adalah suatu kegiatan kreatif yang dijalankan oleh mahasiswa-mahasiswi khususnya dari Badan Gema Dhammavaddhana dalam bentuk film atau audio visual. Pada tahun 2020 ini, Cinematography mengadakan kegiatan Talkshow mengambil tema “What Makes Film Looks Interesting?”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan secara umum mengenai aspek penting yang perlu diperhatikan untuk membuat film yang berkualitas, serta proses pembuatan film yang baik dan benar.

               Pada awalnya, Cinematography ingin membuat kegiatan berupa pelatihan atau workshop produksi film mulai dari nol sampai menjadi film yang proper. Namun dikarenakan adanya kondisi pandemic COVID-19 yang mengharuskan kita semua untuk melakukan proses kegiatan secara virtual atau bekerja di rumah saja. Sehingga rencana kegiatan awal mau tidak mau harus dibatalkan dan diganti menjadi talkshow. Kegiatan talkshow ini dimulai pada tanggal 11 oktober 2020 secara online melalui media platform Conference yaitu Zoom dengan mengundang pembicara yang sangat berpengalaman dalam dunia perfilman. Pembicara yang kami undang bernama Kevin Anggara. Beliau memberikan sharing santai yang sangat mengedukasi, berwawasan, dan juga menginspirasi bagi peserta yang ikut dalam acara kali.

               Dalam kegiatan talkshow ini, Cinematography juga mengadakan sesi nonton film pendek secara virtual Bersama. Pembicara juga memberikan arahan dan penilaian terhadap film seusai sesi nonton film. Seandainya apabila kegiatan Cinematography dapat dilakukan secara offline, output yang diharapkan pada saat itu adalah terciptanya film karya mahasiswa KMB Dhammavaddhana yang nantinya akan ditonton bersama-sama oleh seluruh mahasiswa KMB Dhammavaddhana.

               Akhir kata, Rangkaian acara Film Talkshow yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana Binus University diharapkan dapat membawa dampak positif, mengedukasi pentingnya aspek film yang berkualitas, serta membuka kesadaran orang-orang untuk menghargai dan menghormati karya penciptaan Film.