One Million Help 2020

06 Sep 2020 - 13 Sep 2020

One Million Help 2020

Oleh: Reginald Lay

 

            One Million Help merupakan acara rutin sosial yang diadakan setiap tahunnya oleh KMB Dhammavaddhana BINUS University. Acara ini bertujuan untuk membantu makhluk hidup yang ada di sekitar kita. One Million Help 2020 memiliki tema “Helping without Seeing the Fur”, yang ditujukan kepada hewan-hewan terlantar seperti anjing dan kucing. Acara tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena harus menyesuaikannya dengan kondisi pandemi COVID-19 sehingga acara ini dilakukan secara online di rumah masing-masing. Walaupun demikian, hal tersebut tidak membuat semangat para panitia menurun dalam menyukseskan acara ini secara maksimal.

            One Million Help 2020 memiliki visi “Memberi penghidupan yang lebih layak kepada hewan-hewan liar, serta menjaga kesehatan anjing dan kucing.” Lalu, acara ini juga bertujuan untuk membantu hewan liar yang kurang mendapatkan perhatian masyarakat Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hewan liar.

            Tahun ini, One Million Help memiliki tiga rangkaian acara, yaitu Online Campaign, Seminar Online, dan Pemberian Makanan dan Vaksin Gratis. Campaign ini bertujuan untuk meningkatkan rasa empati dan kepedulian masyarakat terhadap hewan-hewan liar, khususnya anjing dan kucing. Campaign yang sudah berlangsung sejak 7 Juni 2020 ini dilakukan secara online melalui media sosial dengan mengajak masyarakat untuk ikut serta mengunggah twibbon yang sudah diberikan sebagai dukungan terhadap kegiatan ini.

            Selain melakukan campaign, pihak panitia juga secara rutin mengunggah fun fact sebanyak dua kali setiap minggunya di Instagram @onemillionhelp yang merupakan akun resmi dari One Million Help. Fun fact ini membahas tentang fakta-fakta unik seputar anjing dan kucing yang jarang diketahui oleh sebagian besar masyarakat sehingga dapat mengedukasi para pembaca.

            Lalu, pada 6 September 2020 One Million Help mengadakan seminar yang mengusung tema “Merawat Hewan Kesayangan saat Pandemi” yang dibawakan langsung oleh Drh. Dara Aftika Nasution. Beliau merupakan dokter hewan lulusan S1 dari Universitas Syiah Kuala dan saat ini sedang bekerja di Anugerah Satwa Klinik Hewan. Seminar ini diadakan secara online melalui video conference Zoom. Seminar ini tidak hanya dapat dihadiri oleh mahasiswa/i BINUS University, melainkan orang-orang dari luar pun dapat mengikutinya karena acara ini terbuka untuk umum.

            Sebagai puncak acara pada tanggal 13 September 2020, kami memberikan makanan dan juga vaksin secara gratis kepada anjing dan kucing yang berada di Shelter Pak Johan. Makanan dan vaksin tersebut diberikan kepada 30 ekor anjing dan 20 ekor kucing untuk menunjang keberlangsungan hidup mereka yang berada di shelter tersebut. Kami berharap dengan diadakannya One Million Help 2020 ini, kita semua dapat mengambil pelajaran yang bermanfaat dan lebih memperhatikan lingkungan sekitar kita, khususnya hewan liar seperti anjing dan kucing.

 

 




Dokumentasi: