Asadha Puja 2564 B.E.

25 Jun 2020

Perayaan Asadha Puja 2564 B.E / 2020

By: Divisi Humas

Tepatnya pada 25 Juni 2020, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana Binus University telah menyelenggarakan acara dalam memperingati perayaan Asadha Puja 2564 B.E / 2020 melalui media online. Asadha Puja merupakan salah satu perayaan penting bagi umat Buddha terutama aliran Theravada yang berlangsung di bulan Juli, pada hari bulan purnama di bulan ke-8 penanggalan lunar. Perayaan ini memperingati penyampaian khotbah pertama sang Buddha Gautama di taman rusa Isipatana di Benares dan peristiwa tersebut dijadikan penanda bahwa sangha telah didirikan di dunia.

Asadha Puja 2564 B.E/2020 ini bertemakan “Life is Dukkha” yang terdiri dari 2 kegiatan acara, yakni kegiatan Puja Bhakti dan Dhamma Talk. Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana menyelenggarakan acara Asadha Puja melalui aplikasi zoom dan live di youtube DV Entertainment dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum usai. Kegiatan Dhamma Talk memiliki tema “Berkah Pattidana untuk Semua Makhluk” dengan narasumber Bhante Saddhaviro Mahathera dan Surya Metta Wijaya, S.Kom, MCH serta dimoderatori oleh Kim Beryl Utomo. Acara ini berlangsung dari jam 13.00 WIB – Selesai.

Dalam sharing yang dibawakan oleh kedua narasumber tersebut dapat disimpulkan bahwa Pattidana merupakan salah satu cara untuk berbuat baik yang terdapat dalam ajaran agama Buddha. Pattidana dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, untuk melakukannya kita harus memiliki 3 hal yakni niat baik dan tulus, jasa yang dilimpahkan sejenis, dan jasa dilimpahkan secara adil.