Dhammavaddhana Sosial 2020

01 Jun 2020

Dhammavaddhana Sosial 2020

Oleh : Felicia Tristannia

Dhammavaddhana Sosial merupakan kegiatan sosial yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya oleh KMBD (Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana). Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa-mahasiwi Buddhis yang terhimpun dalam Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana periode XXXI Universitas Bina Nusantara. Pada tahun 2020 ini, DV SOS mengambil tema “Kontribusi Untuk Negeri.”  Tujuan diadakannya DV SOS 2020 yaitu untuk membantu memenuhi kebutuhan literasi bagi anak-anak di panti asuhan, memotivasi lingkungan sekitar untuk mewujudkan budaya literasi dan memberikan kesempatan kepada anak panti asuhan untuk mengembangkan potensinya.

Pada awalnya DV SOS 2020 ini memiliki 3 rangkaian acara, yaitu kunjungan ke Panti Asuhan Chairun Nissa, kunjungan ke Asrama Yatim Mizan Amanah dan talkshow “Menggali Potensi Melalui Literasi”. Namun dikarenakan adanya pandemi global COVID-19 ini menyebabkan metode pelaksanaan acara menjadi sedikit berbeda. Kunjungan ke dua Panti Asuhan terpaksa dibatalkan dan talkshow diubah menjadi webinar yang dilaksanakan secara online. Webinar ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 1 Juni 2020 melelaui platform daring yaitu Zoom dan Live Youtube dengan tema “Memperkuat Literasi di Tengah Pandemi.” DV SOS 2020 kali ini mengundang penulis J.S. Khairen sebagai pembicara yang akan memberikan edukasi dan juga berbagi cerita kepada para peserta webinar mengenai pentingnya literasi. Meskipun tidak berjalan sesuai rencana awal, DVSOS 2020 diharapkan dapat memberikan edukasi dan inspirasi bagi para peserta yang mengikuti webinar ini. Para peserta webinar juga tampak sangat semangat dan antusias saat sesi tanya jawab dengan pembicara kita.

Selain webinar yang sudah dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2020, DV SOS 2020 juga membagikan 4 set angklung dan buku bacaan sebanyak 140 buku kepada anak-anak di panti asuhan. Pada awalnya, jika pandemi covid-19 tidak terjadi, maka talkshow akan dilaksanakan secara offline di Auditorium Binus Lt.4 dan anak-anak panti akan menampilkan penampilan bermain angklung pada kesempatan tersebut, namun semuanya tidak dapat dilaksanakan dikarenakan pandemi COVID-19. Untuk mematuhi peraturan kampus dan pemerintah, acara ini diselenggarakan secara online. Dengan situasi pandemi COVID-19 ini, panitia dari DV SOS juga memberikan bantuan kepada pihak panti asuhan dengan mengirimkan paket sembako dan paket kesehatan. Bantuan ini dikirimkan melalui layanan pengiriman online untuk menghindari adanya keramaian dan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Akhir kata, Rangkaian acara DV SOS 2020 yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana Binus University ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dan dapat mencapai tujuan utama acara ini, yaitu membantu memenuhi kebutuhan literasi bagi anak-anak di panti asuhan, memotivasi lingkungan sekitar untuk mewujudkan budaya literasi dan memberikan kesempatan kepada anak panti asuhan untuk mengembangkan potensinya.