Penerimaan Mahasiswa Baru KMB Dhammavaddhana

13 Jul 2020 - 15 Aug 2020

Penerimaan Mahasiswa Baru(PMB) KMB Dhammavaddhana

 

Oleh : Selvin Ho

 

Event PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) merupakan event tahunan yang selalu dilaksanakan secara rutin oleh KMBD (Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana). Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa – mahasiswi Buddhis yang terhimpun dalam Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana periode XXXI Universitas Bina Nusantara. Pada tahun ini event PMB ini mengambil tema “United In Family”. Tujuan dari diadakan kegiatan ini ialah untuk mempromosikan dan memperkenalkan unit kegiatan mahasiswa KMBD di depan para mahasiswa baru Binusian 2024 serta mengajak para Binusian 2024 untuk bergabung dalam Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana.

Namun pada tahun ini penyelenggaraan dan metode pelaksanaan dari event PMB jauh berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, dikarenakan pada saat ini dunia sedang dilanda oleh pandemi Virus Corona sehingga kegiatan yang semulanya diperkirakan dilaksanakan secara langsung di kampus Universitas Bina Nusantara menjadi secara Virtual atau Online Meeting. Kegiatan yang semulanya dilaksanakan di regional masing masing (KMBD Alam Sutera, KMBD Kemanggisan, KMBD Bekasi, KMBD Bandung dan KMBD Malang), kini dilaksanakan secara bersama – sama.

Dengan metode pelaksanaan yang menjadi virtual ini membuat kita sebagian panitia menjadi sedikit kewalahan dikarenakan komunikasi yang terbatas, koneksi yang kurang memadai, para panitia yang tepisah pisah di daerahnya masing masing, miss communication dengan panitia dan pihak Binus dan masih banyak lagi. Selain itu juga metode pelaksanaannya yang serba baru menjadi tantangan kita para panitia dalam menyelenggarakan event PMB tahun ini.  Dengan banyaknya masalah diatas, kita tidak bisa hanya mengeluh, menyerah ataupun saling menyalahkan dengan kondisi yang sedang kita rasakan, melainkan dengan kondisi yang sangat berbeda ini harus kita gunakan untuk men-challenge diri kita masing masing untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Kegiatan yang pada awalnya direncanakan akan dilaksanakan seperti biasanya yaitu ada sesi Bunga Rampai dan Expo berubah menjadi sesi Kerohanian dan sesi Open House. Metode pelaksanaan expo yang awalnya cuman dilakukan sehari setiap minggu berubah menjadi 1 bulan full di masa orientasi Binusian 2024 yaitu di tanggal 13 Juli hingga 15 Agustus. Di kegiatan expo kali ini para freshmen sebutan untuk Binusian 2024 dibebaskan untuk mengunjungi channel setiap OK di Ms. Teams yang telah disediakan oleh pihak Binus. Dikarenakan KMBD merukapan salah satu OK Kerohanian di Universitas Bina Nusantara ini maka diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan Kerohanian di setiap hari jumat selama periode Expo tersebut. Kegiatan Kerohanian ini dilaksanakan seperti biasanya dengan kebaktian aliran Theravadha dan juga di setiap sesi kerohanian kita juga mengundang pembicara untuk membawakan sharing dhamma diantaranya yaitu YM Bhante Sumano Mahathera, Ko Jordy dan Ko Michael Kirana. Lalu kegiatan Open House merupakan kegiatan dimana kita para OK menyambut para freshmen yang ingin mengenal lebih jauh tentang OK tersebut, di open house KMBD sendiri kami mengadakannya dengan menghadirkan beberapa Pengurus Inti dari KMBD untuk menjelaskan secara detail tentang KMBD hingga kegiatan dan event event yang dilaksanakan. Beberapa Pengurus Inti yang kita hadirkan ialah Kepala Divisi Bidang 2 regional Kemanggisan yaitu Novalia, Kepala Divisi Bidang 3 regional Alam Sutera yaitu Felicia Handly, Ketua Regional Kemanggisan yaitu Caroline Jessica Wijaya dan Ketua Regional Alam Sutera yaitu Yudho Andrian. Melalui kegiatan Open house ini kita bisa dibilang berhasil karena kebanyakan dari para freshmen yang menghadiri acara ini mendaftarkan diri menjadi bagian dari keluarga kami. Dan yang terakhir kami para panitia juga diminta oleh pihak Binus untuk melaksanakan acara sesi Kerohanian dan Open House di Binus International, kegiatan ini juga menjadi suatu kebanggaan bagi kami karena berhasil melaksanakannya di Binus International. 

Akhir kata, Rangkaian Acara Penerimaan Mahasiswa Baru 2020 yang diadakan oleh Keluarga Mahsiswa Buddhis Dhammavaddhana ini diharapkan bermanfaat dan membawa pengaruh positif bagi teman teman Binusian 2024 yang nantinya akan bergabung dalam KMBD ini dan semoga pandemic Virus Corona ini cepat berakhir dan kita semua bisa kembali dengan aktivitas seperti biasanya. Saddhu… Saddhu… Saddhu…