Festival Buddhis Nusantara 2020

21 Jul 2020 - 30 Jul 2020

Festival Buddhis Nusantara 2020

By: Carolyn Lauwis

Festival Buddhis Nusantara merupakan acara tahunan dari KMB Dhammavaddhana BINUS University yang mempunyai tujuan untuk memperkenalkan Agama Buddha kepada masyarakat luas. Pada tahun ini, Festival Buddhis Nusantara mengangkat tema “Harmony in Love” yang memiliki makna keharmonisan dalam keluarga terutama hubungan orang tua dengan anak. Acara kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena harus menyesuaikan dengan keadaan pandemi COVID-19, sehingga rangkaian acara dilakukan secara online di rumah masing-masing. Meskipun sedang pandemi, hal tersebut tidak menghilangkan semangat para pantia untuk selalu produktif dan mengasah potensi diri.

Dalam rangkaian acara Festival Buddhis Nusantara tahun ini terdapat dua rangkaian acara, yaitu Lomba online dan Mini Talkshow. Pada rangkaian lomba terbagi menjadi 3 perlombaan, yakni lomba mewarnai dengan tema “Pangeran Siddharta Mencapai Penerangan Sempurna”, lomba story telling dengan tema “Kisah Jataka”, dan lomba foto unik yang bertemakan “Kekompakan Orang Tua dan Anak di Masa Pandemi COVID-19”. Biaya pendaftaran untuk acara lomba 50%-nya didonasikan untuk membantu penanganan COVID-19 di Indonesia. Perlombaan dilaksanakan pada 21 Juli 2020 – 30 Juli 2020.

Kami juga membuat akun instagram untuk memeriahkan acara ini, yaitu “festivalbuddhis_kmbd”. Kami mengunggah konten secara berkala yang berisikan quotes dalam agama Buddha dan juga beberapa tips and tricks untuk dapat mewarnai serta bercerita dengan baik.

Pada puncak acara yang dilaksanakan pada 9 Agustus 2020, kami mengadakan Mini Talkshow yang dibawakan oleh Ramani Lida Melani dengan tema “Tiga Peristiwa Penting Sang Buddha” dan juga mengumumkan pemenang dari setiap lomba. Pada puncak acara tersebut terlihat bahwa para peserta sangat antusias mengikuti dan mendengarkan sharing dhamma dari Ramani Lida Melani. Hal tersebut terlihat jelas pada saat sesi tanya jawab dimana para penonton aktif bertanya dan memberikan tanggapan.

Di akhir acara terdapat pengumuman pemenang lomba, untuk lomba mewarnai dan story telling masing-masing memiliki tiga orang pemenang yang hasil karyanya dinilai oleh juri. Untuk lomba foto unik kami mengambil satu pemenang melalui jumlah likes terbanyak pada instagram kami @festivalbuddhis_kmbd. Total hadiah yang diberikan adalah sebesar Rp4.350.000,00 dan setiap pemenang diberikan e-sertifikat sebagai bentuk apresiasi telah memenangkan perlombaan tersebut. Nantikan acara Festival Buddhis Nusantara di tahun berikutnya, galilah bakatmu dan asah potensimu.