Festival Buddhist Nusantara 2019

10 Mar 2019 - 14 Apr 2019

FESTIVAL BUDDHIS NUSANTARA 2019

Written By: Irene Grivin

            Agama Buddha merupakan salah satu agama yang berada di Indonesia. Agama Buddha merupakan suatu agama yang berdasarkan pada ajaran yang telah berusia 2540 tahun yang dikenalkan oleh pangeran Siddharta Gotama yang berasal dari India. Pangeran Siddharta Gotama mulai menyebarkan ajaran agama Buddha setelah Beliau mencapai Pencerahan Sempurna (Penyadaran Penuh) dan Beliau dikenal dengan sebutan Sang Buddha. Saat ini, sekitar 475 juta orang di seluruh dunia menganut agama Buddha.

            Walaupun agama Buddha telah lama diperkenalkan dan sudah memiliki cukup banyak umat yang menganut agama ini, namun masih banyak umat agama Buddha yang masih kurang mengenal agama Buddha serta kurangnya wawasan mengenai ajaran agama Buddha dan budaya nusantara pada masyarakat.  Melunturnya nilai – nilai nusantara dikalangan masyarakat juga dikarenakan banyaknya pengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia sehingga banyak generasi muda yang mulai melupakan dan tidak mengenal budaya nusantara.

            Oleh karena itu, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavadhanna Universitas Bina Nusantara mengadakan acara Festival Buddhis Nusantara. Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat baik dari segi agama Buddha maupun nilai – nilai budaya nusantara yang mulai meluntur dan tidak dikenal oleh masyarakat, serta untuk meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama.

Kegiatan Festival Buddhis Nusantara terbagi dalam 3 rangkaian acara, yaitu :

  1. Education Day

            Education day merupakan suatu pengajaran mengenai cinta kasih dan toleransi antar umat beragama yang diberikan kepada anak – anak sekolah minggu vihara – vihara. Kami melakukan pengajaran ini di 4 vihara, yaitu : Vihara Dhammasubbha, Vihara Siddharta, Vihara Sasana Subhasita, dan Vihara Vipassana Giriratana pada tanggal 10 Maret 2019, 24 Maret 2019, dan 31 Maret 2019. Pengajaran ini dilakukan agar kami dapat menanamkan rasa cinta kasih dan toleransi pada anak – anak sejak dini.

  1. Dhamma Talk

            Dhamma Talk adalah kegiatan pembabaran Dhamma yang dibawakan oleh Yang Mulia Bhikku Dhammakaro Mahathera dan dimoderatori oleh Ko Terra Samidha Liu. Kegiatan Dhamma Talk ini bertemakan “Happiness In Loving“ yang diselenggrakan di Vihara Sasana Subhasita pada hari Minggu, 7 April 2019.

  1. Festival Buddhis Nusantara

            Festival Buddhis Nusantara ini mengangkat tema “Unconditional Love”, acara ini tidak hanya diselenggarakan bagi umat Buddhis saja tetapi untuk masyarakat universal juga dengan tujuan menambah wawasan masyarakat mengenai budaya Budhhis dan juga budaya nusantara. Acara ini diselenggarakan di Mall @ Alam Sutera pada tanggal 8 – 14 April 2019 yang terdiri dari pameran lukisan dan perlombaan. Pameran lukisan yang kami selenggarakan merupakan hasil kolaborasi dengan perkumpulan seniman dari Big Bad Arts yang mengangkat tema Buddhis dan nusantara. Perlombaan diadakan pada tanggal 13 dan 14 april 2019  yang terdiri dari tiga perlombaan, yaitu : lomba mewarnai untuk anak usia 4 sampai 8 tahun, lomba menyanyi untuk anak usia 7 sampai 11 tahun, dan lomba fashion show untuk anak usia 4 sampai 8 tahun. Selain itu, acara festival buddhis ini juga dilengkapi oleh penampilan menari, menyanyi, band, dan teater.

       Rangkaian acara Festival Buddhis Nusantara yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavadhanna Binus University ini dapat berjalan dengan lancar dan membawa pengaruh positif bagi masyarakat dan panitia.