Pelantikan KMBD Periode 30

Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University pada hari Minggu, 6 Januari 2019 mengadakan pelantikan kepengurusan baru KMB Dhammavaddhana Periode 30.

3 Peristiwa Penting yang Diperingati Saat Waisak

Hallo teman-teman se-Dhamma, sebelumnya kalian pasti sudah tahu kan bulan mei ini umat Buddha di seluruh dunia akan merayakan perayaan apa? Jawabannya adalah waisak. Tujuan kita memperingati hari waisak ini adalah agar kita dapat mengingat 3 peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan Sang Buddha. Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”. Keputusan merayakan Trisuci ini dinyatakan dalam Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia (World Fellowship of Buddhists – WFB) yang pertama di Sri Lanka pada tahun 1950.

Harga Kerbau Sama dengan Harga Rumah

Tradisi potong kerbau sudah terjadi secara turun temurun di sebuah daerah di Indonesia yang bernama Toraja yang masih kental akan tradisinya. Rambu Solo merupakan sebuah perayaan ritual khas Toraja yang dimana ketika seseorang meninggal maka kerbau dan babi akan disembelih, karena penduduk setempat mempercayai bahwa arwah kerbau dan babi yang mati itu akan menemani arwah orang yang sudah meninggal tersebut menuju surga.

Interview Itu Mudah

Hallo teman – teman seDhamma! Buat kalian yang lagi kuliah nih pasti ada beberapa dari kalian yang ingin bekerja baik itu paruh waktu atau pun yang lainnya. Selain itu juga buat temen – temen yang sebentar lagi lulus juga pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang diharapkan dan sesuai. Untuk mendapatkan pekerjaan – pekerjaan tersebut pastilah ada beberapa langkah yang dilakukan atau harus dilewati. Tahap pertama yang terpenting adalah tahap wawancara dimana ini menjadi momok kebanyakan orang karena pada interview ini kita tidak tahu apa yang akan ditanyakan kepada kita. Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips dan trik untuk menghadapi wawaancara :

Tips Merawat Laptop

Hallo teman-teman seDhamma, kalian semua pasti punya laptop masing – masing kan.Bagaikan seorang anak, Namun bagi kita yang memiliki laptop terkadang suka melupakan hal – hal kecil yang harus diperhatikan dari laptop kita, sehingga kerap kali laptop kita memiliki berbagai masalah mulai dari baterai yang bocor, layer retak, mesin cepat panas dan lainnya. Walau hal sekecil apapun laptop itu sendiri haruslah kita rawat dengan baik sehingga dapat tetap awet dan tetap memberikan performa yang terbaik. Berikut adalah 5 tips untuk merawat laptop kalian

Tips Menghadapi Ujian

Hallo teman – teman seDhamma sebentar lagi kita semua akan menghadapi Ujian Tengah Semester. Ujian Tengah Semester ini menjadi momok yang cukup menakutkan bagi kita semua para mahasiswa. Tingkat kesulitan yang tidak jauh berbeda dengan Ujian Akhir Semester membuat tidak sedikit mahasiswa yang berusaha sebisa mungkin untuk dapat lulus pada momen ini. Pada artikel ini saya ingin membagikan beberapa tips tentang bagaimana belajar agar dapat menghadapi Ujian Tengah Semester dengan mudah :

Mendapatkan Kulit Cerah dengan Mudah

Hallo Sahabat KMBD, adakah diantara kalian yang menginginkan kulit putih dan cerah? pasti semuanya mau dong apalagi untuk kaum hawa. Sahabat semua tahu tidak, kalau untuk mendapatkan itu semua tidak perlu biaya yang mahal dan juga mudah untuk dilakukan Pada artikel kali ini aku mau berbagi beberapa tips yang dapat sahabat semua lakukan untuk mendapatkan kulit putih dan cerah.

Kopi, Si Minuman Hitam Banyak Manfaat

Kopi merupakan minuman yang sangat sering kita jumpai di sekitar kita setiap harinya. Mulai dari kopi murni, kopi dengan tambahan seperti creamer atau susu, sampai kopi dengan rasa-rasa yang beragam. Kopi juga telah menjadi gaya hidup sebagian orang yang biasa kita sebut sebagai “Penikmat Kopi”. Meminum kopi juga dipercaya dapat meningkatkan produktivitas, sehingga kopi sangat digemari oleh masyarakat dunia.

Artificial Intelligence Pada Kanker

Seperti apa pelayanan kesehatan di masa depan nanti, di mana Artificial Intilligence (kecerdasan buatan) sudah sangat canggih? Dokter, ilmuan, dan banyak peneliti sudah lama mempertanyakan dan mencari jawaban untuk pertanyaan tersebut. Sejak tahun 1956 saat kata AI sudah mulai digunakan oleh John McCarthy, penggunaannya selalu berubah ubah sampai sekarang. Dari komputer generasi awal yang bila dilihat kembali, sangat berbeda dengan komputer yang sangat canggih di jaman sekarang, AI juga akan terus berevolusi secara terus menerus seiring berkembangnya ilmu teknologi.

Detox Sosial Media

Detox adalah istilah yang sering kali digunakan dalam dunia kesehatan dalam membuang zat buruk dari tubuh. Tapi, pernahkah kamu mendengar istilah detox social media? Berbeda dengan detox diet yang membuang racun dari dalam tubuh, detox social media justru membantu membuang semua racun yang menggangu mental, sehingga kita terbangun dan hidup dalam realita. Tapi sadarkah kamu bahwa mengkonsumsi terlalu banyak social media seperti Instagram juga tidak baik? Jika kamu merasa sudah mencicipi media sosial berlebihan, maka kamu harus banget baca artikel ini sampai selesai.

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

Apakah kalian sudah mengetahui apa itu meditasi ? Jika kalian sering mengikuti Chanting, Buddhist Education Class, Dhamma Class, bahkan kebaktian di hari Minggu di Vihara atau kelenteng, pastinya sudah sering melakukan meditasi setelah membaca Paritta Suci. Jadi, Meditasi itu adalah bagian dari Samma Samadhi yang berpusat kepada fokus atau konsentrasi benar pada suatu objek tertentu yang dapat melibatkan melepaskan pikiran yang dapat membebani pikiran kehidupan kita sehari- hari dan juga dapat merorientasikan untuk semua makhluk hidup berbahagia.

Pantangan Saat Imlek

Tahun Baru China atau biasa disebut Imlek menjadi momen penting bagi orang yang merayakan dan sering diisi oleh aktivitas bersama dengan keluarga. Imlek identik dengan memberikan tanda bakti dan berterima kasih kepada orang tua yang telah membersarkan mereka. Ini terlihat dari kebiasaan orang yang mudik dan membawa oleh-oleh seperti baju, buah, kue, dan lain-lain.

Mitos-mitos Pada Saat Imlek

Tahun Baru Imlek merupakan hari yang sangat penting bagi masyarakat etnis Tionghua. Tahun baru imlek ini juga merupakan salah satu budaya yang sakral yang banyak dilakukan oleh masyarakat keturunan Tionghua. Di seluruh dunia, masyarakat keturunan Tionghoa menyambut dan merayakan imlek dengan penuh sukacita. Namun tidak hanya itu, ada juga mitos yang mewarnai hari imlek. Mitos tersebut masih dipercayai oleh semua masyarakat keturunan Tionghoa sampai sekarang. Mitos-mitos yang masih dipercayai pada saat imlek adalah :

Santapan Wajib Saat Tahun Baru Imlek

Tahun baru imlek merupakan suatu agenda wajib bagi keluarga keturunan Tiongkok sebagai ajang untuk merayakan tahun baru serta berkumpul bersama keluarga. Dimana disaat tersebutlah menjadi saat yang tepat untuk makan bersama keluarga. Saat merayakan tahun baru imlek, terdapat beberapa santapan yang wajib disantap saat tahun baru imlek bersama keluarga. Santapan khas imlek juga memiliki makna didalamnya, kemudian juga memiliki simbol harapan, dan menjadi harapan untuk sepanjang tahun depan yang akan dihadapi, seperti kesehatan dan keberuntungan yang melimpah.

9 Fakta Mengejutkan Tentang Keluarga Kerajaan Inggris

Anggota kerajaan Inggris memang dikenal sebagai keluarga yang sangat menjaga privasi, namun terdapat 9 fakta mengejutkan tentang keluarga kerajaan Inggris yang menarik dan cukup lucu!

6 Fakta Tentang Pizza

Berikut adalah 6 fakta tentang pizza

4 Kebiasaan yang Berbahaya Bagi Tubuh

Dalam menjaga kesehatan tubuh, sebagian orang akan melakukan sederet cara untuk mewujudkannya. Mulai dari mengonsumsi pil vitamin, sampai dengan memakai hand-sanitizer, ternyata hal-hal tersebut memiliki dampak yang buruk bagi tubuh, yuk mari kita telusuri lebih lanjut mengenai beberapa hal yang buruk bagi tubuh.

Cokelat Bagi Kesehatan

Cokelat adalah bahan makanan yang dibuat dari biji kakao, kemudian cokelat akan digunakan untuk membuat minuman ataupun makanan seperti kue, es coklat dan lain sebagainya. Selain memiliki rasa yang enak, dalam cokelat juga terkandung beberapa zat gizi makro dan zat gizi mikro. Zat gizi makro yang ada di dalam kandungan cokelat yaitu protein, lemak, dan karbohidrat sebagai energi. Sedangkan zat gizi mikro yaitu mineral dan vitamin.

Kesehatan Menurut Dhamma

Kesehatan begitu penting dan berharga dalam kehidupan ini. Meskipun orang memiliki harta berlimpah, apabila dia sakit, maka harta tersebut tidak dapat membuat dia bahagia. Dia tidak bisa membayar orang lain untuk menggantikan sakitnya. Meskipun dia memiliki kedudukan yang tinggi, bawahan yang jumlahnya tidak terbatas, kalau dia sakit, kedudukan tersebut tidak dapat membuat dia bahagia. Meskipun dia berdiam di tempat tinggal seperti istana, kalau dia sakit, tempat tinggal tersebut tidak dapat memberikan kenyamanan. Meskipun ia memiliki banyak makaan enak dan berlimpah, kalau dia sakit, makanan tersebut tidak dapat membawa kebahagiaan. Oleh karena itu, betapa berbahagianya orang sehat.

Tips Mengurangi Konsumsi Minuman Manis Untuk Kesehatan

Hallo teman-teman seDharmma, siapa sih yang tidak suka minuman manis-manis. Bagi generasi jaman sekarang, banyak kuliner yang muncul seperti thai tea, es kepal milo, chattime, dan lain-lain. Dalam hal ini, kita harus mengurangi komsumsi minuman bermanis sehingga menghindari penyakit. Walaupun suka minum minuman manis tetap saja kita harus mengurangi komsumsi dalam menjaga kesehatan jasmani. Ini lah 7 tips mengurangi komsumsi minuman manis untuk tidak terbiasa

Tips Buat Belajar Dance

Dance adalah salah satu kesenian yang lumayan banyak diminati, apalagi dance memiliki banyak genrenya seperti hip-hop, urban, pop, kpop, tradisional, modern dan masih banyak lagi. Membuat banyak orang ingin dapat mneguasai dance, tapi belum tentu semua orang bisa dance, banyak kendala-kendala tertentu. Berikut ini adalah tips bagi teman-teman semua yang mau belajar dance.

Tips Dalam Bermain Futsal

Futsal merupakan permainan sepak bola yang dimainkan oleh dua tim, yang dimana masing-masing tim beranggota 5 orang pemain. Futsal pertama kali dimainkan pada tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani di Uruguay. Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pada 1984.

Tips and Trick Bermain Teater

Nah sebelumnya udah tau belum seni teater itu apa, hehe? Teater itu adalah seni pertunjukan drama yang dipentaskan diatas panggung, yang penampilannya sendiri menampilkan pertunjukan seni drama manusia yang dipadukan dengan gerak, tari, dan nyanyian dengan dialog dan acting para pemainnya.

Tips and Trick Badminton

Pasti udah pada tau dong olahraga yang paling popular di Indonesia? Yupss Badminton. Badminton itu merupakan sebuah olahraga raket yang dalam permainannya dilakukan oleh dua orang yang saling berlawanan untuk permainan tunggal. Dan untuk permainan ganda menggunakan dua pasangan yang saling berlawanan.

Perayaan Hari Raya Waisak di Berbagai Negara

Hari Raya Waisak merupakan salah satu dari empat Hari Raya dalam agama Buddha. Hari Raya ini memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha, yaitu: Hari kelahiran Pangeran Sidharta, Pangeran Sidharta mencapai ke-Buddha-an, serta wafatnya Buddha Gotama. Hari Raya Waisak jatuh pada puncak bulan purnama pertama bulan Mei. Berbagai negara menggelar acara dengan tradisi yang berbeda untuk menyambut Hari Raya Waisak setiap tahunnya.

Pesan Buddha Kepada Muridnya Sebelum Parinibbāna

Pangeran Siddhata dilahirkan pada tahun 632 SM di Taman Lumbini, ia lahir dalam keadaan bersih tanpa noda, berdiri tegak dan langsung dapat berjalan sebanyak tujuh langkah ke arah utara dan tempat yang dipijakinya ditumbuhi bunga teratai.

Perbedaan 3 Aliran dalam Agama Buddha

Agama Buddha biasanya dibagi menjadi 2 atau 3 aliran utama. Theravada adalah aliran yang tertua dan kebanyakan bisa ditemukan di Asia Tenggara. Mahayana adalah aliran agama Buddha yang dianut orang-orang Cina, Jepang, dan negara Asia Timur lainnya. Sedangkan Vajrayana umumnya dihubungkan dengan Tibet meskipun banyak orang memberikan argumen bahwa Vajrayana hanyalah cabang dari salah satu aliran di atas.

Mata Minus

Apakah kalian tau bahwa kita sebagai seorang mahasiswa, mata itu sangat penting kita jaga. Kenapa? Karena Mata merupakan indera penglihatan yang dimiliki oleh manusia dan juga hewan, tanpa mata kita tidak dapat melihat hal ataupun benda yang ada disekitar kita. Mata juga dapat memiliki masalah, seperti mata minus dan silinder. Lalu kenapa hal tersebut dapat terjadi? Nah, disini kita akan membahas nya lebih lanjut, namun kita akan lebih fokus pada permasalahan mata minus. Sebelum jauh membahas penyebab nya, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu mata minus. Mata minus biasa dikenal dengan rabun jauh, atau kesulitan untuk melihat benda jarak jauh.

5 Fakta Unik Tentang Mimpi

Pastinya kita semua tidak ada yang tidak pernah bermimpi. Mimpi dapat dikatakan sebagai sebuah fenomena yang ajaib, unik, serta sangat misterius tentunya. Ternyata di balik kemisteriusan dan fenomena mimpi saat tidur itu memiliki banyak sekali fakta fakta unik yang menarik untuk dibahas dan perlu untuk kita ketahui. Berikut adalah 5 fakta unik tentang mimpi.

Dampak negatif dari Konsumsi Bubble Drink

Bubble drink atau minuman boba adalah minuman yang disajikan dengan topping bola-bola manis atau yang biasa kita sebut boba. Boba sendiri mulai diperkenalkan oleh Liu Han Chieh, pemilik toko teh “Chun Shui Tang“ yang berlokasi di Taichung, Taiwan. Bahan-bahan untuk pembuatan boba sendiri sangatlah sederhana, kita hanya memerlukan tepung tapioka dan juga gula merah. Di negaranya sendiri, boba biasa disajikan bersama air teh ataupun air gula. Namun di zaman sekarang ini, Boba banyak disajikan bersama dengan susu.

BUDAYA HIDUP SEHAT

Semua orang di dunia ini tentunya ingin hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun tidak sedikit dari mereka yang mengatakan bahwa menjalankan kehidupan yang sehat itu sangat sulit di era modern ini. Maka dari itu saya ingin mengajak para pembaca untuk mencoba beberapa tips yang di mana akan membantu kalian untuk mendapatkan kehidupan yang sehat.

TIPS BERBAUR DI LINGKUNGAN PERKULIAHAN

Halo Teman-teman KMBD, pasti di antara kalian pernah merasakan susahnya berinteraksi dengan orang lain saat pertama kali memasuki jenjang yang lebih tinggi? Pastinya sebagian dari kalian pernah merasakannya. Nah, sebenarnya di sukai dan memiliki banyak teman itu merupakan hal yang paling di inginkan oleh setiap orang. Tetapi berbaur dengan seseorang di lingkungan baru itu tidak sesulit yang kamu pikirkan melainkan hanya memerlukan sebuah proses. Pada artikel ini saya akan berbagi beberapa cara agar teman-teman mudah dalam berbaur dengan seseorang.

APA ITU HARI METTA?

Halo teman - teman se-Dhamma yang berbahagia, sudah tahukan kalian tentang hari metta? Hari metta secara umum adalah hari dimana biasanya umat melakukan fang-shen atau pelepasan hewan ke habitatnya. Sebenarnya, hari metta yang kita peringati setiap tanggal 1 Januari selama ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kehidupan Sang Buddha. Lalu, kenapa umat Buddha memperingati hari metta ini?

4 Alasan Mengapa harus Memulai Investasi Sejak Dini

Halo teman – teman! Pernahkah kalian berpikir akan seperti apa kehidupan kalian di masa depan nanti? Banyak orang yang belum memikirkan akan seperti apa kehidupannya ke depan nanti. Memikirkan masa depan sangat penting terutama pada saat kalian sedang duduk di bangku kuliah untuk dapat mempersiapkan hari tua. Persiapan tersebut dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah investasi. Melakukan investasi merupakan hal yang dapat anda lakukan sejak dini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa investasi itu perlu dilakukan mulai dari sekarang:

Pengalaman Hidup

Namo Buddhaya, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai sikap dan sifat yang dimiliki oleh setiap orang. Kita sebagai manusia yang lahir di dunia ini tentu memiliki karakter yang berbeda-beda terhadap orang lain. Karakter inilah yang mencerminkan sebagai siapa diri kita masing-masing. Kata teman-teman, sewaktu SMA saya adalah orang yang pendiam, baik hati, sabar dan suka menolong. Namun, apakah saya dilahirkan demikian? Tentu saja tidak. Karakter yang tertanam dalam diri kita masing-masing ini terbentuk seiring berjalannya waktu, dimana kita mengalami berbagai macam pengalaman seperti pengalaman yang positif maupun negatif.

Mengapa Langit itu Berwarna Biru?

Mungkin pertanyaan ini terkesan sepele, akan tetapi pernahkah terbesit di benak kalian mengapa langit itu berwarna biru? Apa mungkin karena adanya titik-titik air di atmosfer ataukah pantulan dari air di lautan? Padahal pada kenyataannya hal tersebut merupakan suatu persepsi yang salah. Sebenarnya ada penjelasan ilmiahnya. Daripada kalian menebak-nebak darimana sih asal warna biru tersebut, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak

Pada era sekarang smartphone sudah menjadi benda wajib yang harus dimiliki semua orang. Mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, mungkin sampai nenek kalian pun memiliki smartphone. Smartphone sudah sangat melekat dan mengisi keseharian kita, seperti belajar, bermain, bahkan ada yang ketika ke toilet pun membawa smartphone. Ketergantungan kita terhadap smartphone sudah sangat memprihatinkan karena ketika kita lupa menaruh smartphone, pasti kita akan panik karena selain harga yang mahal kita juga akan sulit mendapatkan informasi dan menghubungi kerabat.

Berusaha

Di dalam kehidupan, segala kejadian sering kali disangkut pautkan dengan nasib. Kendati sudah menjadi bagian dari keseharian kita, yang dinamakan nasib selalu sulit untuk kita prediksi. Seperti halnya roda, hidup terus berputar baik di jalan yang mulus maupun jalan berbatu, meski kita tidak pernah benar-benar tahu sampai kita menghadapinya. Oleh sebab itu, hidup bagaikan sebuah kotak penuh kejutan. Ada kejutan yang menyenangkan, namun pasti ada pula yang kurang diinginkan.

Cinta Kasih Di Kehidupan Sehari-hari

Hallo! Namo Buddhaya teman-teman se-Dhamma! Pada kali ini, kita akan membahas tentang cinta kasih (Metta). Kalian pasti tau kan? Apa itu cinta kasih (Metta)? Cinta kasih (Metta) adalah cinta kasih yang universal. Cinta kasih yang tanpa pamrih dan ikhlas. Sang Buddha mengajarkan kita cinta kasih yang universal.

Terbebas dari Stress dengan Menerapkan Hidup Minimalis

Gaya hidup seseorang sangat mempengaruhi suasana hati seseorang. Misalnya, dengan gaya hidup yang sederhana dapat menghindarkan kita dari stress. Hidup didampingi dengan banyak barang dianggap sangat menyusahkan oleh beberapa orang. Gaya hidup minimalis sangat dipengaruhi oleh pola pikir seseorang. Ketika seseorang memiliki pola pikir yang sederhana maka hidupnya pun akan dibuat sesederhana mungkin dan menimbulkan gaya hidup yang minimalis. Tidak ada batasan dimana seseorang menjadi minimalis itu harus memiliki jumlah barang tertentu.

Pelantikan KMBD Periode 31

Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University pada hari Minggu, 5 Januari 2020 mengadakan pelantikan kepengurusan baru KMB Dhammavaddhana Periode 31. Pelantikan ini dihadiri oleh seluruh aktivis, pengurus, pengurus inti dan perwakilan UKM/HMJ dari regional Kemanggisan maupun Alam Sutera. Pelantikan ini dihadiri oleh kurang lebih 300an orang. Acara pelantikan ini menjadikan langkah awal bagi kepengurusan tahun 2020 untuk memajukan KMB Dhammavaddhana. Tentunya banyak hal yang ingin diraih dalam segi pengembangan spiritual Buddhis, kekeluargaan, dan tentunya rasa memiliki antar sesama warga KMBD.

WAWASAN GLOBAL DAN PANCASILA

Wawasan global merupakan suatu proses yang dirancang untuk mempersiapkan dasar intelektual guna memasuki kehidupan yang kompetitif sehingga bisa diterapkan dengan baik. Salah satu yang menjadi kunci dari adanya wawasan global adalah adanya pengetahuan akan ideologi yakni Pancasila. Tantangan yang tengah dihadapi oleh rakyat Indonesia khususnya anak muda adalah dengan adanya perkembangan teknologi dan juga kecenderungan bagi generasi muda yang seringkali mengikuti trend yang ada. Gaya hidup hedonisme, materialisme, konsumtif merupakan bagian hidup dari sebagian masyarakat khususnya anak muda.

Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Di musim pancaroba seperti sekarang ini, cuaca berubah tak menentu. Hal ini membuat sistem imun tubuh kita menjadi tidak kuat yang mengakibatkan tubuh mudah jatuh sakit. Di tambah lagi dengan adanya pandemi global, yang membuat daya tahan tubuh kita semakin lemah. Dalam hal ini, anda perlu meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar dapat menangkal segala penyakit yang datang.

HOW TO NOT INFECTED BY CORONAVIRUS

Seiring waktu, lingkungan pun bisa menjadi lebih kasar dan juga lebih berbahaya bagi kita maupun lingkungan kita sendiri. Terutama kejadian belakangan ini yang menjadi sebuah bencana dunia atau pandemik dari virus yang bernama Coronavirus (COVID-19) Virus ini bermula dari Wuhan, China dan sudah menyebar di Indonesia. Hal ini membuat penduduk Indonesia menjadi panik. Namun, jangan khawatir teman - teman! Saya akan memberikan beberapa tips yang dapat membuat kamu tetap terjaga dan bisa selamat dari pandemik COVID-19 ini!

Komunikasi Bukan Hanya Untuk Orang yang Senang Berbicara

Sebagai mahasiswi komunikasi, saya sering mendengar banyak orang membayangkan saya sebagai seorang yang sangat handal dalam berkomunikasi, terutama ketika mengobrol dengan orang atau berbicara di depan umum. Kerap kali, saya juga dianggap sebagai ekstrovert karena kemampuan komunikasi yang lebih baik dibanding lainnya. Tetapi tidak demikian, dengan kesempatan ini saya ingin bercerita menurut pandangan saya tentang komunikasi.

Mari Kita Mengenal Agama Buddha

Agama Buddha adalah suatu ajaran yang sudah ada sejak 2540 tahun lalu yang berasal dari Anak Benua Asia. Ajaran ini ditemukan dan diajarkan oleh Sang Buddha atau Siddharta Gautama sebelum beliau mencapai pencerahan sempurna. Saat ini sekitar 475 juta orang di seluruh dunia menganut agama ini.

Perjuangan Nelson Mandela Terhadap Apartheid

Nelson Rolihlahla Mandela atau yang biasa yang disebut dengan Nelson Mandela dikenal sebagai salah satu tokoh perdamaian paling terkenal di dunia yang berasal dari Afrika Selatan. Nelson Mandela juga dikenal sebagai pejuang kemerdekaan melalui kegiatan anti-apartheidnya yang terkenal. Ia juga merupakan tokoh peraih Nobel Perdamaian.

Memangnya Agama Buddha itu Menyembah Patung?

Halo teman-teman se-Dhamma, kalian pasti sering sekali kan mendengarkan kata “hoaks"? Hoaks sudah ada sejak zaman dahulu. Dalam kehidupan Sang Buddha, berita palsu juga menerpa diri-Nya yang disebarkan oleh umat kepercayaan lain yang iri dan berusaha untuk menjatuhkan nama-Nya. Pada masa sekarang pun Agama Buddha masih sering sekali diterpa oleh hoaks. Beberapa diantaranya yaitu:

Pembelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Virus Corona Berdasarkan Ajaran Agama Buddha

Hallo teman-teman se-Dhamma, seperti yang sudah teman-teman ketahui, saat ini sedang mewabahnya virus corona, jutaan orang terinfeksi di dunia, oleh karena itu penting sekali teman-teman untuk hidup sehat serta tetap berada di rumah atau bekerja dari rumah untuk menghentikan penyebaran virus corona ini. Nah, apasih pelajaran yang bisa kita ambil dari virus corona ini berdasarkan dengan ajaran agama Buddha?

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Penyebaran COVID-19 yang begitu cepat membuat masyarakat semakin waspada. Namun, masyarakat dihimbau untuk tidak panik dengan penyebaran virus Covid-19 tersebut. Salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap warga adalah menjaga daya tahan tubuh. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Tips untuk Menghindari Kejahatan Ketika Pandemi COVID-19

Dalam keadaan pandemi COVID-19 ini, banyak sekali kejadian-kejadian yang sangat tidak diinginkan itu terjadi seperti terjadinya perampasan barang berharga, pencurian barang dirumah ataupun penipuan. Semua orang menghalakan berbagai cara demi mendapatkan uang untuk sesuap nasi. Meskipun cara yang dilakukan itu salah, mereka tetap melakukan cara tersebut karena sudah tidak tahu lagi bagaimana untuk mendapatkan uang, dimana pekerjaan sehari-hari mereka tidak bisa dilakukan.