Pelantikan KMBD Periode 30

Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University pada hari Minggu, 6 Januari 2019 mengadakan pelantikan kepengurusan baru KMB Dhammavaddhana Periode 30.

3 Peristiwa Penting yang Diperingati Saat Waisak

Hallo teman-teman se-Dhamma, sebelumnya kalian pasti sudah tahu kan bulan mei ini umat Buddha di seluruh dunia akan merayakan perayaan apa? Jawabannya adalah waisak. Tujuan kita memperingati hari waisak ini adalah agar kita dapat mengingat 3 peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan Sang Buddha. Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”. Keputusan merayakan Trisuci ini dinyatakan dalam Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia (World Fellowship of Buddhists – WFB) yang pertama di Sri Lanka pada tahun 1950.

Harga Kerbau Sama dengan Harga Rumah

Tradisi potong kerbau sudah terjadi secara turun temurun di sebuah daerah di Indonesia yang bernama Toraja yang masih kental akan tradisinya. Rambu Solo merupakan sebuah perayaan ritual khas Toraja yang dimana ketika seseorang meninggal maka kerbau dan babi akan disembelih, karena penduduk setempat mempercayai bahwa arwah kerbau dan babi yang mati itu akan menemani arwah orang yang sudah meninggal tersebut menuju surga.

Interview Itu Mudah

Hallo teman – teman seDhamma! Buat kalian yang lagi kuliah nih pasti ada beberapa dari kalian yang ingin bekerja baik itu paruh waktu atau pun yang lainnya. Selain itu juga buat temen – temen yang sebentar lagi lulus juga pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang diharapkan dan sesuai. Untuk mendapatkan pekerjaan – pekerjaan tersebut pastilah ada beberapa langkah yang dilakukan atau harus dilewati. Tahap pertama yang terpenting adalah tahap wawancara dimana ini menjadi momok kebanyakan orang karena pada interview ini kita tidak tahu apa yang akan ditanyakan kepada kita. Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips dan trik untuk menghadapi wawaancara :

Tips Merawat Laptop

Hallo teman-teman seDhamma, kalian semua pasti punya laptop masing – masing kan.Bagaikan seorang anak, Namun bagi kita yang memiliki laptop terkadang suka melupakan hal – hal kecil yang harus diperhatikan dari laptop kita, sehingga kerap kali laptop kita memiliki berbagai masalah mulai dari baterai yang bocor, layer retak, mesin cepat panas dan lainnya. Walau hal sekecil apapun laptop itu sendiri haruslah kita rawat dengan baik sehingga dapat tetap awet dan tetap memberikan performa yang terbaik. Berikut adalah 5 tips untuk merawat laptop kalian

Tips Menghadapi Ujian

Hallo teman – teman seDhamma sebentar lagi kita semua akan menghadapi Ujian Tengah Semester. Ujian Tengah Semester ini menjadi momok yang cukup menakutkan bagi kita semua para mahasiswa. Tingkat kesulitan yang tidak jauh berbeda dengan Ujian Akhir Semester membuat tidak sedikit mahasiswa yang berusaha sebisa mungkin untuk dapat lulus pada momen ini. Pada artikel ini saya ingin membagikan beberapa tips tentang bagaimana belajar agar dapat menghadapi Ujian Tengah Semester dengan mudah :

Mendapatkan Kulit Cerah dengan Mudah

Hallo Sahabat KMBD, adakah diantara kalian yang menginginkan kulit putih dan cerah? pasti semuanya mau dong apalagi untuk kaum hawa. Sahabat semua tahu tidak, kalau untuk mendapatkan itu semua tidak perlu biaya yang mahal dan juga mudah untuk dilakukan Pada artikel kali ini aku mau berbagi beberapa tips yang dapat sahabat semua lakukan untuk mendapatkan kulit putih dan cerah.

Kopi, Si Minuman Hitam Banyak Manfaat

Kopi merupakan minuman yang sangat sering kita jumpai di sekitar kita setiap harinya. Mulai dari kopi murni, kopi dengan tambahan seperti creamer atau susu, sampai kopi dengan rasa-rasa yang beragam. Kopi juga telah menjadi gaya hidup sebagian orang yang biasa kita sebut sebagai “Penikmat Kopi”. Meminum kopi juga dipercaya dapat meningkatkan produktivitas, sehingga kopi sangat digemari oleh masyarakat dunia.

Artificial Intelligence Pada Kanker

Seperti apa pelayanan kesehatan di masa depan nanti, di mana Artificial Intilligence (kecerdasan buatan) sudah sangat canggih? Dokter, ilmuan, dan banyak peneliti sudah lama mempertanyakan dan mencari jawaban untuk pertanyaan tersebut. Sejak tahun 1956 saat kata AI sudah mulai digunakan oleh John McCarthy, penggunaannya selalu berubah ubah sampai sekarang. Dari komputer generasi awal yang bila dilihat kembali, sangat berbeda dengan komputer yang sangat canggih di jaman sekarang, AI juga akan terus berevolusi secara terus menerus seiring berkembangnya ilmu teknologi.

Detox Sosial Media

Detox adalah istilah yang sering kali digunakan dalam dunia kesehatan dalam membuang zat buruk dari tubuh. Tapi, pernahkah kamu mendengar istilah detox social media? Berbeda dengan detox diet yang membuang racun dari dalam tubuh, detox social media justru membantu membuang semua racun yang menggangu mental, sehingga kita terbangun dan hidup dalam realita. Tapi sadarkah kamu bahwa mengkonsumsi terlalu banyak social media seperti Instagram juga tidak baik? Jika kamu merasa sudah mencicipi media sosial berlebihan, maka kamu harus banget baca artikel ini sampai selesai.

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

Apakah kalian sudah mengetahui apa itu meditasi ? Jika kalian sering mengikuti Chanting, Buddhist Education Class, Dhamma Class, bahkan kebaktian di hari Minggu di Vihara atau kelenteng, pastinya sudah sering melakukan meditasi setelah membaca Paritta Suci. Jadi, Meditasi itu adalah bagian dari Samma Samadhi yang berpusat kepada fokus atau konsentrasi benar pada suatu objek tertentu yang dapat melibatkan melepaskan pikiran yang dapat membebani pikiran kehidupan kita sehari- hari dan juga dapat merorientasikan untuk semua makhluk hidup berbahagia.

Pantangan Saat Imlek

Tahun Baru China atau biasa disebut Imlek menjadi momen penting bagi orang yang merayakan dan sering diisi oleh aktivitas bersama dengan keluarga. Imlek identik dengan memberikan tanda bakti dan berterima kasih kepada orang tua yang telah membersarkan mereka. Ini terlihat dari kebiasaan orang yang mudik dan membawa oleh-oleh seperti baju, buah, kue, dan lain-lain.

Mitos-mitos Pada Saat Imlek

Tahun Baru Imlek merupakan hari yang sangat penting bagi masyarakat etnis Tionghua. Tahun baru imlek ini juga merupakan salah satu budaya yang sakral yang banyak dilakukan oleh masyarakat keturunan Tionghua. Di seluruh dunia, masyarakat keturunan Tionghoa menyambut dan merayakan imlek dengan penuh sukacita. Namun tidak hanya itu, ada juga mitos yang mewarnai hari imlek. Mitos tersebut masih dipercayai oleh semua masyarakat keturunan Tionghoa sampai sekarang. Mitos-mitos yang masih dipercayai pada saat imlek adalah :

Santapan Wajib Saat Tahun Baru Imlek

Tahun baru imlek merupakan suatu agenda wajib bagi keluarga keturunan Tiongkok sebagai ajang untuk merayakan tahun baru serta berkumpul bersama keluarga. Dimana disaat tersebutlah menjadi saat yang tepat untuk makan bersama keluarga. Saat merayakan tahun baru imlek, terdapat beberapa santapan yang wajib disantap saat tahun baru imlek bersama keluarga. Santapan khas imlek juga memiliki makna didalamnya, kemudian juga memiliki simbol harapan, dan menjadi harapan untuk sepanjang tahun depan yang akan dihadapi, seperti kesehatan dan keberuntungan yang melimpah.

9 Fakta Mengejutkan Tentang Keluarga Kerajaan Inggris

Anggota kerajaan Inggris memang dikenal sebagai keluarga yang sangat menjaga privasi, namun terdapat 9 fakta mengejutkan tentang keluarga kerajaan Inggris yang menarik dan cukup lucu!

6 Fakta Tentang Pizza

Berikut adalah 6 fakta tentang pizza

4 Kebiasaan yang Berbahaya Bagi Tubuh

Dalam menjaga kesehatan tubuh, sebagian orang akan melakukan sederet cara untuk mewujudkannya. Mulai dari mengonsumsi pil vitamin, sampai dengan memakai hand-sanitizer, ternyata hal-hal tersebut memiliki dampak yang buruk bagi tubuh, yuk mari kita telusuri lebih lanjut mengenai beberapa hal yang buruk bagi tubuh.

Cokelat Bagi Kesehatan

Cokelat adalah bahan makanan yang dibuat dari biji kakao, kemudian cokelat akan digunakan untuk membuat minuman ataupun makanan seperti kue, es coklat dan lain sebagainya. Selain memiliki rasa yang enak, dalam cokelat juga terkandung beberapa zat gizi makro dan zat gizi mikro. Zat gizi makro yang ada di dalam kandungan cokelat yaitu protein, lemak, dan karbohidrat sebagai energi. Sedangkan zat gizi mikro yaitu mineral dan vitamin.

Kesehatan Menurut Dhamma

Kesehatan begitu penting dan berharga dalam kehidupan ini. Meskipun orang memiliki harta berlimpah, apabila dia sakit, maka harta tersebut tidak dapat membuat dia bahagia. Dia tidak bisa membayar orang lain untuk menggantikan sakitnya. Meskipun dia memiliki kedudukan yang tinggi, bawahan yang jumlahnya tidak terbatas, kalau dia sakit, kedudukan tersebut tidak dapat membuat dia bahagia. Meskipun dia berdiam di tempat tinggal seperti istana, kalau dia sakit, tempat tinggal tersebut tidak dapat memberikan kenyamanan. Meskipun ia memiliki banyak makaan enak dan berlimpah, kalau dia sakit, makanan tersebut tidak dapat membawa kebahagiaan. Oleh karena itu, betapa berbahagianya orang sehat.

Tips Mengurangi Konsumsi Minuman Manis Untuk Kesehatan

Hallo teman-teman seDharmma, siapa sih yang tidak suka minuman manis-manis. Bagi generasi jaman sekarang, banyak kuliner yang muncul seperti thai tea, es kepal milo, chattime, dan lain-lain. Dalam hal ini, kita harus mengurangi komsumsi minuman bermanis sehingga menghindari penyakit. Walaupun suka minum minuman manis tetap saja kita harus mengurangi komsumsi dalam menjaga kesehatan jasmani. Ini lah 7 tips mengurangi komsumsi minuman manis untuk tidak terbiasa

Tips Buat Belajar Dance

Dance adalah salah satu kesenian yang lumayan banyak diminati, apalagi dance memiliki banyak genrenya seperti hip-hop, urban, pop, kpop, tradisional, modern dan masih banyak lagi. Membuat banyak orang ingin dapat mneguasai dance, tapi belum tentu semua orang bisa dance, banyak kendala-kendala tertentu. Berikut ini adalah tips bagi teman-teman semua yang mau belajar dance.

Tips Dalam Bermain Futsal

Futsal merupakan permainan sepak bola yang dimainkan oleh dua tim, yang dimana masing-masing tim beranggota 5 orang pemain. Futsal pertama kali dimainkan pada tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani di Uruguay. Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pada 1984.

Tips and Trick Bermain Teater

Nah sebelumnya udah tau belum seni teater itu apa, hehe? Teater itu adalah seni pertunjukan drama yang dipentaskan diatas panggung, yang penampilannya sendiri menampilkan pertunjukan seni drama manusia yang dipadukan dengan gerak, tari, dan nyanyian dengan dialog dan acting para pemainnya.

Tips and Trick Badminton

Pasti udah pada tau dong olahraga yang paling popular di Indonesia? Yupss Badminton. Badminton itu merupakan sebuah olahraga raket yang dalam permainannya dilakukan oleh dua orang yang saling berlawanan untuk permainan tunggal. Dan untuk permainan ganda menggunakan dua pasangan yang saling berlawanan.

Perayaan Hari Raya Waisak di Berbagai Negara

Hari Raya Waisak merupakan salah satu dari empat Hari Raya dalam agama Buddha. Hari Raya ini memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha, yaitu: Hari kelahiran Pangeran Sidharta, Pangeran Sidharta mencapai ke-Buddha-an, serta wafatnya Buddha Gotama. Hari Raya Waisak jatuh pada puncak bulan purnama pertama bulan Mei. Berbagai negara menggelar acara dengan tradisi yang berbeda untuk menyambut Hari Raya Waisak setiap tahunnya.

Pesan Buddha Kepada Muridnya Sebelum Parinibbāna

Pangeran Siddhata dilahirkan pada tahun 632 SM di Taman Lumbini, ia lahir dalam keadaan bersih tanpa noda, berdiri tegak dan langsung dapat berjalan sebanyak tujuh langkah ke arah utara dan tempat yang dipijakinya ditumbuhi bunga teratai.

Perbedaan 3 Aliran dalam Agama Buddha

Agama Buddha biasanya dibagi menjadi 2 atau 3 aliran utama. Theravada adalah aliran yang tertua dan kebanyakan bisa ditemukan di Asia Tenggara. Mahayana adalah aliran agama Buddha yang dianut orang-orang Cina, Jepang, dan negara Asia Timur lainnya. Sedangkan Vajrayana umumnya dihubungkan dengan Tibet meskipun banyak orang memberikan argumen bahwa Vajrayana hanyalah cabang dari salah satu aliran di atas.

Mata Minus

Apakah kalian tau bahwa kita sebagai seorang mahasiswa, mata itu sangat penting kita jaga. Kenapa? Karena Mata merupakan indera penglihatan yang dimiliki oleh manusia dan juga hewan, tanpa mata kita tidak dapat melihat hal ataupun benda yang ada disekitar kita. Mata juga dapat memiliki masalah, seperti mata minus dan silinder. Lalu kenapa hal tersebut dapat terjadi? Nah, disini kita akan membahas nya lebih lanjut, namun kita akan lebih fokus pada permasalahan mata minus. Sebelum jauh membahas penyebab nya, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu mata minus. Mata minus biasa dikenal dengan rabun jauh, atau kesulitan untuk melihat benda jarak jauh.

5 Fakta Unik Tentang Mimpi

Pastinya kita semua tidak ada yang tidak pernah bermimpi. Mimpi dapat dikatakan sebagai sebuah fenomena yang ajaib, unik, serta sangat misterius tentunya. Ternyata di balik kemisteriusan dan fenomena mimpi saat tidur itu memiliki banyak sekali fakta fakta unik yang menarik untuk dibahas dan perlu untuk kita ketahui. Berikut adalah 5 fakta unik tentang mimpi.

Dampak negatif dari Konsumsi Bubble Drink

Bubble drink atau minuman boba adalah minuman yang disajikan dengan topping bola-bola manis atau yang biasa kita sebut boba. Boba sendiri mulai diperkenalkan oleh Liu Han Chieh, pemilik toko teh “Chun Shui Tang“ yang berlokasi di Taichung, Taiwan. Bahan-bahan untuk pembuatan boba sendiri sangatlah sederhana, kita hanya memerlukan tepung tapioka dan juga gula merah. Di negaranya sendiri, boba biasa disajikan bersama air teh ataupun air gula. Namun di zaman sekarang ini, Boba banyak disajikan bersama dengan susu.

BUDAYA HIDUP SEHAT

Semua orang di dunia ini tentunya ingin hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun tidak sedikit dari mereka yang mengatakan bahwa menjalankan kehidupan yang sehat itu sangat sulit di era modern ini. Maka dari itu saya ingin mengajak para pembaca untuk mencoba beberapa tips yang di mana akan membantu kalian untuk mendapatkan kehidupan yang sehat.

TIPS BERBAUR DI LINGKUNGAN PERKULIAHAN

Halo Teman-teman KMBD, pasti di antara kalian pernah merasakan susahnya berinteraksi dengan orang lain saat pertama kali memasuki jenjang yang lebih tinggi? Pastinya sebagian dari kalian pernah merasakannya. Nah, sebenarnya di sukai dan memiliki banyak teman itu merupakan hal yang paling di inginkan oleh setiap orang. Tetapi berbaur dengan seseorang di lingkungan baru itu tidak sesulit yang kamu pikirkan melainkan hanya memerlukan sebuah proses. Pada artikel ini saya akan berbagi beberapa cara agar teman-teman mudah dalam berbaur dengan seseorang.

APA ITU HARI METTA?

Halo teman - teman se-Dhamma yang berbahagia, sudah tahukan kalian tentang hari metta? Hari metta secara umum adalah hari dimana biasanya umat melakukan fang-shen atau pelepasan hewan ke habitatnya. Sebenarnya, hari metta yang kita peringati setiap tanggal 1 Januari selama ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kehidupan Sang Buddha. Lalu, kenapa umat Buddha memperingati hari metta ini?

4 Alasan Mengapa harus Memulai Investasi Sejak Dini

Halo teman – teman! Pernahkah kalian berpikir akan seperti apa kehidupan kalian di masa depan nanti? Banyak orang yang belum memikirkan akan seperti apa kehidupannya ke depan nanti. Memikirkan masa depan sangat penting terutama pada saat kalian sedang duduk di bangku kuliah untuk dapat mempersiapkan hari tua. Persiapan tersebut dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah investasi. Melakukan investasi merupakan hal yang dapat anda lakukan sejak dini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa investasi itu perlu dilakukan mulai dari sekarang:

Pengalaman Hidup

Namo Buddhaya, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai sikap dan sifat yang dimiliki oleh setiap orang. Kita sebagai manusia yang lahir di dunia ini tentu memiliki karakter yang berbeda-beda terhadap orang lain. Karakter inilah yang mencerminkan sebagai siapa diri kita masing-masing. Kata teman-teman, sewaktu SMA saya adalah orang yang pendiam, baik hati, sabar dan suka menolong. Namun, apakah saya dilahirkan demikian? Tentu saja tidak. Karakter yang tertanam dalam diri kita masing-masing ini terbentuk seiring berjalannya waktu, dimana kita mengalami berbagai macam pengalaman seperti pengalaman yang positif maupun negatif.

Mengapa Langit itu Berwarna Biru?

Mungkin pertanyaan ini terkesan sepele, akan tetapi pernahkah terbesit di benak kalian mengapa langit itu berwarna biru? Apa mungkin karena adanya titik-titik air di atmosfer ataukah pantulan dari air di lautan? Padahal pada kenyataannya hal tersebut merupakan suatu persepsi yang salah. Sebenarnya ada penjelasan ilmiahnya. Daripada kalian menebak-nebak darimana sih asal warna biru tersebut, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak

Pada era sekarang smartphone sudah menjadi benda wajib yang harus dimiliki semua orang. Mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, mungkin sampai nenek kalian pun memiliki smartphone. Smartphone sudah sangat melekat dan mengisi keseharian kita, seperti belajar, bermain, bahkan ada yang ketika ke toilet pun membawa smartphone. Ketergantungan kita terhadap smartphone sudah sangat memprihatinkan karena ketika kita lupa menaruh smartphone, pasti kita akan panik karena selain harga yang mahal kita juga akan sulit mendapatkan informasi dan menghubungi kerabat.

Berusaha

Di dalam kehidupan, segala kejadian sering kali disangkut pautkan dengan nasib. Kendati sudah menjadi bagian dari keseharian kita, yang dinamakan nasib selalu sulit untuk kita prediksi. Seperti halnya roda, hidup terus berputar baik di jalan yang mulus maupun jalan berbatu, meski kita tidak pernah benar-benar tahu sampai kita menghadapinya. Oleh sebab itu, hidup bagaikan sebuah kotak penuh kejutan. Ada kejutan yang menyenangkan, namun pasti ada pula yang kurang diinginkan.

Cinta Kasih Di Kehidupan Sehari-hari

Hallo! Namo Buddhaya teman-teman se-Dhamma! Pada kali ini, kita akan membahas tentang cinta kasih (Metta). Kalian pasti tau kan? Apa itu cinta kasih (Metta)? Cinta kasih (Metta) adalah cinta kasih yang universal. Cinta kasih yang tanpa pamrih dan ikhlas. Sang Buddha mengajarkan kita cinta kasih yang universal.

Terbebas dari Stress dengan Menerapkan Hidup Minimalis

Gaya hidup seseorang sangat mempengaruhi suasana hati seseorang. Misalnya, dengan gaya hidup yang sederhana dapat menghindarkan kita dari stress. Hidup didampingi dengan banyak barang dianggap sangat menyusahkan oleh beberapa orang. Gaya hidup minimalis sangat dipengaruhi oleh pola pikir seseorang. Ketika seseorang memiliki pola pikir yang sederhana maka hidupnya pun akan dibuat sesederhana mungkin dan menimbulkan gaya hidup yang minimalis. Tidak ada batasan dimana seseorang menjadi minimalis itu harus memiliki jumlah barang tertentu.

Pelantikan KMBD Periode 31

Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University pada hari Minggu, 5 Januari 2020 mengadakan pelantikan kepengurusan baru KMB Dhammavaddhana Periode 31. Pelantikan ini dihadiri oleh seluruh aktivis, pengurus, pengurus inti dan perwakilan UKM/HMJ dari regional Kemanggisan maupun Alam Sutera. Pelantikan ini dihadiri oleh kurang lebih 300an orang. Acara pelantikan ini menjadikan langkah awal bagi kepengurusan tahun 2020 untuk memajukan KMB Dhammavaddhana. Tentunya banyak hal yang ingin diraih dalam segi pengembangan spiritual Buddhis, kekeluargaan, dan tentunya rasa memiliki antar sesama warga KMBD.

WAWASAN GLOBAL DAN PANCASILA

Wawasan global merupakan suatu proses yang dirancang untuk mempersiapkan dasar intelektual guna memasuki kehidupan yang kompetitif sehingga bisa diterapkan dengan baik. Salah satu yang menjadi kunci dari adanya wawasan global adalah adanya pengetahuan akan ideologi yakni Pancasila. Tantangan yang tengah dihadapi oleh rakyat Indonesia khususnya anak muda adalah dengan adanya perkembangan teknologi dan juga kecenderungan bagi generasi muda yang seringkali mengikuti trend yang ada. Gaya hidup hedonisme, materialisme, konsumtif merupakan bagian hidup dari sebagian masyarakat khususnya anak muda.

Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Di musim pancaroba seperti sekarang ini, cuaca berubah tak menentu. Hal ini membuat sistem imun tubuh kita menjadi tidak kuat yang mengakibatkan tubuh mudah jatuh sakit. Di tambah lagi dengan adanya pandemi global, yang membuat daya tahan tubuh kita semakin lemah. Dalam hal ini, anda perlu meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar dapat menangkal segala penyakit yang datang.

HOW TO NOT INFECTED BY CORONAVIRUS

Seiring waktu, lingkungan pun bisa menjadi lebih kasar dan juga lebih berbahaya bagi kita maupun lingkungan kita sendiri. Terutama kejadian belakangan ini yang menjadi sebuah bencana dunia atau pandemik dari virus yang bernama Coronavirus (COVID-19) Virus ini bermula dari Wuhan, China dan sudah menyebar di Indonesia. Hal ini membuat penduduk Indonesia menjadi panik. Namun, jangan khawatir teman - teman! Saya akan memberikan beberapa tips yang dapat membuat kamu tetap terjaga dan bisa selamat dari pandemik COVID-19 ini!

Komunikasi Bukan Hanya Untuk Orang yang Senang Berbicara

Sebagai mahasiswi komunikasi, saya sering mendengar banyak orang membayangkan saya sebagai seorang yang sangat handal dalam berkomunikasi, terutama ketika mengobrol dengan orang atau berbicara di depan umum. Kerap kali, saya juga dianggap sebagai ekstrovert karena kemampuan komunikasi yang lebih baik dibanding lainnya. Tetapi tidak demikian, dengan kesempatan ini saya ingin bercerita menurut pandangan saya tentang komunikasi.

Mari Kita Mengenal Agama Buddha

Agama Buddha adalah suatu ajaran yang sudah ada sejak 2540 tahun lalu yang berasal dari Anak Benua Asia. Ajaran ini ditemukan dan diajarkan oleh Sang Buddha atau Siddharta Gautama sebelum beliau mencapai pencerahan sempurna. Saat ini sekitar 475 juta orang di seluruh dunia menganut agama ini.

Perjuangan Nelson Mandela Terhadap Apartheid

Nelson Rolihlahla Mandela atau yang biasa yang disebut dengan Nelson Mandela dikenal sebagai salah satu tokoh perdamaian paling terkenal di dunia yang berasal dari Afrika Selatan. Nelson Mandela juga dikenal sebagai pejuang kemerdekaan melalui kegiatan anti-apartheidnya yang terkenal. Ia juga merupakan tokoh peraih Nobel Perdamaian.

Memangnya Agama Buddha itu Menyembah Patung?

Halo teman-teman se-Dhamma, kalian pasti sering sekali kan mendengarkan kata “hoaks"? Hoaks sudah ada sejak zaman dahulu. Dalam kehidupan Sang Buddha, berita palsu juga menerpa diri-Nya yang disebarkan oleh umat kepercayaan lain yang iri dan berusaha untuk menjatuhkan nama-Nya. Pada masa sekarang pun Agama Buddha masih sering sekali diterpa oleh hoaks. Beberapa diantaranya yaitu:

Pembelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Virus Corona Berdasarkan Ajaran Agama Buddha

Hallo teman-teman se-Dhamma, seperti yang sudah teman-teman ketahui, saat ini sedang mewabahnya virus corona, jutaan orang terinfeksi di dunia, oleh karena itu penting sekali teman-teman untuk hidup sehat serta tetap berada di rumah atau bekerja dari rumah untuk menghentikan penyebaran virus corona ini. Nah, apasih pelajaran yang bisa kita ambil dari virus corona ini berdasarkan dengan ajaran agama Buddha?

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Penyebaran COVID-19 yang begitu cepat membuat masyarakat semakin waspada. Namun, masyarakat dihimbau untuk tidak panik dengan penyebaran virus Covid-19 tersebut. Salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap warga adalah menjaga daya tahan tubuh. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Tips untuk Menghindari Kejahatan Ketika Pandemi COVID-19

Dalam keadaan pandemi COVID-19 ini, banyak sekali kejadian-kejadian yang sangat tidak diinginkan itu terjadi seperti terjadinya perampasan barang berharga, pencurian barang dirumah ataupun penipuan. Semua orang menghalakan berbagai cara demi mendapatkan uang untuk sesuap nasi. Meskipun cara yang dilakukan itu salah, mereka tetap melakukan cara tersebut karena sudah tidak tahu lagi bagaimana untuk mendapatkan uang, dimana pekerjaan sehari-hari mereka tidak bisa dilakukan.

Gaya Hidup Berdampingan Dengan COVID-19

Gaya hidup merupakan cara atau kebiasaan yang kita lakukan dalam kehidupan kita dan menjadi kegiatan rutin kita sehari-hari, mengisi waktu kita dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti olahraga, melakukan pekerjaan, dan banyak lainnya. Covid-19 telah mengguncang dunia yang menyebabkan banyaknya korban jiwa. Covid-19 juga telah mengguncang perekonomian dunia sehingga terjadinya krisis ekonomi pada setiap orang, tingkat kriminal meningkat, yang membuat timbunan kecemasan semakin besar. Pada kali ini saya akan membahas bagaimana hidup berdampingan dengan covid-19 karena pada dasarnya kita akan selalu hidup berdampingan.

Adik Kelas

Hari ini adalah hari terakhir bazar di sekolah saya. Pada bazar kali ini saya dan teman – teman sekelas membuat suatu wahana bermain di salah satu ruangan sekolah. Wahana kelas saya pada bazar kali ini bisa dibilang cukup sukses karena dari pagi sudah banyak sekali orang yang mengantri di depan kelas.

Mengenal Sang Buddha Melalui Dasa-Paramita

Bila mengulik lebih dalam mengenai sifat ataupun nilai-nilai yang ada pada Sang Buddha kita akan menemukan beberapa hal baik yang pada dasarnya bisa kita terapkan dalam menjalankan kehidupan kita sehari-harinya. Buddha dapat diartikan sebagai simbol dari hidup yang berkesadaran, berkesadaran diambil dari kata sadar yang berarti seseorang yang sadar akan kebenaran tentang apa yang ia pikirkan, ucapkan dan perbuat.

Peningkatan Wawasan Global di Era Globalisasi

Globalisasi merupakan faktor penting bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Globalisasi berperan penting dalam pembangunan kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia. Seiring perkembangan globalisasi, negara dituntut untuk memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. Untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia, masyarakat diharapkan meningkatkan kesadaran dan memperluas wawasan global. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan.

Peringatan Hari Raya Asadha

Hari Asadha Puja adalah salah satu perayaan yang penting bagi umat Buddha. Pada tahun 2020 ini Perayaan Asadha Puja ini jatuh pada tanggal 4 Juli 2020. Perayaan Asadha Puja adalah perayaan yang memperingati hari pertama kalinya sang Buddha membabarkan Dhamma kepada lima petapa yang bernama Kondanna, Bhadhiya, Vappa, Mahanama, Assaji di taman rusa Isipatana yang ada di Benares. Dhamma yang merupakan dasar ajaran Buddha yang dibabarkan oleh sang Buddha yang berupa Empat Kebenaran Mulia dan Jalan Tengah Berunsur Delapan menjadi ajaran utama Buddhisme.

Merasa Mudah Stress??

Hallo teman-teman seDhamma, kalian pasti pernah mengalami masa down atau stress karena tugas yang banyak kan. Nah, ada salah satu cara nih yang dapat membantu kalian mengurangi stress, yaitu kemampuan mengontrol pernapasan. Hal ini, akan membantu dalam mengurangi stress serta meningkatkan stabilitas otot-otot batang tubuh yang digunakan saat bernapas. Sehingga tubuh lebih kuat saat melakukan aktivitas fisik yang lebih berat. Berikut teknik pernapasan yang bisa kamu lakukan:

Manfaat Tidur apa aja sih?

Selama pembelajaran dirumah dan liburan banyak perubahan yang dirasakan oleh setiap orang salah satunya pada pola tidur. Banyak dari kita mengalami perubahan pola tidur menjadi lebih sering begadang daripada ketika kuliah seperti biasa. Alhasil terkadang waktu tidur kita kurang dari seharusnya dan sering terasa letih. Padahal menjaga pola tidur yang sehat adalah suatu keperluan yang penting bagi setiap orang agar dapat menjalani keseharian dengan optimal. Tahukah kamu ternyata kurang istirahat dan tidur dapat membuat kita cepat pikun? Selain itu banyak gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan dari kurang istirahat dan tidur juga. Maka dari itu penting bagi kita untuk tahu waktu tidur yang benar dan manfaat-manfaat dari istirahat dan tidur yang cukup.

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah gangguan susah tidur malam. Kekurangan tidur ataupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu. Ada beberapa faktor penyebab insomnia nih, dan beberapa tipsnya. Yuk disimak

Tips Produktif Selama Karantina

Aktivitas Work From Home dan Social Distancing di tengah wabah corona atau COVID-19 yang berlangsung beberapa pekan mungkin sedikit atau banyak membuat Anda bosan dan jenuh. Kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini agar tidak bosan dirumah:

Pandangan Terhadap Orang Lain

Perkenalkan nama saya Andres Holivin, sekarang saya sedang berkuliah di Binus University dan mengambil jurusan computer science. Saya ingin menceritakan sedikit tentang pengalaman pribadi saya akan pandangan saya terhadap orang lain

Berdoa dalam Agama Buddha

Halo teman – teman se-Dhamma, kalian pasti sering berdoa baik itu di rumah, di vihara ataupun di tempat lainnya. Namun, apakah kalian tahu bagaimana konsep berdoa dalam Agama Buddha?

Tips Usir Rasa Bosan!

ring kali ditengah pandemi seperti ini orang-orang yang mengeluh karena tidak bisa keluar jalan-jalan. Moda transportasi seperti pesawat, kapal, bus dan lain sebagainya dibatasi penggunaannya demi mencegah penularan virus COVID-19. Aktivitas yang biasa dilakukan diluar rumah terpaksa dilakukan di rumah seperti sekolah/kuliah, kerja dan masih banyak lagi. Hal ini justru dapat membuat kita stres. Untuk menghindari hal-hal seperti ini, saya akan memberikan beberapa tips untuk mengusir rasa bosan!

Wawasan Global

Derasnya arus globalisasi menyebabkan kemajuan di bidang teknologi, terutama teknologi komunikasi dan informasi, sehingga informasi yang datang dari negara lain dapat dengan mudah masuk ke suatu negara. Dikarenakan teknologi internet yang memudahkan seluruh orang di dunia dapat mengakses berbagai informasi tanpa mengenal waktu dan wilayah.

Yuk, Bisa Yuk!

Halo semuanya, pada kesempatan kali ini, saya ingin menceritakan pengalaman pribadi saya mengenai ketekunan. Apa itu Ketekunan? Ketekunan adalah kemampuan kamu untuk bertahan di tengah tekanan dan kesulitan.

IMPLEMENTASI NILAI KATHINA BAGI GENERASI MILENIAL

Peserta Lomba Menulis Artikel dalam rangkaian acara Kathina Puja

Kathina: Re-energizing Positive Energy

Peserta Lomba Menulis Artikel dalam rangkaian acara Kathina Puja

Berdana di masa pandemi ? Kenapa tidak ?

Peserta Lomba Menulis Artikel dalam rangkaian acara Kathina Puja

Kathina di generasi millennial

Peserta Lomba Menulis Artikel dalam rangkaian acara Kathina Puja

Kathina di Tengah Pandemi : Kaum Millenial Bisa Melakukannya

Peserta Lomba Menulis Artikel dalam rangkaian acara Kathina Puja

Memaknai Kathina dalam Generasi Millennial

Peserta Lomba Menulis Artikel dalam rangkaian acara Kathina Puja

Milenial, Si Filantropi Bermodal Ujung Jari

Peserta Lomba Menulis Artikel dalam rangkaian acara Kathina Puja

Peran Generasi Milenial Buddhis dalam Perayaan Kathina

Peserta Lomba Menulis Artikel dalam rangkaian acara Kathina Puja

Perayaan Kathina, Wadah Generasi Milenial untuk Berkreativitas

Peserta Lomba Menulis Artikel dalam rangkaian acara Kathina Puja

Menyapa Kathina dengan Jiwa Muda

Peserta Lomba Menulis Artikel dalam rangkaian acara Kathina Puja

Apakah Kamu Orang yang Hipersensitif Terhadap Penolakan ?

Pernahkah kalian sering merasa takut atau sering menghindari akan penolakan atau ketidaksetujuan dari orang lain? Jika iya, mungkin anda harus berhati-hati, karena mungkin saja itu merupakan gejala awal dari gangguan perilaku terhadap diri kita sendiri. Perlu kita tahu, penolakan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan sosial bisa jadi hal yang sangat menakutkan bagi seseorang. Jika tidak melakukan pencegahan atau penanganan secara dini maka seseorang dapat mengalami gangguan kepribadian AVPD (Avoidant Personality Disorder). Dan apa itu AVPD atau Avoidant Personality Disorder?

Happiness

“Hidup itu untuk apa?” Pertanyaan yang sangat simple, tapi mengandung arti dan makna yang dalam. Apa arti kehidupan?

Mindfulness

Mindfulness adalah sebuah praktik dalam agama Buddha dimana membantu kita untuk memusatkan perhatian penuh kepada apa yang kita lakukan, rasakan, dan pikirkan dengan cara yang tidak menghakimi atau menilai hal tersebut. Mindfulness sendiri memiliki kaitan erat dengan ‘sati’ yang memiliki arti perhatian, ingatan, dan lain-lain. ‘Sati’ dapat juga didefiniskan sebagai perenungan mendalam terhadap apa yang telah dilakukan dan dikatakan.

Wawasan Global

Halo, sahabat se-Dhamma. Kalian pasti sudah tahu dong perkembangan IPTEK saat ini berkembang sangat pesat. Nah, dampak dari perkembangan iptek ini memunculkan banyak permasalahan-permasalahan yang terjadi secara global. Untuk mengatasi dan menanggapi permasalahan yang sering muncul saat ini, maka kita harus mengerti dahulu apa penyebab permasalahan tersebut timbul.

Berinvestasi sebagai Mahasiswa Dikala Pandemi

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan saya tentang berinvestasi sebagai mahasiswa. Berinvestasi sendiri merupakan kegiatan menanamkan modal kepada instrument keuangan dengan tujuan mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang baik dari Capital Gain maupun dividend.

Generation Y and Generation Z: Different Lifestyle

Halo, teman-teman se-Dhamma! Tentu kita sudah sering mendengar berbagai jenis generasi di masa sekarang, yang akan kita fokuskan kali ini ialah Generasi Y dan Generasi Z yang saat ini mendominasi dunia perkuliahan dan dunia kerja. Generasi Y adalah mereka yang lahir dalam rentang tahun 1980 – 1994, sedangkan Generasi Z dalam rentang tahun 1995 – 2011.

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Green tea atau teh hijau merupakan salah satu minuman yang sering kali kita jumpai. Biasanya teh hijau dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, karena dipercaya dapat mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh kita. Teh hijau yang diseduh tanpa gula adalah minuman tanpa kalori dan berkafein lebih rendah daripada teh lainnya ataupun kopi. Teh hijau juga dianggap sebagai salah satu teh tersehat di dunia dan mengandung kadar antioksidan tertinggi dari teh manapun. Teh hijau juga mengandung katekin yang merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel.

Mengenal Garuka Kamma di Dalam Ajaran Agama Buddha

Hallo teman-teman se-Dhamma, kali ini saya akan menjelaskan tentang Garuka Kamma, sebelumnya kalian pasti sudah tahu kan tentang hukum karma? Nah kali ini saya akan lebih menjelaskan tentang Garuka Kamma. Sebelum mulai Garuka Kamma, mari kita mengulas sedikit tentang hukum karma.

5 Alasan Kenapa Kamu Bisa Senang dengan Gaya Hidup Minimalis

Di era modern ini tentunya akan semakin banyak barang dan kebutuhan yang menawarkan banyak pilihan untuk dibeli. Namun terkadang, banyak orang membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhannya atau hanya memuaskan keinginan sesaat. Seiring waktu, barang yang dibeli dan tidak terpakai ini akan menjadi pajangan belaka. Ini karena Anda tidak terlalu membutuhkan barang-barang ini.

Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?

Budaya bukan hanya hal konkret seperti lagu daerah atau rumah adat, namun juga menyangkut hal yang lebih dalam berupa nilai-nilai yang kemudian tertuang dalam simbol berupa karya. Oleh karena itu, ketakutan bahwa budaya tidak memiliki kekuatan tidaklah tepat. Justru, budaya merupakan elemen paling lengkap yang mampu memberikan dampak pada apa pun byang manusia sentuh.

Tak Coba Maka Tak Bisa

Mungkin sering kita mendengar pepatah tak kenal maka tak sayang. Kali ini saya membuat yang baru, yaitu tak coba maka tak bisa. Ini merupakan pengalaman nyata dan dapat dipraktekkan untuk semua orang. Sering kali kita berpikir ‘ah bukan bidang saya’, ‘saya tidak bisa’, ‘saya tidak mampu’, atau ‘saya tidak berbakat’. Hal ini merupakan pikiran yang muncul dibawah alam sadar kita. Percaya tidak percaya, kita dapat melakukan hal yang kita inginkan dengan bermodalkan niat dan usaha.

WAKTUNYA MOVIE TIME!

Halo teman teman Se-Dhamma! Setelah hampir 9 bulan kita melakukan social distancing dan #DiRumahAja, tentunya ada di antara kalian yang pasti merasa bosan dan tidak tahu ingin melakukan apa dirumah kan? Nah topik ini cocok nih buat kalian untuk mencoba mengisi waktu luang kalian untuk nonton film bareng.

Menanam Pohon Saja Tidak Cukup

Tentu kita sudah familiar dengan “global warming”, naiknya panas suhu permukaan bumi yang disebabkan oleh tingginya emisi karbon dioksida. Dampak global warming semakin parah dibuktikan pada Juli 2019 yang telah memecahkan rekor sebagai bulan Juli terpanas sepanjang masa. Ditambah lagi dengan kebakaran hutan di berbagai daerah. Ada yang seluas 100,000 lapangan sepak bola! Sangat menyeramkan, bukan?

Perubahan Gaya Hidup Saat Pandemi Covid-19

Semenjak merebaknya COVID-19 di Indonesia, kehidupan semua orang mulai berubah. Gaya hidup yang diterapkan mulai jauh berbeda dibandingkan dengan yang biasanya. Mulai dari kebiasaan anak muda yang sering berpergian ke tempat perbelanjaan seperti mall atau tempat nongkrong seperti kafe sampai orang-orang yang biasanya pergi keluar kota maupun negeri untuk berwisata. Semua orang seakan terkurung dalam rumahnya masing-masing karena peraturan pemerintah yang ditetapkan.

5 Tips Menemukan Passion Dalam Diri Kamu

Halo teman-teman se-Dhamma! Apakah kamu saat ini sedang kebingungan menemukan passion-mu? Jika iya, tenang aja untuk menemukan passion di dalam diri itu membutuhkan sebuah proses, jadi jangan berkecil hati jika kamu masih belum menemukan passionmu. Tapi selagi masih muda, sebaiknya kamu dapat segera menemukan passionmu. Karena semakin cepat kamu menemukannya, maka akan muncul banyak kesempatan yang dapat kamu coba untuk lakukan. Berikut 5 tips untuk membantu kamu menemukan passionmu.

Indahnya Dunia Satu Keluarga

Bumi merupakan suatu planet yang merupakan tempat hidupnya banyak ragam jenis makhluk. Beberapa diantaranya yaitu manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Dalam pembahasan rinci tentang manusia, manusia terdiri atas berbagai suku, budaya, warna kulit, ras, bahasa, dan lain sebagainya. Dalam jenis keberagaman yang hadir ditengah-tengah masyarakat bisa jadi perbedaan membuat kita gagal melihat persamaan dan kebersamaan.

Perayaan Magha Puja 2564 B.E. / 2021 KMB Dhammavaddhana BINUS University

Namo Buddhaya🙏 KMB Dhammavaddhana Binus University proudly presents Magha Puja 2564 B.E./2021 “Strong with the Heart of Dhamma” Kami mengundang saudara/i untuk menghadiri acara perayaan Magha Puja 2564 B.E./2021 dalam rangka memperingati empat peristiwa penting, yaitu: 1. Seribu dua ratus lima puluh orang bhikkhu datang berkumpul tanpa undangan atau perjanjian. 2. Mereka semuanya telah mencapai tingkat kesucian yang tertinggi, yaitu arahat 3. Mereka semuanya memiliki enam abhinna atau kesaktian. 4. Mereka semua ditahbiskan oleh Sang Buddha dengan ucapan “Ehi Bhikkhu”.

Menikmati Hidup

Halo teman-teman se-Dhamma! Dalam artikel kali ini, aku ingin sharing sedikit mengenai pengalaman pribadi aku, nih. Sebagai seorang mahasiswa, kita pasti tak asing lagi, deh, dengan yang namanya tugas. Tugas ini, projek itu—rasanya, pekerjaan yang harus kita selesaikan tak pernah berhenti mengalir. Belum lagi ditambah kegiatan-kegiatan UKM.

Apa itu Banjir?

Banjir adalah kejadian alam di mana suatu daerah yang biasanya kering menjadi terendam air. Sederhananya, banjir adalah luapan air dalam jumlah besar ke daratan yang biasanya kering. Banjir tentu sangat merugikan bagi banyak orang terutama bagi mereka yang terdampak. Mereka harus rela dengan kerusakan dan kerugian yang mereka alami. Bahkan tidak jarang kita mendengar berita mengenai korban jiwa akibat dari banjir.

Fakta Tentang "Introvert Person"

Dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemukan berbagai macam orang dengan variasi kepribadian yang berbeda pula. Salah satu kepribadian yang akan dibahas pada sesi kali ini adalah tentang kepribadian “Introvert”.

Anattā, Tiada Aku yang Kekal

Halo sahabat-sahabat se-Dhamma! Sebagai umat Buddha, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Anatta. Secara singkat, Anatta dapat diartikan sebagai konsep mengenai tiada-aku. Sebetulnya, Anatta sendiri adalah konsep yang sulit dimengerti dan mudah disalahpahami. Dalam artikel kali ini, mari kita membahas secara singkat tentang apa itu Anatta!

Pelantikan Anggota KMBD Periode XXXII

Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University pada hari Sabtu, 15 Mei 2021 mengadakan pelantikan kepengurusan baru periode 32. Pada acara pelantikan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan secara offline, pada tahun ini dilaksanakan secara online. Pelantikan ini dihadiri oleh seluruh aktivis, pengurus, dan juga pengurus inti KMB Dhammavaddhana. Acara pelantikan ini dihadiri oleh kurang lebih 100 orang dan menjadi langkah awal bagi kepengurusan tahun 2021 untuk memajukan KMB Dhammavaddhana. Tentunya banyak hal yang ingin diraih dalam segi pengembangan spiritual Buddhis, kekeluargaan, dan tentunya rasa ingin memiliki antar sesama keluarga KMBD.

Ti Akusalamula: Lobha, Dosa, dan Moha

Halo, teman-teman se-Dhamma! Pastinya kalian sudah tahu apa itu Ti Akusalamula, kan? Yups, hal tersebut diartikan sebagai Tiga Permulaan Kejahatan. Di mana, dapat dikatakan karena hal inilah seseorang berbuat perilaku jahat atau bersifat negatif. Nah, kali ini, kita akan membahas serba-serbi dari tiga permulaan kejahatan ini, yuk disimak!

Alasan Mengapa Anak Usia Dini Kecanduang Perangkat Elektronik Berbasis Gadget

Di zaman sekarang ini, teknologi sangat canggih dan digandrungi oleh banyak orang, tidak hanya orang dewasa tapi juga banyak anak-anak yang kecanduan gadget elektronik.

Jarang Diketahui, Kulit dari Buah ini Memiliki Berbagai Manfaat!

Halo, teman-teman se-Dhamma! Kalian pasti sering makan buah, kan? Nah, jika makan buah, apakah kalian selalu membuang kulitnya? Jika iya, mulai detik ini hentikan tindakan tersebut. Kenapa? Hal ini dikarenakan beberapa buah memiliki kulit yang bisa dimanfaatkan, lho! Jadi, sayang sekali jika harus dibuang. Berikut pembahasannya, yuk disimak!

Karma Dalam Agama Buddha

Halo teman-teman se-Dhamma! Kamu pasti pernah mendengar tentang karma, kan? Jika iya apakah kamu tahu bagaimana konsep karma itu bekerja? Jika belum, tenang saja karena pada artikel kali ini akan membahas tentang apa itu karma dalam Agama Buddha.

Penerapan Wawasan Global di Kehidupan

Wawasan adalah suatu padangan ataupun sikap kita terhadap sesuatu, dan global adalah dunia Jadi wawasan global adalah pandangan ataupun sikap kita terhadap dunia.

Mengenal Ajaran dalam Agama Buddha

Halo teman-teman se-Dhamma! Kamu tau nggak sih, kalo Agama Buddha itu memiliki 3 ajaran yang berbeda? 3 ajaran tersebut diantaranya Sabbapâpassa akaranam (tidak melakukan segala bentuk kejahatan), Kusalassa upasampadâ (senantiasa mengembangkan kebajikan), dan Sacittapariyodapanam (membersihkan batin dan pikiran).

Mengenal Aloe Vera, Tanaman Segudang Manfaat

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel.

Nasionalisme dalam Kehidupan Remaja

Nasionalisme, siapa yang tidak mengenal arti dari kata yang kerap kita dengar selagi kita menempuh dunia pendidikan. Nasionalisme adalah salah satu cara untuk mewujudkan tujuan dari Wawasan Nusantara. Nasionalisme merupakan suatu sikap dari masyarakat suatu bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan, wilayah, cita-cita dan tujuan sehingga masyarakat tersebut merasakan adanya kesetiaan dan persatuan yang mendalam dalam bangsa.

Jebakan Perbandingan

Nilai tinggi, jabatan tinggi, pendapatan berlimpah, likes yang berjuta-juta di Instagram, kita semua pernah mendambakan hal-hal tersebut. Saya sendiri juga dulunya sering mendambakan nilai tinggi. Setiap melihat teman saya yang juara 1 di kelas, saya selalu berpikir, “Andai saja saya bisa seperti itu”.

Apakah Penggunaan Aplikasi Membantu atau Hanya Buang-buang Waktu Kita?

Penggunaan smartphone modern merupakan hal yang lumrah dan sudah tidak asing lagi bagi siapapun. Ini termasuk anak kecil hingga orang tua sekalipun. Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan smartphone sangat populer dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. "Di mana bagi sebagian orang, dari bangun tidur hingga kembali tidur, mereka selalu bergantung pada smartphone untuk menjelajahi dunia aplikasi" (2020. Thesocialcomment). Dimana aplikasi menjadi alasan utama bagi sebagian orang untuk bermain smartphone. Jadi apakah menggunakan aplikasi di smartphone membantu atau hanya buang-buang waktu? Berikut pembahasannya.

Biru: Warna Paling Langka di Alam

Halo teman-teman se-Dhamma! Apa kalian tahu, warna biru itu adalah warna yang paling langka di alam, lho! Memang, sejauh mata memandang, kita pasti bakal melihat biru—toh, langit dan laut, kan, berwarna biru. Namun, pernah-kah kita mengingat-ingat, seberapa banyak living organism yang berwarna biru? Beberapa hewan dan tumbuhan yang memang berwarna biru pun sebetulnya tidak memiliki pigmen biru—alias, mereka sebetulnya tidak benar-benar berwarna biru. Loh, kok bisa?

Menyambut Hari Kemerdekaan Dari Rumah

Bumi kita sedang dilanda pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sekitar satu tahun lamanya. Hal ini membuat aktivitas dan kegiatan masyarakat Indonesia menjadi terbatas dan bahkan dibatasi karena kasus penularan yang terus bertambah. Hal ini tentu berdampak pada perayaan 17 Agustus yang sudah semakin dekat. Perayaan hari kemerdekaan tahun ini tentu berbeda di mana kita tidak akan lagi melihat adanya jalan yang di tutup untuk mengadakan perlombaan dan semacamnya. Maka dari itu perayaan 17 Agustus tahun ini harus diwarnai dengan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dari rumah masing-masing.

Apa Benar Harus Minum Delapan Gelas Air Putih Setiap Hari?

Kalimat ‘minum delapan gelas air sehari’ pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kepercayaan ini kerap tayang di berbagai media, biasanya disertai dengan manfaat banyak minum air. Betul, cairan ini sangat esensial dalam kehidupan kita. Faktanya, 70% dari tubuh kita merupakan cairan. Jika kurang minum air putih, efeknya bahkan dapat mengancam nyawa. Namun, apakah benar kita harus meminum delapan gelas air putih tiap hari?

Pancasila Buddhis

Pancasila Buddhis adalah ajaran dasar Agama Buddha yang mengajarkan umatnya untuk menjalankan kelima Sila yang ada. Pancasila berasal dari 2 kata yaitu ‘Panca’ yang berarti lima, dan ‘Sila’ yang berarti moral, watak, ataupun perilaku seseorang. Seseorang yang menerapkan Pancasila Buddhis dengan sempurna dianggap telah menerapkan Dhamma di dalam setiap kehidupannya. Pancasila Buddhis ini biasanya dibacakan saat kebaktian atau permohonan lima Sila atau Pañcasīla-Ārādhanā kepada anggota Sangha.

Mengapa Keindahan Penting dalam Kehidupan

Warna langit biru muda yang dihiasi dengan awan yang terlihat seperti kapas berkumpul untuk menemani langit yang kosong. Sinar matahari yang menyihir segala sesuatu menjadi seolah bersinar. Ditambah lagi dengan pohon yang memiliki warna kontras dengan dedaunan yang beterbangan berpadu sangat cocok menciptakan suatu lukisan yang indah. Apa yang kamu rasakan jika memandang pemandangan seperti ini?

Menilik Kisah Candi Borobudur, Aset Nusantara yang Sempat Sirna

Siapa sih yang tidak mengenal Candi Borobudur? Kita tentu mengenal Candi Borobudur sebagai candi Buddha terbesar di dunia yang dinobatkan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia karena kompleksitas arsitekturnya yang mengagumkan.

Mengenal Samyojana

Halo teman-teman se-Dhamma! Sebagai penganut agama Buddha, kita pasti tidak asing lagi dengan istilah Samyojana, atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut ‘belenggu’. Dalam agama Buddha, belenggu adalah segala sesuatu yang mengikat makhluk pada penderitaan dan Samsara, lahir-mati yang berkelanjutan. Dalam Sutta Pitaka, terdapat sepuluh macam belenggu:

Globalisasi Perindustrian Hiburan Korea Selatan dalam Hubungan Diplomatik antar Negara

Industri hiburan dari Korea Selatan atau yang sering disebut K-Pop, saat ini semakin digemari di berbagai penjuru dunia. K-Pop seakan menjadi arus baru dalam budaya populer hari ini, berbagai produk dari industri ini mulai dari film, drama televisi ,musik, sampai kosmetika ternyata diminati oleh khalayak luas lintas generasi di banyak negara.

Zero Waste

Zero waste merupakan salah satu kegiatan atau gaya hidup untuk meminimalisir sampah yang akan dikirim ke tempat pembuangan akhir atau bisa juga kegiatan pencegahan konsumsi yang berlebihan. Kegiatan konsumsi atau pembelian kebutuhan rumah tangga memang sangat dibutuhkan atau menjadi kepentingan dalam kegiatan rumah tangga. Akan tetapi, bagaimana caranya kita untuk meminimalisir sampah atau mencegah konsumsi yang berlebihan jika berkaitan dengan kebutuhan hidup sehari-hari?

Pelantikan Anggota KMBD Periode XXXIII

Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University pada hari Minggu, 9 Januari 2022 mengadakan pelantikan kepengurusan baru periode 33. Mengingat situasi pandemi yang masih berlanjut, acara pelantikan masih dilaksanakan secara online dengan menggunakan platform Zoom Meeting. Acara pelantikan dihadiri oleh kurang lebih 259 peserta, diantaranya aktivis, pengurus, pengurus inti, dan dewan pengurus inti KMB Dhammavaddhana.

Bagaimana Cara Kita Melindungi Diri dari Bahaya Omicron?

Halo sahabat se-Dhamma! Kalian pasti sudah tau kan apa itu lifestyle (gaya hidup)? Lifestyle (gaya hidup) adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah bergantung zaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Gaya hidup sendiri juga bisa dilihat dari cara berpakaian, kebiasaan, dan lain-lain.

Cara Menjadi Peramal yang Hebat

Halo teman-teman se-Dhamma. Apakah kalian bisa mendeteksi sebuah keadaan seperti seorang peramal? Wah, tentu hal ini akan sangat keren jika bisa melakukannya. Lalu, apakah itu hal gaib? Sebenarnya apa sih itu hal gaib? Sebelumnya, apakah kalian tahu bahwa ilmu fisika pernah dianggap gaib pada zaman dahulu? Lalu, bagaimana dengan santet? Tanpa kita tahu, sesuatu seperti santet juga bisa difilosofikan dalam cara kerja frekuensi energi. Jika kalian mengirim pesan melalui sosial media, apakah tidak pernah terpikirkan bagaimana pesan itu sampai ke HP orang lain?

Peristiwa yang terjadi pada hari Magha Puja

Halo teman-teman se-Dhamma! Sebentar lagi kita akan merayakan salah satu perayaan penting dalam agama Buddha nih. Kamu pasti tau dong apa yang akan kita rayakan? Benar sekali, kita akan merayakan hari Magha Puja di bulan Februari ini. Dalam artikel ini, penulis akan menjelaskan secara singkat apa itu hari Magha Puja.

Jenis-Jenis Sabun Mandi dan Keunggulannya yang Wajib Kalian Ketahui!

Halo teman-teman se-Dhamma! Kalian pasti sudah tidak asing dengan kata “sabun mandi”, bukan? Sabun mandi merupakan salah satu dari sekian banyak barang yang wajib kita beli ketika sedang belanja bulanan. Selain untuk membersihkan badan, sabun mandi juga mempunyai beberapa manfaat lainnya, seperti memberikan sensasi wangi, segar, memutihkan dan menjaga kelembapan kulit, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa sabun mandi yang kita pakai sehari-hari ternyata ada banyak jenisnya, lho! Yuk, langsung saja kita simak satu per satu!

Peran Literasi Digital di Era Globalisasi

Proses globalisasi diiringi dengan perkembangan teknologi, terutama teknologi informasi, kian pesat membuat kegiatan bertukar informasi menjadi kian cepat. Kemajuan teknologi informasi juga mempermudah orang-orang untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Salah satu ketrampilan untuk menanggapi dan menyesuaikan diri dengan masa modern ini adalah literasi digital. Devri Suherdi dalam karyanya Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021), mengartikan literasi digital sebagai kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lainnya, dengan bijak, cerdas, cermat, dan tepat. Literasi digital juga dapat diartikan sebagai kemampuan dan keterampilan mengakses, menerima, memahami, menggunakan, membuat, dan menyebarkan, serta memanfaatkan informasi menggunakan perangkat dan media teknologi informasi digital dalam kehidupan sehari – hari secara positif, bijak, dan tepat.

Apa itu NFT?

Halo teman - teman semua! Kali ini saya akan membahas sesuatu yang cukup sering muncul akhir - akhir ini di media sosial. Hal yang disebut - sebut dapat membawa keuntungan bagi yang menjualnya. Yap, hal itu adalah NFT. Tentu saja sebelum terjun ke dunia NFT kita semua harus mengerti mengenai apa itu NFT.

5 Kegiatan yang Dapat Kalian Lakukan saat Me Time

Halo teman-teman se-Dhamma! Me time merupakan hal yang sangat disarankan untuk dilakukan setelah berkutat dengan pekerjaan dalam waktu yang lama. Sebelum membahas lebih jauh mengenai me time, kalian tentunya harus tahu lebih dulu mengenai apa itu me time.

Buddha dan Kekekalan

Buddha mengungkapkan tiga sifat atau corak kehidupan. Penderitaan (dukkha), ketidakkekalan (annica), dan tanpa inti (anatta).

MATAHARI MENDUA

Halo teman se-Dhamma. Apakah kalian pernah membayangkan sepanas apa bumi jika mempunyai dua matahari? Wah! Jangan-jangan kiamat lagi. Jika matahari ada dua tentu suhu yang dihasilkan bisa menjadi berkali lipat. Mendingan pergi ke Mars aja kita.

Mengenal Lebih Dalam tentang Saham

Halo teman - teman se-Dhamma. Aku tanya nih kalian tau apa ga sih saham itu apa? Saham (stock) merupakan salah satu instrumen pasar keuangan yang paling popular. Kenapa bisa di bilang begitu? Saham merupakan instrument investasi yang banyak dipilih para investor sebab saham sendiri mampu memberikan tingkat keuntungan yang sangat tinggi bagi para konsumen.

Basic Photography Skill yang Perlu Dimiliki

Halo Teman - Teman semua, kembali lagi bersama saya di artikel KMBD pada bulan ini. Teman - Teman pasti pernah mengambil foto, namun foto itu terlalu terang (Overexposed) atau terlalu gelap (Underexposed). Nah, pada artikel kali ini, kita akan belajar mengenai basic photography skill yang dapat teman - teman gunakan untuk mengambil foto dengan exposure yang tepat. Basic photography skill yang akan kita bahas kali ini adalah segitiga exposure. Sesuai dengan namanya, segitiga exposure terdiri dari 3 hal yaitu Shutter Speed, ISO, dan yang terakhir yaitu Aperture. Segitiga exposure biasanya digunakan bersamaan untuk mengatur bagaimana exposure atau cahaya saat kita mengambil foto.

Bumi Kita Tanggung Jawab Kita Bersama!

Halo teman-teman se-Dhamma! Kalian tahu tidak sih, kalau bumi kita sudah berusia 4,543 miliar tahun, lho! Menakjubkan bukan? Akan tetapi, di sisi lain, kita juga harus mulai lebih memperhatikan kondisi bumi kita, nih. Oleh karena itu, berikut merupakan cara-cara sederhana yang wajib kalian ketahui untuk menjaga kelestarian bumi.

Gaya Hidup Minimalis

Halo sahabat se-Dhamma! Kalian pasti sudah tau kan apa itu gaya hidup minimalis? Gaya hidup minimalis diartikan sebagai gaya hidup yang berfokus untuk meminimalisir gangguan yang bisa menghalangi kita dalam melakukan hal - hal yang sebenarnya penting. Gaya Hidup Minimalis ini sendiri juga bisa dilihat dari cara berpakaian, kebiasaan, dan lainnya juga loh.

Pendidikan Karakter untuk Indonesia

Halo teman-teman se-Dhamma! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pendidikan karakter. Semenjak munculnya kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada awal masa pemerintahan Presiden Joko Widodo - Jusuf Kalla tahun 2016 silam, istilah pendidikan karakter kerap disebut - sebut. Lantas, apa itu pendidikan karakter? Sepenting apakah pendidikan karakter itu, sampai-sampai dijadikan kebijakan pendidikan nasional?

Samsara dan Karma

Dalam ajaran agama Buddha, Samsara adalah lingkaran tumimbal lahir dari kelahiran berulang - ulang. Buddha melihat kondisi kelahiran kembali dan berbagai keadaan kehidupan lainnya yang terjadi disebabkan oleh ketidaktahuan, kemelakatan pada nafsu keinginan, dan karma atau perbuatannya di kehidupan lampau atau masa kini. Segala sesuatu di dunia ini adalah hasil gabungan dari sebab jodoh dan hukum karma.

Cara Memilih Warna Interior di dalam Rumah agar Terlihat Unik

Halo sahabat se-Dhamma! Kalian pasti sudah tau kan, kalau kita perlu menghias interior rumah sesuai dengan selera kita? Nah, dalam artikel kali ini, penulis akan memberikan tips-tips untuk memilih warna interior rumah kita agar tetap terlihat bagus dan sesuai dengan selera kita.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Halo teman-teman se-Dhamma! Dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya kesehatan fisik yang perlu kita jaga, tetapi kesehatan mental juga perlu kita perhatikan, lho! Apalagi pada masa pandemi seperti sekarang ini, sebagian orang menjadi lebih jarang keluar rumah, atau bahkan menjadi kurang bersosialisasi dengan orang lain. Hal-hal tersebut dapat membuat kita menjadi stres dan berakhir dengan menurunnya kesehatan mental kita. Kesehatan mental yang buruk dapat memberikan beberapa dampak negatif mulai dari kesulitan dalam berkonsentrasi, cenderung emosional, pelupa, menarik diri dari lingkungan sekitar, hingga memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain. Bahaya bukan? Oleh karena itu, berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental!

Empat Tingkat Pencerahan dalam Agama Buddha

Halo teman-teman se-Dhamma! Sebagai seorang penganut agama Buddha, kita pasti sudah familiar dengan kata ‘Arahat’. Dalam agama Buddha, Arahat atau Arhat adalah seseorang yang telah lepas dari belenggu; seseorang yang telah mendapat pencerahan sempurna dan mencapai nirvana. Namun, Arahat ternyata merupakan tingkatan tertinggi dari empat tingkat pencerahan yang ada dalam agama Buddha, lho. Jadi, sebelum kita dapat mencapai tingkat pencerahan Arahat, kita harus melewati tiga tingkat pencerahan lain di bawah Arahat. Sebagai bakal calon Buddha, yuk, kita lihat apa itu empat tingkat pencerahan dalam agama Buddha.

Pembayaran Tanpa Perlu Uang Cash?

Halo teman-teman semua, kembali lagi bersama saya di artikel KMBD. Kali ini saya akan membahas mengenai metode pembayaran yang sudah tidak asing di telinga teman-teman semua nih yaitu cashless payment atau pembayaran non-tunai. Cashless payment adalah metode pembayaran yang sudah semakin banyak diadopsi oleh berbagai vendor. Metode ini memungkinkan kita untuk berbelanja tanpa perlu kerepotan membawa uang tunai, kita dapat membayar hanya dengan menggunakan handphone atau kartu saja.

Vegan atau Vegetarian

Beberapa tahun belakangan ini, tren menjadi praktisi vegan dan vegetarian meningkat secara signifikan, pun dalam praktiknya memiliki banyak macam dan caranya seperti raw vegan atau lacto-vegetarian. Kita juga mungkin sering melihat atau mendengar tentang diet berbasis tanaman atau resep makanan atau olahan tanpa menggunakan susu atau mentega (dairy product).

Apa Itu Analog Photography?

Teman teman pasti pernah melihat album foto di rumah, dan mungkin menemukan foto orang tua teman-teman semua saat masih muda. Bahkan jika teman-teman beruntung maka mungkin masih ada tersimpan sebuah potongan plastik berwarna coklat yang memiliki bayangan yang mirip dengan foto tersebut. Potongan plastik itu adalah potongan film yang diambil menggunakan kamera analog. Nah, sekarang aku akan memberi tahu teman-teman semua mengenai analog photography atau film photography.

Doa dan Meditasi dalam Agama Buddha

Halo teman-teman se-Dhamma! Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai doa dan meditasi dalam agama Buddha.

Cara Memegang dan Menangkap Bola Basket

Kalian pasti sudah tahu bahwa dalam setiap cabang olahraga yang menggunakan bola, pasti ada tata aturan dalam memegang dan menangkap bola tersebut. Nah, dalam artikel kali ini, penulis akan menjelaskan tentang cara memegang dan menangkap bola basket yang baik dan benar. Yuk, kita simak lebih dalam lagi.

Praktik dalam Ajaran Buddhis yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Teman-teman, tahu enggak, sih, ada beberapa praktik dalam ajaran Buddhis yang dapat kita jadikan gaya hidup atau habit dalam kehidupan sehari-hari, loh, yang tentunya membawa hal positif dalam hidup kita. Berikut beberapa di antaranya:

Cara Menjaga Kesehatan Baterai Ponsel

Halo teman-teman se-Dhamma! Dalam kehidupan sehari-hari, teman-teman sering kesulitan untuk lepas dari ponsel, bukan? Mulai dari mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, hingga sekedar mencari hiburan. Namun, teman-teman tahu tidak, sih? Kalau ponsel digunakan setiap hari tanpa jeda, kesehatan baterai pada ponsel dapat terancam, lho! Oleh karena itu, berikut beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan baterai!

5 Hal yang Membuat Anak Milenial Nostalgia

Halo teman-teman se-Dhamma! Pasti kalian pernah membayangkan kehidupan saat masih kecil, atau bahkan pengen kembali ke masa kecil, bukan? Masa kecil merupakan masa yang paling indah bagi sebagian besar orang, di mana kita belum mengetahui dan memikirkan tentang kehidupan yang sesungguhnya. Masa kecil adalah masa di mana kita dapat tertawa dengan lepas, menari-nari, merentangkan tangan, dan tertawa tanpa beban. Di masa ini juga merupakan momen di mana hal yang kita lakukan hanyalah bermain, tertawa, lari berkejaran, dan mengeluarkan imajinasi-imajinasi yang sangat luar biasa. Walaupun kita sudah tidak dapat kembali ke masa kecil, semua kenangan masa kecil kita masih akan tersimpan dengan hangat di dalam hati kita. Selain itu, kita juga dapat selalu bernostalgia untuk memancing kembali ingatan lama kita mengenai masa paling indah tersebut. Maka dari itu, berikut 5 hal yang akan membawa kalian bernostalgia kembali ke masa kecil!

5 Hal yang Membuat Anak Milenial Nostalgia

Halo teman-teman se-Dhamma! Pasti kalian pernah membayangkan kehidupan saat masih kecil, atau bahkan pengen kembali ke masa kecil, bukan? Masa kecil merupakan masa yang paling indah bagi sebagian besar orang, di mana kita belum mengetahui dan memikirkan tentang kehidupan yang sesungguhnya. Masa kecil adalah masa di mana kita dapat tertawa dengan lepas, menari-nari, merentangkan tangan, dan tertawa tanpa beban. Di masa ini juga merupakan momen di mana hal yang kita lakukan hanyalah bermain, tertawa, lari berkejaran, dan mengeluarkan imajinasi-imajinasi yang sangat luar biasa. Walaupun kita sudah tidak dapat kembali ke masa kecil, semua kenangan masa kecil kita masih akan tersimpan dengan hangat di dalam hati kita. Selain itu, kita juga dapat selalu bernostalgia untuk memancing kembali ingatan lama kita mengenai masa paling indah tersebut. Maka dari itu, berikut 5 hal yang akan membawa kalian bernostalgia kembali ke masa kecil!

Good? Bad? Who Knows?

Halo teman-teman se-Dhamma! Kembali lagi bersama saya di artikel KMBD. Pada artikel ini, saya ingin sedikit bercerita mengenai pengalaman saya akhir-akhir ini. Pada saat kejadian tersebut terjadi, saya sedang berada di Thailand bersama keluarga dan didampingi oleh seorang bhikkhu dalam rangka beribadah mengunjungi beberapa vihara. Tentu saja saat saya melakukan hal baik tersebut saya merasa bahagia. Saat itu saya berpikir: dengan saya melakukan hal baik, maka saya akan mendapatkan karma baik, dan dikarenakan adanya karma baik tersebut maka segala hal akan terjadi di depan menjadi baik tanpa ada hal buruk terjadi.

Healthy Food

Hallo sahabat seDhamma! Kalian pasti sudah tahu ’kan apa itu gaya hidup sehat? Gaya hidup sehat adalah sebuah komitmen berjangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal dengan tujuan mendukung fungsi tubuh demi kesehatan tubuh kita. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat diantaranya seperti makan-makanan yang bernutrisi, berolahraga, melakukan kegiatan positif untuk menghindari stres, dan masih banyak lagi.

Mari Berperspektif Global!

Halo teman-teman se-Dhamma! Pernah ngga, sih, kalian mendengar istilah perspektif global? Dalam artikel ini, yuk kita mengenal pengertian dan manfaat perspektif global, serta cara untuk berperspektif global sebagai generasi muda.

Tentang Menyelamatkan Diri

Dalam ajaran Buddhis, penyebab kelahiran kembali dan penderitaan duniawi adalah kamma yang erat kaitannya dengan kamma-vipaka. Di mana kamma adalah tindakan yang dikehendaki lewat tubuh, ucapan, dan pikiran dan vipaka adalah akibat dari kamma itu sendiri. Akibatnya sendiri dapat dengan cepat masak atau nanti dalam kehidupan ini atau selanjutnya. Singkatnya, kita adalah pemilik dari segala kamma kita, kita menuai kamma yang kita tanam dari kehidupan ini dan kehidupan-kehidupan lalu kita. Kita terlahir dari kamma dan hidup didukung oleh kamma kita sendiri. Hal inilah yang menciptakan kondisi dan kualitas hidup yang berbeda pada tiap orang. E-book ini sangat penulis sarankan untuk para pembaca sebab dalam buku ini dijelaskan secara mendetail tentang kamma-vipaka.

5 Wabah Penyakit yang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Halo teman-teman se-Dhamma! Sedari dulu, penyakit menular telah menjadi pendamping tetap saat manusia semakin menyebar ke seluruh dunia. Dengan jumlah manusia yang kian bertambah dan menyebar, penyakit menular atau wabah penyakit tersebut juga memakan semakin banyak korban. Salah satunya seperti yang sedang melanda kita, yaitu Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Namun, selain Covid-19, terdapat juga wabah penyakit lainnya yang pernah melanda umat manusia. Berikut merupakan beberapa wabah penyakit paling mematikan sepanjang sejarah!

Cata Menangani Penyakit Maag

Halo sahabat-sahabat se-Dhamma! Beberapa dari kalian mungkin memiliki penyakit maag. Kalian tahu tidak, sih, penyakit maag itu berasal dari mana? Penyakit maag merupakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada lambung akibat sejumlah kondisi. Lantas, mengapa kita bisa memiliki penyakit maag? Penyakit maag dapat disebabkan oleh pola hidup yang tidak disiplin. Karena itu, dalam artikel kali ini, penulis akan menjelaskan bagaimana cara agar kita bisa tetap hidup sehat agar penyakit maag tidak kambuh.

Hidup Bagai Lautan Penderitaan

Dalam agama Buddha, sering kita mendengar bahwa hidup ini adalah penderitaan. Memang, hidup tidak sepenuhnya menderita. Kebahagiaan dan penderitaan datang silih berganti. Namun, seakan-akan hidup ini lebih banyak penderitaan dibandingkan kebahagiaan. Kita yang beruntung tentu tidak akan merasakan hal ini—kita akan berpikir: “Hidup saya penuh dengan kebahagiaan, saya tidak merasa saya menderita. Makan saya cukup; saya masih mempunyai rumah; pekerjaan dan sekolah berjalan lancar”.

Komposisi Fotografi

Halo teman-teman semua, Kembali lagi bersama saya di Artikel KMBD. Dalam artikel ini, kita akan kembali membahas ilmu fotografi yang tidak kalah penting untuk membantu teman-teman semua saat mengambil foto. Ilmu fotografi yang akan saya bahas hari ini adalah photo composition atau komposisi foto.

Tentang Macam-Macam Cinta dan Interpretasi Piyajatika Sutta

Teman-teman tentu tahu cinta. Di sini cinta dapat dimaknai dan dibagikan menjadi banyak kategori. Tiap individu atau agama tentu memiliki interpretasi terhadap definisi dan jenis cinta menurut pandangan masing-masing. Pada artikel ini, penulis hanya akan merangkum tentang jenis cinta menurut Yunani kuno dan membahas lebih lanjut pandangan Buddhis tentang Cinta. Sebelumnya penulis akan menjabarkan mengapa penulis memilih kategori cinta dari Yunani kuno. Hal ini dikarenakan kategori cinta dari Yunani kuno lebih detil dan luas dalam pengklasifikasiannya, macam-macam cinta yang dijabarkan juga berbeda dan mudah dipahami karena sering kali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari kita.

Attitude Dasar yang Wajib Tertanam dalam Diri Setiap Orang

Halo teman-teman se-Dhamma! Sebagai seorang makhluk sosial, kita tentu saja tidak ingin diusik oleh orang lain maupun membuat orang lain merasa tidak nyaman dengan kita, bukan? Maka dari itu, kita perlu memiliki sikap baik atau yang biasa disebut juga dengan good attitude, yang akan menjadi modal dalam mendapatkan makna hidup yang maksimal, baik kepada diri sendiri maupun orang lain yang ada di sekitar kita. Selain menjadi pribadi yang baik, memiliki sikap yang baik juga akan menjadi nilai plus dalam masyarakat. Oleh karena itu, mari simak attitude dasar yang wajib tertanam dalam diri setiap orang!

Bahasa-Bahasa Asing yang Tidak Kalah Penting dengan Bahasa Inggris

Teknologi informasi saat ini sudah tidak dapat dibandingkan dengan pendahulunya. Teman-teman se-Dhamma, kita tengah hidup dalam sebuah dunia tanpa batas—a borderless world—yang seakan-akan memandang rendah batasan geografi maupun batasan wilayah antar negara. Berita dan perkembangan teknologi yang dulu perlu waktu berbulan-bulan untuk diterima, sekarang hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Dunia saat ini menuntut kita untuk berwawasan global, agar kita tidak ketinggalan zaman.

Cara Mengubah Pola Hidup

Halo sahabat-sahabat se-Dhamma! Kalian pasti sudah tahu kan apa itu lifestyle? Lifestyle, atau dalam bahasa Indonesianya gaya hidup, adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang terus menerus berubah-ubah. Nah, dalam artikel kali ini, penulis akan membahas tentang cara untuk mengubah gaya hidup tidak baik yang telah menjadi kebiasaan buruk kita. Sadar atau tidak sadar, kita pasti memiliki kebiasaan buruk, contohnya seperti bangun telat, tidak disiplin dan masih banyak lainnya. Sebetulnya, mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk itu tidaklah sulit, lho. Ada berbagai tips yang dapat kalian terapkan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan buruk kita itu.

Membina Diri dengan Membina Pikiran

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat tiga aspek dalam bertindak, yaitu: perilaku (jasmani), ucapan (mulut), dan pikiran. Artikel ini akan membahas tentang aspek pikiran secara lebih mendalam.

Post-Processing

Halo teman-teman semua, kembali lagi bersama saya dalam artikel KMBD. Pada beberapa artikel sebelumnya, kita masih membahas mengenai tips mengambil foto agar mendapatkan hasil yang bagus. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas post-processing atau proses editing pada foto.

Contoh Penanganan Perubahan Iklim

Halo sahabat-sahabat se-Dhamma! Kalian pasti sudah tahu kan apa itu perubahan cuaca ataupun iklim? Dalam artikel ini, penulis akan membahas mengenai perubahan iklim yang terjadi di Indonesia.

Jenis-Jenis Lensa dalam Fotografi

Halo teman-teman se-Dhamma. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai dasar aturan dalam fotografi. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas mengenai lensa. Kita perlu tahu mengenai lensa karena setiap lensa memiliki kegunaan yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan kita.

Mencari Teman Luar Negeri Ternyata Tidak Sesusah Itu, Lho!

Halo teman-teman se-Dhamma! Selama ini penulis mengikuti acara-acara organisasi, terutama acara seperti Temu Keakraban ataupun Welcoming Party, penulis kerap mendengar Master of Ceremony-nya mengutarakan frase “tak kenal maka tak sayang” sebagai pembukaan sesi perkenalan. Meskipun overused, namun kalimat ini ada benarnya. Mungkin kalian pernah enggan memulai percakapan dengan seseorang yang terlihat angkuh dan cuek. Tetapi, setelah makin kenal, kalian perlahan sadar bahwa orang yang sebelumnya angkuh dan cuek ini ternyata sangat fun dan klop dengan kalian.

Pentingnya Pola Hidup Sehat

Halo teman-teman se-Dhamma! Penyakit merupakan suatu hal yang selalu ingin dihindari oleh setiap orang. Selain tidak nyaman dan dapat merugikan diri sendiri, terkadang juga dapat memengaruhi kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan orang lain, sehingga secara tidak langsung juga akan berdampak kepada orang lain. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga tubuh kita agar tidak terserang dari berbagai penyakit. Sebab, dengan tubuh dan pikiran yang selalu sehat, kesejahteraan dan kualitas hidup kita tentunya juga dapat meningkat. Menjaga kesehatan tubuh kita nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat!

Waspada Kebocoran Data Diri di Era Digital, Simak dan Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Belakangan ini maraknya isu kebocoran data diri di media digital sangat memprihatinkan. Begitu banyak masyarakat Indonesia yang tanpa sadar telah menjadi korban kebocoran data diri oleh ognum-ognum tidak bertanggung jawab di dunia digital.

2023 Ekonomi Dunia Kelam?

Halo teman-teman semua kembali lagi bersama penulis di artikel KMBD. Pada artikel ini, kita akan membahas topik yang berbeda dengan apa yang biasanya kita bahas. Topik kita kali ini cukup berat karena kita akan membahas mengenai kondisi yang cukup sering disebut dalam beberapa media akhir-akhir ini, yaitu resesi global.

Ajaran Buddha: Agama atau Filsafat?

Sebagai seorang rakyat Indonesia, teman-teman se-Dhamma pasti sudah tidak asing dengan keberadaan enam agama yang diakui keberadaannya oleh pemerintah Indonesia. Jadi, ketika kita ditanya apakah Buddhisme adalah suatu agama, kebanyakan dari kita pasti akan menjawab: “Ya, Buddhisme adalah agama.” Jawaban ini tidak akan menuai banyak perdebatan dan keragu-raguan, karena kita tumbuh besar dengan mendengar bahwa Buddhisme adalah suatu agama. Namun, ternyata, orang-orang Barat ada yang menganggap Buddhisme bukanlah agama, tetapi suatu filsafat; suatu jalan hidup; a way of life.

Cara Membedakan Emas Palsu dan Asli

Halo teman-teman seDhamma! Kalian tahu tidak apa itu emas? Pasti rata-rata dari kalian sudah tahu bukan emas itu apa? Ya, benar sekali, emas adalah logam mulia bersifat lunak dan mudah ditempa yang biasanya menjadi bahan perhiasan atau harta benda berharga. Akan tetapi, di dunia ini sering kali terjadi yang namanya penipuan. Jadi, kalian harus berhati-hati dalam membedakan mana emas yang asli dan mana yang emas palsu, ya. Pada artikel ini, penulis akan sharing kepada teman-teman semua bagaimana cara membedakan emas asli dan juga emas palsu. Yuk, kita simak bersama-sama.

Optimisme dan Pesimisme

Ketika ditanya apakah kita lebih menyukai orang yang optimis atau pesimis, kebanyakan orang pasti akan mengatakan bahwa mereka lebih suka dengan orang-orang yang optimis. Pasalnya, optimisme kerap dikaitkan dengan keadaan mental yang lebih sehat; optimisme seakan-akan membuat kita lebih bahagia dan sukses. Namun, apakah benar optimisme mendatangkan kebahagiaan? Sebetulnya, optimisme tidak sepenuhnya menguntungkan. Sebaliknya, meskipun berkonotasi negatif, pesimisme juga tidak sepenuhnya merugikan.

Pertolongan Pertama pada Korban Kecelakaan

Halo teman-teman se-Dhamma! Dalam kehidupan sehari-hari, ada kalanya kita bertemu dengan kejadian yang tidak terduga; seperti misalnya kecelakaan. Kecelakaan merupakan suatu hal yang tidak pasti, namun dapat berakibat fatal jika korban terlambat ditangani ataupun mendapatkan tindakan pertolongan yang salah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara-cara dalam melakukan pertolongan pertama yang baik dan benar pada korban kecelakaan!