Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

By: Dema

Green tea atau teh hijau merupakan salah satu minuman yang sering kali kita jumpai. Biasanya teh hijau dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, karena dipercaya dapat mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh kita. Teh hijau yang diseduh tanpa gula adalah minuman tanpa kalori dan berkafein lebih rendah daripada teh lainnya ataupun kopi. Teh hijau juga dianggap sebagai salah satu teh tersehat di dunia dan mengandung kadar antioksidan tertinggi dari teh manapun. Teh hijau juga mengandung katekin yang merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel.

Studi terbaru juga menunjukkan bahwa teh hijau memiliki efek positif terhadap diabetes tipe 2, gangguan hati, dan penyakit Alzheimer. Teh hijau juga memiliki banyak keuntungan terhadap kesehatan loh. Penasaran dengan keuntungan-keuntungan tersebut? Berikut adalah manfaat dari teh hijau seputar kesehatan:

1.      Mencegah Kanker

Menurut National Cancer Institute, polifenol dalam teh terbukti menurunkan pertumbuhan tumor yang tumbuh di laboratorium dan berdasarkan tes pada hewan. Di negara-negara yang tingkat konsumsi teh hijau nya tinggi, tingkat kanker cenderung lebih rendah, tetapi belum diketahui secara pasti apakah teh hijau yang mencegah kanker pada populasi tertentu atau faktor gaya hidup lainnya.

 

2.      Benefit pada jantung

Sebuah studi tahun 2006 menyimpulkan bahwa konsumsi teh hijau dikaitkan dengan penurunan angka kematian karena semua penyebab, termasuk penyakit kardiovaskular. Studi ini diikuti lebih dari 40.000 peserta Jepang berusia antara 40 dan 79 selama 11 tahun, dimulai pada tahun 1994. Partisipan yang minum setidaknya lima cangkir the hijau per hari memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah (terutama dari penyakit kardiovaskular) dibandingkan mereka yang minum kurang dari satu cangkir the per hari.

 

3.      Menurunkan Kolesterol

Analisis studi yang dipublikasikan pada tahun 2011 menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau, baik sebagai minuman atau dalam bentuk kapsul, dikaitkan dengan penurunan total dan LDL atau kolesterol jahat yang cukup signifikan.

 

4.      Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

The Alzheimer’s Society berkomentar bahwa sebuah studi menunjukkan teh hijau dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Namun para peneliti menggunakan dosis yang jauh lebih tinggi dari bahan kimia teh hijau aktif  daripada dosis yang pernah ditemukan di tubuh manusia. Sehingga butuh lebih banyak penelitian lagi untuk mengetahui apakah hal ini bersifat sama dengan dosis yang lebih rendah.

Sumber: https://www.medicalnewstoday.com/articles/269538#benefits