Wawasan Global

Wawasan Global

By : Noviando Yulio

Halo, sahabat se-Dhamma. Kalian pasti sudah tahu dong perkembangan IPTEK saat ini berkembang sangat pesat. Nah, dampak dari perkembangan iptek ini memunculkan banyak permasalahan-permasalahan yang terjadi secara global. Untuk mengatasi dan menanggapi permasalahan yang sering muncul saat ini, maka kita harus mengerti dahulu apa penyebab permasalahan tersebut timbul.

Dalam menafsirkan permasalahan tersebut, kita harus memiliki pandangan dahulu terkait wawasan global.

Apa itu wawasan global ?

Dan mengapa wawasan global penting untuk membantu mengatasi permasalahan global ?

Kata “Wawasan” mempunyai arti hasil tinjauan ; pandangan ; konsepsi cara pandang. Kata “Global” mempunyai arti secara umum ; keseluruhan ; meliputi seluruh dunia. Maka wawasan global dapat diartikan suatu pandangan atau cara kita berpikir secara menyeluruh (mendunia).

Wawasan global merupakan unsur penting untuk memahami masalah global. Untuk mengembangkan wawasan global dapat melalui pendidikan yang kita jalankan, melalui pendidikan sesorang harus dapat mengembangkan 4 hal yakni :

-          Kemampuan mengantisipasi (anticipate),

-          Mengerti dan mengatasi situasi (cope),

-          Mengakomodasi (accommodate), dan

-          Mereorientasi (reorient).

Maka dengan kemampuan yang telah kita kembangkan ini menjadi bekal untuk mengerti wawasan global sehingga dapat menafsirkan permasalahan-permasalahan yang timbul. Seperti pada contoh : Penyebaran hoax atau ujaran kebencian yang didasarkan pada politik, Aplikasi Tiktok yang menjadikan warga global turut hadir dalam memberikan kesan baru agar dapat dikenal, yang mana mengandung unsur pornografi, game yang membuat para pelajar lupa diri akan tugasnya yakni belajar.

Namun, tidak semua perkembangan IPTEK memunculkan permasalahan, banyak juga yang berdampak positif seperti misalnya: Internet dapat digunakan untuk membantu memahami suatu hal terkait pembelajaran, komunikasi dapat lebih mudah terjangkau, dan sudah banyak aplikasi pembelajaran yang digunakan untuk mendukung pembelajaran online karena dampak dari pandemi COVID – 19 yang belum usai.

Meskipun demikian kita sebagai pelajar tentunya harus mempunyai pandangan yang luas akan pentingnya memahami suatu permasalahan yang ada atau bagaimana cara kita menyikapi agar dapat berguna bagi kita sendiri dan orang lain. Hal-hal yang dianggap mempunyai dampak buruk harus dihindarkan dan kita harus bisa membedakan informasi mana yang benar-benar diperlukan dan mana yang tidak karena kita adalah seorang pelajar maupun mahasiswa yang mestinya berwawasan luas dan lebih mengerti akan terkait permasalahan yang muncul.

Oleh sebab itu, wawasan global sangat ditekankan untuk dimengerti semua orang agar dapat memberikan pandangan yang benar dan memiliki pemikiran yang terbuka terkait apa yang dilihat di dunia. Wawasan global tidak hanya semata-mata menjadi ajang perlombaan untuk menunjukan jati diri, namun harus benar-benar didalami seiring berjalannya waktu perkembangan dunia ini agar dapat menyelesaikan tanggung jawab kita manusia sebagai makhluk sosial.

Maka, marilah kita bersama-sama turut serta mengembangkan pribadi kita sendiri untuk bisa berpikiran lebih terbuka dan rasional dalam menanggapi permasalahan yang timbul di sekitar kita.