Tips Menghadapi Ujian

TIPS MENGHADAPI UJIAN

Written By: Desy Sandra

            Hallo teman – teman seDhamma sebentar lagi kita semua akan menghadapi Ujian Tengah Semester. Ujian Tengah Semester ini menjadi momok yang cukup menakutkan bagi kita semua para mahasiswa. Tingkat kesulitan yang tidak jauh berbeda dengan Ujian Akhir Semester membuat tidak sedikit mahasiswa yang berusaha sebisa mungkin untuk dapat lulus pada momen ini. Pada artikel ini saya ingin membagikan beberapa tips tentang bagaimana belajar agar dapat menghadapi Ujian Tengah Semester dengan mudah :

  1. Membuat jadi musik

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda – beda, ada yang baik jika belajar hanya dengan membaca, ada yang cepat belajar jika menggunakan video , dan ada juga yang cepat belajar jika menggunakan media audio. Cara belajar dengan membuat apa yang ingin di mengerti atau dihafal menjadi audio atau berupa musik dapat sangat membantu bagi beberapa orang. Misalkan kita ingin menghafal tentang sejarah Indonesia seperti para pemimpin negara maka bisa nama nama Presiden tersebut di hafal menggunakan nada lagu kesukaan anda.

  1. Membuat Mindmap

Mindmap atau disebut juga peta pikiran adalah suatu grafik atau diagram yang menggambarkan atau menjelaskan suatu topik. Mindmap sendiri memiliki gambaran seperti ada bulatan ditengah dimana itu menggambarkan inti dari topik yang ingin dibahas, kemudian akan dilanjutkan dengan membuat cabang yang berisi sub topik yang kemudian akan dibuat seterusnya hingga topik pembahasan sudah tercakup semuanya. Mindmap ini sangat berguna untuk memudahkan seseorang mengingat inti dari topik pembahasan sehingga akan memudahkan juga untuk mengingat rangkaian keseluruhan dari topik tersebut.

  1. Membuat istilah istilah yang mudah diingat

Membuat istilah ini juga sangat berguna, karena kebanyakan dari kita memiliki otak yang di rancang agar mudah mengingat kata kata yang sederhana atau mudah di mengerti oleh kita. Misalkan kita ingin menghafal unsur kimia, kita bisa menggunakan istilah Hari LIbur NAnti nah dengan begitu pun kita dapat mudah untuk mengetahui bahwa ada unsur H, Li, dan Na dalam rentetan unsur kimia tersebut.

  1. Belajar dari jauh hari

Dan tips yang terakhir adalah belajar jauh sebelum hari ujian tiba. Memang terkadang sulit bagi kita untuk mulai belajar jika belum dekat waktu ujian karena yang ada di pikiran kita adalah “ah ujian masih besok”. Hal – hal itulah yang dapat menghambat proses belajar kita, jika kita mulai belajar dari jauh hari hal ini berarti kita memiliki waktu belajar yang jauh lebih Panjang, dan juga dapat membuat kita lebih mudah untuk menghafal. Karena jika sudah dekat dengan hari ujian biasanya kita akan merasa lebih tertekan dan dapat membuat kita sulit untuk menghafal.