Tips Merawat Laptop

TIPS MERAWAT LAPTOP

Written By : Shinta

            Hallo teman-teman seDhamma, kalian semua pasti punya laptop masing – masing kan.Bagaikan seorang anak, Namun bagi kita yang memiliki laptop terkadang suka melupakan hal – hal kecil yang harus diperhatikan dari laptop kita, sehingga kerap kali laptop kita memiliki berbagai masalah mulai dari baterai yang bocor, layer retak, mesin cepat panas dan lainnya. Walau hal sekecil apapun laptop itu sendiri haruslah kita rawat dengan baik sehingga dapat tetap awet dan tetap memberikan performa yang terbaik. Berikut adalah 5 tips untuk merawat laptop kalian

  1. Jangan pakai di atas Kasur

Bagi orang yang memiliki laptop, apalagi anak muda pasti suka menggunakan laptop di atas Kasur. Selain tempat yang lebih nyaman, di atas Kasur juga membuat kita lebih rileks. Namun hal tersebut ternyata tidak bagus untuk kesehatan laptop kita, karena sirkulasi udara di dalam laptop dapat terhambat sehingga dapat menyebabkan overheat atau kelebihan suhu dari hardware yang dapat memperpendek usia laptop anda.

  1. Jangan browsing sembarangan

Untuk anak muda browsing melalui internet memang hal yang menyenangkan, selain dapat mengetahui banyak hal baru, dan bahkan berkenalan dengan teman – teman diluar sana dengan mudahnya. Tetapi tidak jarang ada anak muda yang baik sengaja maupun tidak sengaja masuk atau mengunduh aplikasi yang tidak aman atau mengandung virus. Nah virus virus tersebut dapat membuat performa laptop kita semakin berkurang dikarenakan sistem yang diserang oleh virus tersebut.

  1. Jangan menggunakan laptop terlalu lama

Baik perempuan maupun pria pasti sering menggunakan laptop baik untuk menonton film kesukaan atau bermain game Bersama teman – teman. Terkadang ketika sudah larut kedalam hal – hal tersebut kita sering kali lupa Batasan waktu sehingga penggunaan laptop sendiri dapat menjadi berlebihan, bisa 5 jam, 6 jam, 7 jam, bahkan 10 jam tanpa henti.Lebih baik kita mengunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda untuk mengistirahatkannya.

  1. Bersihkan laptop anda secara rutin

Banyak dari kita yang menggunakan laptop tetapi jarang atau lupa untuk membersihkan perangkat tersebut. Kebersihan laptop juga sangat berpengaruh bagi kesehatan laptop kita. Hal – hal yang perlu dibersihkan secara rutin antara lain adalah layer, Optical Drive, Keyboard, dan lainnya.

  1. Simpanlah laptop di tempat yang aman dan bersih

Tempat penyimpanan juga akan berpengaruh bagi laptop kita. Tempat penyimpanan laptop ini haruslah tempat yang jauh dari sinar matahari yang terik, tidak berdebu dan juga sejuk.

Jadi itulah beberapa tips agar laptop kalian tetap sehat dan optimal, Semoga bermanfaat.

Sumber :

12 Cara Ampuh Merawat Laptop dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet