Yuk, Bisa Yuk!

Yuk, Bisa Yuk!

Penulis: Angely Kaladina

 

Halo semuanya, pada kesempatan kali ini, saya ingin menceritakan pengalaman pribadi saya mengenai ketekunan. Apa itu Ketekunan? Ketekunan adalah kemampuan kamu untuk bertahan di tengah tekanan dan kesulitan.

 

Dulu waktu saya menduduki bangku SD, saya tidak suka pelajaran Bahasa Inggris. Setiap ulangan, nilai saya tidak pernah melewati nilai KKM. Saya merasa Bahasa Inggris adalah mata pelajaran tersulit karena ada sangat banyak kosakata dan bentuk kalimat yang harus dipelajari. Karena saya bersekolah di sekolah swasta, mau tidak mau saya harus mengambil kursus Bahasa Inggris yang berfokus pada speaking. Namun, kursus tersebut juga tidak meningkatkan kemampuan saya dalam berbahasa Inggris.

 

Saat saya menduduki bangku SMP, saya mulai suka bermain game. Saat itu juga saya menemukan seorang YouTuber yang bernama ‘Pewdiepie’. Saat itu saya masih kurang fasih dalam berbicara atau mengerti Bahasa Inggris. Sejak saat itu, saya sering kali menonton video-nya menggunakan takarir sebagai panduan untuk memahami apa yang dia bicarakan. Sejak saat itu saya pun mulai menyukai bahasa Inggris dan bahkan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.

 

Jika saya ditanyakan, “Apakah anda pernah berfikir bahwa kamu bisa berbahasa Inggris?”, jawabannya adalah tidak. Semua ini dimulai dari ketekunan. Anda harus tetap mengambil langkah selanjutnya. Jangan hanya berhenti di langkah pertama. Memang semakin jauh anda berjalan, semakin banyak rintangan yang menghadang.

 

Bayangkan, andai saja kemarin anda berhenti, maka anda tidak berada di sini sekarang. Setiap langkah menaikan nilai diri anda. Apapun yang anda lakukan, jangan sampai kehilangan ketekunan anda. Karena ketekunan adalah daya tahan anda. Namo Buddhaya.

 

Referensi: https://iphincow.com/2010/08/02/ketekunan-adalah-kekuatan-anda/#:~:text=Ketekunan%20adalah%20kemampuan%20anda%20untuk,semakin%20banyak%20rintangan%20yang%20menghadang