Wawasan Global

WAWASAN GLOBAL

Written By : Indra Gunawan

Derasnya arus globalisasi menyebabkan kemajuan di bidang teknologi, terutama teknologi komunikasi dan informasi, sehingga informasi yang datang dari negara lain dapat dengan mudah masuk ke suatu negara. Dikarenakan teknologi internet yang memudahkan seluruh orang di dunia dapat mengakses berbagai informasi tanpa mengenal waktu dan wilayah.

Efek dari arus globalisasi sendiri adalah kita tidak bisa menghindar dari perubahan yang ada dan harus memiliki wawasan global. Apabila kita masih berpikiran sempit dan tertutup, maka akan membawa kita pada ketertinggalan. Berwawasan global akan membawa kita untuk mengenali bahwa dunia itu tidak memiliki batasan, kita pun akan tahu bagaimana cara menghargai perbedaan seperti perbedaan ras, warna kulit, ideologi dan nasionalisme. Dengan demikian pembentukan setiap orang untuk berwawasan global sangat diperlukan.

Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan dan memperluas wawasan global, dan cara yang paling efektif adalah melalui pendidikan. Melalui pendidikan, maka setiap orang harus mampu mengembangkan empat hal berikut:

1.      Kemampuan mengantisipasi, artinya kita harus bisa mengantisipasi perkembangan teknologi yang begitu cepat sehingga kita di harapkan bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

2.      Mengerti dan mengatasi situasi , artinya kita dapat mengembangkan kemampuan dan sikap kita untuk menangani dan berhadapan dengan situasi yang baru. Rasa kepedulian terhadap suatu masalah serta keinginan untuk mengatasi masalah tersebut merupakan hal yang harus dikembangkan pada diri kita masing-masing.

3.      Mengakomodasi, artinya kita dapat mengakomodasi perkembangan teknologi yang pesat dan segala perubahan yang ditimbulkannya. Dalam mengakomodasi pun kita perlu mengembangkan sikap bahwa kita tidak boleh langsung larut terhadap perubahan yang ada, tetapi kita harus mampu mengikuti dan mengendalikan perubahan yang ada agar tumbuh menjadi suatu yang positif dan bermanfaat bagi kehidupan.

4.      Mereorientasi, artinya persepsi dan wawasan kita tentang dunia perlu diorientasikan kembali karena perkembangan teknologi dan perubahan sosial yang cepat sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas.

Keempat hal tersebut dapat membantu kita untuk memperluas dan membuka wawasan global kita. Jika kita masih menutup wawasan global kita, maka kita akan kalah dan tertinggal jauh dari negara-negara lainnya. Di era sekarang ini, Indonesia sendiri membutuhkan kontribusi nyata dari generasi mudanya untuk lebih siap menghadapi tantangan-tantangan globalnya. Jadi, mari kita bersama-sama membuka mata dan wawasan kita secara global karena itu akan menjadi salah satu kontribusimu terhadap Indonesia.

 

Referensi : http://sitihamzahrahayu.blogspot.com/2013/12/pentingnya-wawasan-global-dalam.html