Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

By: Angeline Clairine

 

Insomnia adalah gangguan susah tidur malam. Kekurangan tidur ataupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu. Ada beberapa faktor penyebab insomnia, antara lain seperti stress atau kekhawatiran berlebih, salah konsumsi obat, terlalu banyak tidur siang, sering mengkonsumsi makanan/minuman stimulan. Gejala insomnia yang umum terjadi yaitu: kesulitan untuk tidur di malam hari, sering terbangun di tengah malam, bangun tidur dengan tubuh yang lelah, mengantuk dan kelelahan di siang hari, cepat marah, depresi, atau cemas/gugup, sulit fokus pada tugas-tugas, sakit kepala dan kepala terasa tegang, rasa tertekan di perut dan usus. Lalu apakah cara mengatasi insomnia ini sulit? Nyatanya tidak, untuk mengatasi insomnia, ada beberapa cara mudah yang mungkin dapat membantu kita yaitu:

1.      Lakukan olahraga sebagai rutinitas dalam rumah.

 

Untuk mengakses olahraga online bisa diakses di youtube ataupun platform lainnya. Jika memiliki alat olahraga mungkin bisa menggunakannya dalam rumah.

 

2.      Kurangi hal-hal yang menimbulkan kecemasan.

 

Kurangi mengingat secara terus-menerus masalah-masalah pada masa lalu atau pada masa depan.

 

3.      Kurangi makan banyak sebelum tidur.

 

Sebaiknya hindari makan minimal 60 menit sebelum tidur malam. Sebagai gantinya, konsumsi 4 gelas air putih saja.

 

4.      Banyak berpikir positif.

 

5.      Usahakan aktif di siang hari.

 

Perbanyak hobi yang dapat dilakukan di dalam rumah. Contohnya, untuk yang memiliki hobi memasak, mungkin ini saatnya berkreasi membuat makanan-makanan yang baru.

 

Referensi : https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/insomnia/

      https://artikelpedulikesehatan.blogspot.com/2011/02/semua-tentang-insomnia.html