Manfaat Tidur apa aja sih?

Fakta Tentang Manfaat Tidur

Penulis: Alexander Maximilian

 

            Selama pembelajaran dirumah dan liburan banyak perubahan yang dirasakan oleh setiap orang salah satunya pada pola tidur. Banyak dari kita mengalami perubahan pola tidur menjadi lebih sering begadang daripada ketika kuliah seperti biasa. Alhasil terkadang waktu tidur kita kurang dari seharusnya dan sering terasa letih. Padahal menjaga pola tidur yang sehat adalah suatu keperluan yang penting bagi setiap orang agar dapat menjalani keseharian dengan optimal. Tahukah kamu ternyata kurang istirahat dan tidur dapat membuat kita cepat pikun? Selain itu banyak gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan dari kurang istirahat dan tidur juga. Maka dari itu penting bagi kita untuk tahu waktu tidur yang benar dan manfaat-manfaat dari istirahat dan tidur yang cukup.

 

Jumlah Jam yang dianjurkan

            Jumlah jam tidur yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah 7-9 jam sehari, bagi remaja berumur 14-17 tahun perlu 8-10 jam sehari, bagi anak usia 6-13 tahun perlu 9-11 jam sehari dan balita usia 3-5 tahun perlu 10-13 jam sehari.

 

Manfaat Tidur dan Istirahat yang Cukup

-          Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang akan memberi perlindungan pada sistem kekebalan tubuh saat tidur. Senyawa ini yang akan membantu melawan peradangan dan infeksi. Bila jumlah jam tidur tidak cukup, produksi senyawa ini tidak akan cukup sehingga tubuh lebih mudah terserang penyakit.

 

-          Tetap Aktif

Kekurangan jam tidur walau hanya satu atau dua jam sehari saja akan menyebabkan tubuh merasa lelah dan seolah-olah tidak tidur sama sekali. Kurang tidur juga cenderung membuat orang jadi kurang produktif dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan suatu tugas. Reaksi orang tersebut juga cenderung lebih lambat dan akan lebih sering membuat kesalahan.

 

-          Menjaga dan Meningkatkan Suasana Hati

Orang dengan jam tidur dan istirahat yang kurang cenderung mengalami suasana hati yang kurang baik. Biasanya orang tersebut akan menjadi cepat marah, sulit untuk fokus, dan tidak sabar. Indikasi lainnya adalah rasa stress, kelelahan, dan murung.

Berdasar manfaat yang telah ditulis di atas, sudah semestinya kita menjaga pola tidur kita untuk selalu menjaga kesehatan kita. Cara menjaganya pun cukup mudah dengan memiliki jam tidur yang cukup setiap harinya. Semoga dengan artikel ini dapat kembali mengingatkan dan menambah wawasan bagi semua pembaca.

 

Referensi:

- https://www.liputan6.com/bola/read/4127916/8-manfaat-tidur-cukup-bagi-kesehatan 

- https://www.alodokter.com/9-manfaat-istirahat-dan-tidur-yang-cukup