Merasa Mudah Stress??

Merasa Mudah Stress?

Ini Dia 4 Teknik Latihan Pernapasan Pereda Stress

 

Written by: Adella Gravita

Hallo teman-teman seDhamma, kalian pasti pernah mengalami masa down atau stress karena tugas yang banyak kan. Nah, ada salah satu cara nih yang dapat membantu kalian mengurangi stress, yaitu kemampuan mengontrol pernapasan. Hal ini, akan membantu dalam mengurangi stress serta meningkatkan stabilitas otot-otot batang tubuh yang digunakan saat bernapas. Sehingga tubuh lebih kuat saat melakukan aktivitas fisik yang lebih berat. Berikut teknik pernapasan yang bisa kamu lakukan:

1. Pursed Lip Breathing

Leher dan bahu dalam keadaan rileks. Tutup mulut kamu dan tarik napas perlahan lewat hidung dalam dua hitungan. Kerucutkan bibir seakan hendak bersiul. Hembuskan napas dari mulut selama empat hitungan.

2. Latihan Pernapasan diagframa

Berbaringlah dengan lutut ditekuk dan kepala disangga bantal. Letakkan satu tangan di dada dan satunya lagi di perut bagian atas agar dapat merasakan gerakan diagframa. Perlahan tarik napas lewat hidung dan hembuskan napas lewat mulut. Rasakan pergerakan diagframa dan usahakan bagian dada atas tetap diam dalam mempraktikkan latihan pernapasan ini.

3. Sitali Breath

Latihan pernapasan ini bisa membantu menurunkan suhu tubuh dan membuat pikiran menjadi rileks. Begini caranya: Pilih posisi duduk yang nyaman. Julur dan lipatkan lidah agar kedua sisi luar lidah dapat bertemu di tengah. Tarik napas melalui mulut dan hembuskan napas menggunakan hidung.

4. Pernapasan dalam

Dalam posisi berdiri atau duduk, kedua siku ditarik sedikit ke belakang agar dada lebih mengembang. Tarik napas dalam melalui hidung. Tahan napas selama lima hitungan. Hembuskan napas perlahan-lahan melalui hidung.

Jadi itulah beberapa teknik pernapasan dalam mengurangi stress yang dapat kalian lakukan, semoga bermanfaat.