Interview Itu Mudah

INTERVIEW ITU MUDAH!

Written By : Andrea Anderson Lim

            Hallo teman – teman seDhamma! Buat kalian yang lagi kuliah nih pasti ada beberapa dari kalian yang ingin bekerja baik itu paruh waktu atau pun yang lainnya. Selain itu juga buat temen – temen yang sebentar lagi lulus juga pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang diharapkan dan sesuai. Untuk mendapatkan pekerjaan – pekerjaan tersebut pastilah ada beberapa langkah yang dilakukan atau harus dilewati. Tahap pertama yang terpenting adalah tahap wawancara dimana ini menjadi momok kebanyakan orang karena pada interview ini kita tidak tahu apa yang akan ditanyakan kepada kita. Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips dan trik untuk menghadapi wawaancara :

  1. Belajar

Untuk dapat melewati interview dengan baik kita haruslah belajar. Belajar yang dimaksud adalah belajar tentang apa saja yang perlu diketahui mengenai posisi yang akan kita lamar nanti. Misalkan kita akan melamar sebagai staff penjualan. Maka dari itu kita harus mengetahui seperti penjualan itu apa, bagaimana, bagaimana taktik berjualan yang baik, barang apa yang akan kita jual nanti, siapa saja target kita nanti, dan sebagainya. Selain mengenai posisi kita, kita juga harus mengetahui tentang perusahaan kita seperti perusahaan kita bergerak dalam bidang apa, Bagaimana cara kerja mereka, siapa saja target mereka, apa visi dan misi perusahaan tersebut, dan lainnya. Berbagai hal tersebut akan sangat menjadi nilai positif bagi teman – teman semua jika mengenal perusahaan dan posisi yang akan dilamar nanti.

  1. Membuat CV

Bagian ini juga tidak kalah penting dengan yang lainnya. Pada bagian ini teman – teman harus membuat CV yang semenarik mungkin baik dari segi konten maupun tampilannya. Konten di dalam CV teman – teman haruslah sesuai dengan posisi yang akan dilamar nanti agar orang yang melihat CV kalian dapat lebih mudah untuk tertarik dan yakin bahwa kalian cocok untuk posisi tersebut. Tampilan pun tidak boleh dilupakan karena tampilan yang baik akan menarik perhatian orang yang akan merekrut kalian.

  1. Berlatih

Setelah belajar dan membuat CV, jangan lupa untuk berlatih untuk interview. Kalian bisa meminta tolong kepada teman – teman kalian untuk berpura – pura menjadi orang yang akan mewawancarai anda Atau kalian juga bisa berlatih di depan cermin dengan diri anda sendiri sehingga kalian dapat lebih yakin dengan pembawaan kalian pada saat wawancara nanti.

  1. Mempersiapkan segala keperluan

Yang dimaksud dengan mempersiapkan segala keperluan disini adalah seperti apa yang akan kalian kenakan nanti ketika wawancara, apa saja yang dibutuhkan seperti CV, pas foto, alat tulis, dan sebagainya. Jangan sampai lupa ya!

  1. Percaya diri

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah percayalah pada diri kalian, yakinlah bahwa kalian pantas dan bisa untuk posisi yang kalian lamar tersebut.

Sampai disini dulu artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman – teman semuanya ya! Semangat untuk wawancaranya!