Peningkatan Wawasan Global di Era Globalisasi

Peningkatan Wawasan Global di Era Globalisasi

Penulis : Jesclyn

 

            Globalisasi merupakan faktor penting bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Globalisasi berperan penting dalam pembangunan  kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia. Seiring perkembangan globalisasi, negara dituntut untuk memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. Untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia, masyarakat diharapkan meningkatkan kesadaran dan memperluas wawasan global. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan.

 

            Peningkatan kualitas pendidikan sangatlah penting bagi suatu bangsa, agar mereka mampu bersaing dan menghadapi tantangan di era globalisasi ini. Seseorang dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya baik di masa sekarang maupun di masa depan, apabila ia memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik. Melalui pendidikan, seseorang dapat berpikir secara kritis dan rasional dalam menghadapi suatu persoalan.

 

            Sebagai generasi muda Indonesia, kita dapat mengembangkan 4 (empat) hal berikut pada dirinya melalui pendidikan, yaitu :

  1.           Kemampuan mengantisipasi, artinya generasi muda Indonesia disiapkan untuk mengantisipasi kemajuan IPTEK.
  2.         Memahami dan mengatasi situasi, artinya kita dapat mengembangkan kemampuan kita untuk memahami dan mengatasi suatu persoalan dengan cara berpikir yang kritis dan rasional.
  3.           Mengakomodasi, artinya kita dapat mengakomodasi segala perubahan yang ditimbulkan dari kemajuan IPTEK dengan cepat dan tanggap.
  4.           Meorientasi, artinya sudah sepatutnya kita memiliki persepsi dan wawasan global yang lebih luas dalam menghadapi kemajuan IPTEK di era globalisasi ini.

 

Sangat penting bagi masyarakat untuk memiliki wawasan global agar tingkat pendidikan di Indonesia dapat berkembang dengan baik. Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia juga diharapkan dapat menciptakan kualitas SDM yang lebih baik lagi sehingga Indonesia mampu bersaing di era globalisasi ini.

 

Referensi :

http://sitihamzahrahayu.blogspot.com/2013/12/pentingnya-wawasan-global-dalam.html