Tips untuk Menghindari Kejahatan Ketika Pandemi COVID-19

Tips untuk Menghindari Kejahatan Ketika Pandemi COVID-19

WRITTEN BY : ALBERT JAYA

 

Menurut Sutherland, pengertian kejahatan adalah perilaku penyimpangan sosial masyarakat yang keluar dari norma dan nilai sosial, perilaku ini menjadi penentu dalam pelanggaran ketentuan hukum pidana , sehingga seseorang yang melakukan kejahatan haruslah dihukum sesuai dengan keteraturan sosial yang berlaku di masyarakat.

Dalam keadaan pandemi COVID-19 ini, banyak sekali kejadian-kejadian yang sangat tidak diinginkan itu terjadi seperti terjadinya perampasan barang berharga, pencurian barang dirumah ataupun penipuan. Semua orang menghalakan berbagai cara demi mendapatkan uang untuk sesuap nasi. Meskipun cara yang dilakukan itu salah, mereka tetap melakukan cara tersebut karena sudah tidak tahu lagi bagaimana untuk mendapatkan uang, dimana pekerjaan sehari-hari mereka tidak bisa dilakukan. Tentu saja kita perlu lebih ekstra berhati-hati lagi untuk menghidari kejadian seperti ini terjadi pada diri kita sendiri. Saya sendiri juga sudah mengalami nya, padahal terlihat sangat sepele seakan-akan tidak bakal terjadi apa-apa, jalan begitu sepi di siang hari, tetapi ketika saya menerobos jalan tersebut dan hilanglah barang berharga saya berupa gadget. Maka dari itu, sangatlah diperlukan meningkatkan kewaspadaan anda.

Berikut terdapat beberapa cara untuk menghindari terjadinya kejahatan:

1. Selalu waspada dengan keadaan sekitar

Ini adalah cara paling mendasar yang harus kamu praktikkan untuk menghindari kejahatan. Kamu tidak akan bisa terhindar kalau tidak waspada atau bahkan tidak sadar. Jangan pula terlalu terpaku pada layar gadget sampai kamu tidak sadar siapa atau apa yang ada disekitarmu. Jika ingin mendengarkan musik dengan headset, atur volumenya agar kamu masih bisa mendengar suara dari luar. Kalau sedang berjalan sendirian di malam hari, lebih baik jangan gunakan gadgetmu, tapi fokus pada jalan dan keadaan di sekitarmu.

2. Sebisa mungkin jangan pergi sendiri

Kalau kamu ingin pergi ke tempat yang jauh atau belum pernah kamu kunjungi, sebisa mungkin jangan pergi sendirian. Orang yang berpergi sendiria memiliki risiko yang lebih besar untuk menjadi korban, apalagi kalau kamu tampak bingung celingak‚ÄĒcelinguk mencari alamat yang kamu ingin tuju. Kamu bisa langsung jadi sasaran penipu atau orang jahat.

Terutama kalau kamu perempuan dan ingin pergi di malam hari, sangat bijak untuk minta ditemani seseorang. Sebisa mungkin, mintalah pada seorang laki-laki, entah teman, pasangan ataupun keluarga. Penjahat bisa saja masih berani berbuat jahat pada dua orang perempuan, tapi umumnya mereka akan menghindar jika calon korban ditemani laki-laki.

3. Jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan

Yang satu ini kemungkinan kamu sudah tahu. Ya, menggunakan perhiasan secara berlebihan adalah tindakan yang bisa memancing kejahatan. Benda mahal lain seperti gadget juga sebaiknya tidak kamu keluarkan kalau tidak benar-benar butuh. Selalu tampil sederhana dan hindari sikap pamer demi keamananmu sendiri.

 

4. Selalu membawa benda yang bisa digunakan untuk mempertahankan diri

Dalam keadaan darurat apapun kamu bisa saja berhadapan dengan seorang penjahat, kamu perlu mempertahankan diri semaksimal mungkin. Jika si penjahat hanya mengincar barang bawaanmu, maka membiarkannya mengambil barang tersebut mungkin adalah langkah paling bijaksana. Terutama kalau si penjahat memegang senjata.

Namun jika si penjahat memang mengincar dirimu, kamu harus melawan. Maka sebisa mungkin, selalu bawa sebuah benda yang bisa kamu pakai untuk mempertahankan diri. Bisa berupa stun gun, semprotan merica, payung, atau bahkan sebatang besi yang memang sengaja kamu bawa untuk berjaga-jaga.

Memiliki keahlian bela diri juga bisa membantu, tapi usahakan tetap gunakan sebuah benda sebagai senjata untuk mempermudah melumpuhkan si penjahat. Selain itu, benda itu juga bisa kamu gunakan untuk menangkis serangannya. Paling penting, janganlah ragu untuk melumpuhkan bahkan melukai si penjahat, karena nyawamu bisa saja sedang dipertaruhkan.

 

References:

 https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/peter-eduard/tips-menghindari-kejahatan-di-jalan-c1c2/7