Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Written by: Silvia

Penyebaran COVID-19 yang begitu cepat membuat masyarakat semakin waspada. Namun, masyarakat dihimbau untuk tidak panik dengan penyebaran virus Covid-19 tersebut. Salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap warga adalah menjaga daya tahan tubuh. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

1.     Konsumsi makanan yang sehat

Makanan seperti keju, yoghurt, dan asinan kubis mengandung mikroba yang dapat memicu imunitas tubuh di dalam usus. Selain itu, makanan yang dapat meningkatkan imunitas pada tubuh adalah lada hitam, biji ketumbar, bawang putih, jahe, jeruk, brokoli, kecambah, lemon dan stroberi.

 

2.     Memijat diri sendiri secara rutin

Memijat diri sendiri dapat menenangkan sistem saraf dan membantu kita dalam mengurangi stres yang berakibat meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk memijat dapat menggunakan minyak wijen.

3.     Melakukan pose yoga terbalik

Pose yoga terbalik (headstand) dapat meningkatkan sirkulasi getah bening dan mengusir kuman dari tubuh. Ketika kepala berada di bawah jantung, maka getah bening bergerak ke organ pernapasan, di mana kuman sering memasuki tubuh. Ketika kembali ke posisi tegak, gravitasi mengalirkan getah bening kembali ke bawah melalui kelenjar getah bening. Dengan metode ini, maka virus dan kuman akan ikut terbuang.

 

4.     Hindari makanan dan minuman yang dingin ataupun digoreng

Minum atau makan makanan yang dingin dapat merusak sistem metabolisme pencernaan, yang tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Makanan berat dan gorengan merupakan makanan yang sulit dicerna, sebaiknya dihindari. Konsumsilah banyak sayur yang berjenis akar-akaran dan dimasak atau dijadikan kaldu untuk sup.


5.     Mandi air hangat

Mandi air hangat di malam hari dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dapat juga dengan ditambahkan garam Epsom ataupun minyak esensial yang menghangatkan seperti jahe, kapulaga, kayu putih, rosemary, kayu manis, cedar, pinus, kemangi dan juniper.

 

Sekian tips-tips dari saya, semoga dapat membantu pembaca. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya.