Pembelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Virus Corona Berdasarkan Ajaran Agama Buddha

Pembelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Virus Corona

Berdasarkan Ajaran Agama Buddha

Penulis: Ivan

 

            Hallo teman-teman se-Dhamma, seperti yang sudah teman-teman ketahui, saat ini sedang mewabahnya virus corona, jutaan orang terinfeksi di dunia, oleh karena itu penting sekali teman-teman untuk hidup sehat serta tetap berada di rumah atau bekerja dari rumah untuk menghentikan penyebaran virus corona ini. Nah, apasih pelajaran yang bisa kita ambil dari virus corona ini berdasarkan dengan ajaran agama Buddha?

            Menurut ajaran Buddha, sumber wabah dikarenakan perilaku mengkonsumsi hewan liar yang berlebihan dan kurangnya memahami proses sebab akibat yang terjadi. Diuraikan dalam Abhidhamma mengenai lima jenis hukum alam (Pañca Niyama), jika segala apa yang kita lakukan (Kamma Niyama) akan mempengaruhi iklim dunia (Utu Niyama). Misalkan, kamma negatif yang dihasilkan dari penyebab keserakahan ataupun kebencian umat manusia seperti penebangan liar terlalu berlebihan akan terjadi gangguan pada alam sekitar ataupun ekosistem yang dapat berubah. Seperti musim hujan tidak datang pada waktunya, musim kemarau terlalu panjang, disusul dengan badai hujan yang terlalu ekstrem sehingga terjadinya bencana alam banjir bandang, tanah longsor, ataupun kebakaran hutan serta bencana lainnya.

            Oleh karena itu penting sekali bagi kita manusia untuk tidak serakah serta menjaga lingkungan. Semoga pandemi virus corona ini cepat berlalu dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

 

 

Referensi:

https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/23/100200123/update-corona-23-april-264-juta-orang-terinfeksi-723874-sembuh

http://www.dhammacakka.org/?channel=ceramah&mode=detailbd&id=1068