Mari Kita Mengenal Agama Buddha

Mari Kita Mengenal Agama Buddha

Written by: Supanna Viriya Guna.K

 

Agama Buddha adalah suatu ajaran yang sudah ada sejak 2540 tahun lalu yang berasal dari Anak Benua Asia. Ajaran ini ditemukan dan diajarkan oleh Sang Buddha atau Siddharta Gautama sebelum beliau mencapai pencerahan sempurna. Saat ini sekitar 475 juta orang di seluruh dunia menganut agama ini.

“Buddha” yang berarti “yang telah sadar” atau “yang telah terjaga”. Istilah ini berasal dari bahasa sansekerta “Budh” (terjaga, menyadari, memahami). Kata “Buddha” menjadi gelar untuk seseorang yang telah mencapai Pencerahan Sempurna .

Siapakah Sang Buddha?

            Sebelum mencapai pencerahan sempurna, Sang Buddha adalah seorang pangeran yang bernama Siddhartha Gautama dari Kerajaan Sakya. Beliau lahir di Taman Lumbini pada tahun 563 sebelum Masehi. Pada usia 29 tahun, Beliau menyadari bahwa manusia mengalami penderitaan seperti sakit hingga kematian, sehingga beliau memutuskan meninggalkan kehidupannya untuk mencari kebahagian sejati. Setelah 6 tahun berjuang mempraktikkan berbagai cara penyangkalan diri secara keras yang berakhir dengan kegagalan, pada akhirnya Beliau menemukan “Jalan Tengah” untuk mengakhiri penderitaan dan mencapai pencerahan sempurna menjadi seorang Buddha. Selama 45 tahun, Buddha mengajarkan Dhamma ke semua orang hingga akhirnya pada usia 80 tahun Buddha Parinibbana.

Selama 45 tahun Sang Buddha telah mengajarkan Dhamma, terutama dalam mengajarkan tentang memahami penderitaan hidup dan cara mengatasinya yang tercantum dalam 4 kebenaran mulia.

Empat Kebenaran Mulia (Cattari Ariya Saccani):

1.          1. Kebenaran Mulia tentang Dukkha (Dukkha Ariya Sacca)

2.          2. Kebenaran Mulia tentang sebab Dukkha (Dukkha Samudha Ariya Sacca)

3.          3. Kebenaran Mulia tentang Terhentinya Dukkha (Dukkha Nirodha Ariya Sacca)

4.         4.  Kebenaran Mulia tentang Jalan Menuju Terhentinya Dukkha (Dukkha Nirodha Gamini Patipada Ariya Sacca)

 

Menjadi umat Buddha sangatlah mudah, yaitu dengan membaca Parrita Suci sesuai aliran masing-masing di pagi hari dan juga malam hari setiap harinya. Kalian juga bisa datang ke Vihara untuk ikut kebaktian umum yang diadakan setiap hari minggu.

Sekian artikel mengenai Agama Buddha, semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Referensi :  https://bhagavant.com/sejenak-mengenal-agama-buddha

                  http://www.kmbd.info/article