HOW TO NOT INFECTED BY CORONAVIRUS

HOW TO NOT INFECTED BY CORONA VIRUS

Seiring waktu, lingkungan pun bisa menjadi lebih kasar dan juga lebih berbahaya bagi kita maupun lingkungan kita sendiri. Terutama kejadian belakangan ini yang menjadi sebuah bencana dunia atau pandemik dari virus yang bernama Coronavirus (COVID-19) Virus ini bermula dari Wuhan, China dan sudah menyebar di Indonesia. Hal ini membuat penduduk Indonesia menjadi panik. Namun, jangan khawatir teman - teman! Saya akan memberikan beberapa tips yang dapat membuat kamu tetap terjaga dan bisa selamat dari pandemik COVID-19 ini!

1.       #dirumahaja

Iya saya tahu, hal ini memang sepele namun sangat efektif dalam melindungi diri sendiri dari
luar dan memutuskan rantai dari pandemik COVID-19. Dengan kita #dirumahaja, tidak ada yang akan menyebarkan atau terkena virus COVID-19.

2.       Berjemur.

COVID-19 sangat rentan akan panas. Dengan kita berjemur, kita bisa menjaga tubuh kita dari virus ini. Waktu yang pas untuk kita berjemur adalah pada pagi hari menjelang siang di antara jam 10 – 12. Nah, Mengapa kita harus berjemur di bawah matahari? Karena sinar matahari dapat membantu tubuh kita menghasilkan Vitamin D yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, sinar matahari juga membantu kita untuk meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan mood postitf, meningkatkan kekuatan tulang dan juga  Menurunkan risiko persalinan prematur. Ternyata banyak juga ya manfaatnya.

3.       Olahraga

Olahraga juga menjadi salah satu pendorong untuk meningkatkan imunitas tubuh kita loh. Banyak olahraga yang kita bisa lakukan di rumah seperti Yoga, Lompat Tali, Push up, Pull up, dll. Untungnya, olahraga ini tidak harus dilakukan di GYM , bisa saja di halaman rumah atau di dalam rumah hanya dengan menyingkirkan beberapa perabotan sudah cukup untuk beraktivitas yang menyehatkan.

4.       Physical Distancing, Masker, Hand Sanitizer, Sarung tangan

Sebelum COVID-19 menjadi pandemik, ketiga benda ini dianggap sepele namun seiringnya COVID-19 menjalar dilingkungan masyarakat, ketiga benda ini menjadi sangat langka dan harganya semakin mahal untuk dibeli. Tetapi, selagi kamu bisa mendapatkan supply masker, hand sanitizer dan sarung tangan yang cukup untuk keseharian, pakailah sebaik-baiknya. Jika habis kemungkinan kita akan kesusahan untuk membeli atau mendapatkannya.Bila ada orang lain yang lebih membutuhkan, sebaiknya kita membantu mereka dengan mendahulukan mereka untuk membeli barang-barang ini. Bila kita perlu keluar rumah, sediakanlah ketiga barang ini untuk mengurangi kemungkinan kita tertular. Lalu, ingatlah Physical Distancing (tidak berdekatan satu sama lain secara fisik) agar kita dapat memutuskan rantai dari COVID-19. Ini pertama kalinya di era modern manusia harus berpisah agar tetap hidup. Lucu ya...

5.       #staypositive.

Hal ini merupakan yang paling penting, dengan kita #staypositive, kita bisa meningkatkan fokus kita dalam berbagai hal, antara lain:  meningkatkan kemampuan dalam mengatasi stress, meningkatkan imunitas tubuh, dan juga yang paling penting yaitu kita juga bisa menjadi penyebar mood postive agar orang lain juga bisa merasakan efek dari #staypostive. Dengan kita tidak menyebar hoax, tetap menjaga produktivitas dan menjaga emosi kita, hal ini sudah termasuk dalam #staypostive loh.

 

Penulis Artikel : Wilson

 

REFERENSI :

https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit

https://www.sehatq.com/artikel/rasakan-manfaat-berpikir-positif

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200323144247-255-486080/5-manfaat-berjemur-di-bawah-sinar-matahari

https://www.liputan6.com/bola/read/4211081/5-olahraga-yang-bisa-dilakukan-dari-rumah-di-tengah-pandemi-virus-corona-covid-19#