Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

By: Florencia Anggreani

 

Di musim pancaroba seperti sekarang ini, cuaca berubah tak menentu. Hal ini membuat sistem imun tubuh kita menjadi tidak kuat yang mengakibatkan tubuh mudah jatuh sakit. Di tambah lagi dengan adanya pandemi global, yang membuat daya tahan tubuh kita semakin lemah. Dalam hal ini, anda perlu meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar dapat menangkal segala penyakit yang datang. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem imun di tubuh:

1.          1. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang

Konsumsilah makanan dengan nutrisi yang seimbang, yang bersifat 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, anda disarankan lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, karena vitamin C mampu meningkatkan imun dalam tubuh. Selain jeruk, vitamin C juga banyak terkandung dalam buah jambu biji, kiwi, pepaya, dan stroberi.

2.          2. Mengurangi stres

Stres dapat mempengaruhi segalanya, mulai dari kesehatan otak, berat badan, hingga kekebalan tubuh. Stres yang tidak terkendali dapat meningkatkan produksi hormon kortisol di dalam tubuh. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

3.          3. Menjaga pola hidup sehat

Sesibuk apapun Anda, tetaplah perlu menyempatkan waktu untuk berolahraga agar dapat tetap menjaga kebugaran tubuh. Kebiasaan berolahraga merupakan “Kunci” dari imunitas tubuh yang kuat. Selain berolahraga, pastikan juga anda memiliki jam istirahat yang cukup, yaitu 7-8 jam untuk orang dewasa dan 10 jam untuk anak-anak.

4.          4. Menjaga kebersihan diri

Kebersihan diri merupakan salah satu hal terpenting yang perlu anda perhatikan. Tubuh yang tidak terjaga kebersihannya, akan rentan terserang penyakit. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah makan ataupun beraktivitas. Selain itu, anda juga sebaiknya selalu membersihkan diri setelah berpergian keluar rumah.

5.         5.  Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin D berguna untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit sebelum pukul 10.00 pagi sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

 

Menerapkan pola hidup yang sehat dan seimbang merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Hal-hal diatas perlu dipraktikkan secara rutin agar dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

 

References:

https://www.alodokter.com/agar-tak-mudah-sakit-ini-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-di-musim-hujan-dan-banjir

https://www.alodokter.com/manfaatkan-berjemur-sinar-matahari-pagi-demi-kesehatan-kulit