Terbebas dari Stress dengan Menerapkan Hidup Minimalis

Terbebas dari Stress dengan Menerapkan Hidup Minimalis 

Written By: Aldi

Gaya hidup seseorang sangat mempengaruhi suasana hati seseorang. Misalnya, dengan gaya hidup yang sederhana dapat menghindarkan kita dari stress. Hidup didampingi dengan banyak barang dianggap sangat menyusahkan oleh beberapa orang. Gaya hidup minimalis sangat dipengaruhi oleh pola pikir seseorang. Ketika seseorang memiliki pola pikir yang sederhana maka hidupnya pun akan dibuat sesederhana mungkin dan menimbulkan gaya hidup yang minimalis. Tidak ada batasan dimana seseorang menjadi minimalis itu harus memiliki jumlah barang tertentu.

Apa sebenarnya gaya hidup minimalis? Gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup yang hanya memiliki sesuatu yang hanya dibutuhkan saja. Hal ini pun bisa merupakan tindakan atau barang. Hidup minimalis juga harus dapat membedakan kebutuhan dan keinginan karena tidak semua barang yang dibeli adalah sebuah kebutuhan. Dengan hidup sederhana, kita dapat terhindarkan dari hidup yang tertekan. Dengan gaya hidup seperti ini juga, kita jadi tidak memiliki banyak barang yang membuat kita terhindar dari penumpukan ataupun kehilangan barang. Barang yang berantakan juga membuat kita merasa stress. Ketika kita mengadopsi hidup minimalis ini, akan membuat psikologis kita menjadi lebih tenang dan tidak stress.

Kita bisa menerapkan gaya hidup minimalis misalnya dengan menjual barang yang tidak kita perlukan, kemudian memilah barang yang hanya pelengkap dan yang merupakan kebutuhan utama. Jangan membeli makanan yang berlebihan juga merupakan salah satu gaya hidup minimalis, kita sepatutnya makan secukupnya saja dan tidak tergoda dengan promo-promo serta iklan makanan yang lezat. Membeli barang yang mementingkan kualitas daripada kuantitas. Membeli barang yang diperlukan bukan apa yang diinginkan.

 

Referensi:

https://koinworks.com/blog/gaya-hidup-minimalis/

https://koinworks.com/blog/gaya-hidup-minimalis-2/

https://www.kompasiana.com/mahdianto/5d9b19a6097f3601bf2403d2/manfaat-hidup-minimalis-yang-membuat-kita-bahagia?page=all