Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak

Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak

Pada era sekarang smartphone sudah menjadi benda wajib yang harus dimiliki semua orang. Mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, mungkin sampai nenek kalian pun memiliki smartphone. Smartphone sudah sangat melekat dan mengisi keseharian kita, seperti belajar, bermain, bahkan ada yang ketika ke toilet pun membawa smartphone. Ketergantungan kita terhadap smartphone sudah sangat memprihatinkan karena ketika kita lupa menaruh smartphone, pasti kita akan panik karena selain harga yang mahal kita juga akan sulit mendapatkan informasi dan menghubungi kerabat.

            Penggunaan smartphone yang benar dapat membuat hidup menjadi lebih mudah dan lebih produktif. Karena dengan menggunakan smartphone kita dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya dan melakukan seluruh pekerjaan seperti membuat bahan presentasi, membuat jadwal kegiatan, dan sebagai media hiburan. Tetapi masih banyak orang yang kurang memanfaatkan smartphone mereka, sehingga membuat hidupnya tidak produktif. Kurangnya kesadaran menggunakan smartphone dengan baik sangat merugikan diri kita.  Oleh sebab itu, berikut tips untuk menggunakan smartphone dengan bijak:

1.      1. Batasi Diri

Penggunaan smartphone dapat membuat kecanduan sama halnya seperti merokok dan menggunakan narkoba. Oleh sebab itu, batasi diri sendiri dalam penggunaan gadget dan sering-seringlah keluar rumah untuk bersosialisasi dengan orang sekitar.

 

2.      2. Kurangi Penggunaan Smartphone Sebelum Tidur

Jauhkanlah smartphone 1 jam sebelum tidur karena sinar yang ditimbulkan dari layar smartphone dapat membuat kita menjadi susah tidur atau insomnia. Hal itu membuat hari esok menjadi tidak produktif akibat mengantuk dan tubuh yang terasa lelah.

 

3.      3. Isi Waktu Luang

Isilah waktu luang yang kalian punya untuk hal-hal yang lebih produktif seperti melakukan hobi yang disukai, memasak, berolahraga, atau membaca buku. Jika seperti itu ketergantungan terhadap smartphone akan berkurang dan hari-hari menjadi lebih baik.

 

4.      4. Kurangi Penggunaan Aplikasi yang Membuat Tidak Produktif

Aplikasi yang membuat diri kita menjadi tidak produktif sangatlah menganggu kita dalam melakukan suatu hal. Oleh sebab itu, kurangi penggunaannya dan batasi agar tugas-tugas penting dapat di prioritaskan terlebih dahulu.

 

5.      5. Gunakan Aplikasi yang Menunjang Aktivitas

Banyak aplikasi yang ditawarkan dalam layanan playstore. Mulai dari sosial media, fotografi, musik, chatting dan sebagainya. Beragamnya aplikasi yang tersedia membuat kita harus pandai dalam memilih aplikasi mana saja yang dapat membuat hidup kita menjadi produktif. Ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan smartphone.

 

Penulis: Handy Pratama

Link Refrensi: http://www.neraca.co.id/article/95935/cara-bijak-menggunakan-smartphone

https://www.kompasiana.com/haris_99/54f96275a33311b6078b4e43/ketergantungan-manusia-terhadap-smartphone-mulai-mengkhawatirkan?page=all