Mengapa Langit itu Berwarna Biru?

Mengapa Langit Itu Berwarna Biru?

 

Mungkin pertanyaan ini terkesan sepele, akan tetapi pernahkah terbesit di benak kalian mengapa langit itu berwarna biru? Apa mungkin karena adanya titik-titik air di atmosfer ataukah pantulan dari air di lautan? Padahal pada kenyataannya hal tersebut merupakan suatu persepsi yang salah. Sebenarnya ada penjelasan ilmiahnya. Daripada kalian menebak-nebak darimana sih asal warna biru tersebut, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Pertama-tama apa sih yang dimaksud dengan langit?

    Menurut laman wikipedia, Langit adalah bagian atas dari permukaan bumi yang digolongkan sebagai lapisan tersendiri yang disebut juga dengan atmosfer. Langit    juga terdiri dari banyak gas dan udara, yang setiap lapisannya memiliki komposisi yang berbeda-beda. Langit sering terlihat berwarna biru ketika pagi maupun     siang hari.

Lalu mengapa bisa demikian?

    Karena adanya permainan dari cahaya matahari yang merupakan hasil dispersi ke dalam berbagai warna sehingga secara tidak langsung cahaya matahari terlihat           berwarna putih.

Pasti kalian bertanya-tanya, bukankah cahaya mtahari itu terlihat berwarna kuning atau orange? sebenarnya iya. Akan tetapi, matahari memancarkan semua warna dalam spektrum cahaya secara bersama-sama sehingga akan terlihat berwarna putih, jika itu di lihat dari luar angkasa. Namun, di permukaan bumi matahari berwarna kuning atau orange itu dikarenakan adanya atmosfer bumi.  

Nah, balik ke penjelasan si langit. Ketika cahaya masuk dan melewati atmosfer bumi maka akan terdispersi ke berbagai macam panjang gelombang dengan jumlah yang berbeda-beda tiap gelombangnya maka muncullah berbagai warna seperti pelangi. Panjang gelombang yang tinggi akan berwarna merah, orange dan kuning sedangkan panjang gelombang yang rendah akan berwarna biru, ungu dan hijau. Sehingga warna-warna yang gelombangnya tinggi akan diteruskan secara lurus dan yang gelombangnya rendah akan disebarkan ke segala arah. Maka dari itu, warna birulah yang banyak tersebar sebab panjang gelombangnya lebih rendah. Selain itu, cahaya matahari juga dipantulkan dan tersebar dipermukaan bumi. Jadi, semua hamburan ini tercampur menjadi satu dan oleh karena itu langit berwarna biru.

Jadi, hal tersebutlah yang menyebabkan langit menjadi berwarna biru. Semoga bermanfaat khususnya bagi yang penasaran mengapa langit bisa berwarna biru.

 

Josephine Pollyanna

 Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Langit 

https://www.studiobelajar.com/kenapa-langit-berwarna-biru/

https://www.suara.com/tekno/2018/11/20/123000/warna-matahari-sesungguhnya-adalah-putih-kok-bisa

https://sains.me/rahasia-langit-dan-laut-berwarna-biru/