4 Alasan Mengapa harus Memulai Investasi Sejak Dini

4 Alasan Mengapa harus Memulai Investasi Sejak Dini

Halo teman – teman! Pernahkah kalian berpikir akan seperti apa kehidupan kalian di masa depan nanti? Banyak orang yang belum memikirkan akan seperti apa kehidupannya ke depan nanti. Memikirkan masa depan sangat penting terutama pada saat kalian sedang duduk di bangku kuliah untuk dapat mempersiapkan hari tua. Persiapan tersebut dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah investasi. Melakukan investasi merupakan hal yang dapat anda lakukan sejak dini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa investasi itu perlu dilakukan mulai dari sekarang:

1.          1. Inflasi

Alasan pertama kenapa investasi itu perlu dilakukan adalah inflasi. Terjadinya inflasi menyebabkan penurunan nilai mata uang yang seiring berjalannya tahun. Nilainya semakin berkurang dan merosot. Maka dari itu investasi itu perlu dilakukan agar orang dapat menyimpan aset mereka sendiri, sehingga aset tersebut tidak terkena dampak dari inflasi dan juga mencegah agar nilai mata uang tidak semakin menurun.

2.          2. Mempersiapkan keadaan di masa depan

Dengan melakukan investasi, orang dapat menyimpan uang/harta yang mereka miliki sekarang untuk ditimbun selama beberapa tahun. Sehingga dalam beberapa tahun, uang yang telah ditimbun tersebut dapat bertambah dengan sendirinya. Uang tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari dan hasil investasi tersebut akan sangat membantu untuk  biaya pensiunan.

3.          3. Mendapatkan keuntungan yang besar

Setiap orang pasti ingin kaya dan memiliki penghasilan yang besar. Dengan melakukan investasi hal tersebut dapat tercapai. Terdapat banyak jenis investasi yang menghasilkan keuntungan yang besar. Salah satu contohnya yaitu saham. Pada investasi saham harga dapat naik dan turun sehingga orang harus dapat cermat dalam memilih saham dari perusahaan yang ingin dibeli. Jika membeli saham dari perusahaan yang tepat, maka keuntungan yang akan didapat sangatlah besar.

4.           4. Tidak perlu bergantung pada gaji pekerjaan dan tabungan saja

Jika orang hidup hanya bergantung pada gaji dan tabungan saja, mereka tidak dapat membeli/memiliki kebutuhan eksternal yang mereka inginkan. Mungkin hal tersebut dapat terpenuhi sebagian jika memiliki perencanaan finansial yang baik. Namun, bila tidak memiliki perencaaan finansial yang baik, tentu hal tersebut tidak dapat terwujud bukan? Maka dari itu investasi perlu dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan eksternal yang  diinginkannya.

            Itulah empat alasan mengapa investasi perlu dimulai sejak dini. Seperti yang pernah dikatakan oleh pepatah “Janganlah hanya menaruh 1 telur di dalam 1 keranjang.” Jika telah terjun ke dalam dunia investasi maka telurusilah lebih dalam. Semakin dalam ditelusuri, semakin banyak pula keuntungan yang didapat. Semoga dengan penjelasan yang telah dijabarkan di atas, teman-teman dapat  belajar untuk memulai investasi mulai dari sekarang. Jika bukan sekarang kapan lagi akan memulainya?

-Julyo

https://mandiri-investasi.co.id/id/belajar-investasi/pusat-info/mengapa-investasi-penting/

https://www.modalrakyat.id/blog/pentingnya-investasi-di-usia-muda