APA ITU HARI METTA?

APA ITU HARI METTA

 

Halo teman - teman se-Dhamma yang berbahagia, sudah tahukan kalian tentang hari metta? Hari metta secara umum adalah hari dimana biasanya umat melakukan fang-shen atau pelepasan hewan ke habitatnya. Sebenarnya, hari metta yang kita peringati setiap tanggal 1 Januari selama ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kehidupan Sang Buddha. Lalu, kenapa umat Buddha memperingati hari metta ini?

Hari metta diperingati sejak tahun 1970 oleh World Of Buddhist Council di Hongkong. Peristiwa ini sehubungan dengan resmina sebuah rumah sakit buddhis di Hongkong yang dihadiri seluruh umat Buddha di dunia. Rumah sakit sosial ini, merupakan sebuah perwujudan nyata dari cinta kasih.

Kita sebagai umat Buddha, dalam mengembangkan metta / cinta kasih, tidak terbatas hanya kepada manusia saja, tetapi kita mengembangkan sifat cinta kasih kepada semua mahluk. Sang Buddha mengajarkan kita untuk melatih metta dengan bersugguh - sungguh. Sebenarnya, kita bisa mengembangkan metta / cinta kasih pada diri kita mulai dari hal kecil. Berikut contohnya yaitu:

1.      Tidak melakukan kekerasan kepada semua mahluk

2.      Berdana kepada orang yang membutuhkan dengan ikhlas

3.      Melepaskan atau membebaskan hewan yang tersiksa ke alam tempat tinggal mereka yang sepatutnya

4.      Melakukan kebaktian dan meditasi cinta kasih yang kemudian di limpahkan kepada semua mahluk.

Mudah bukan memulai untuk melatih cinta kasih pada diri kita sendiri? Nah setelah melatih cinta kasih pada diri kita, apakah manfaatnya? Berikut adalah manfaat jika melatih cinta kasih pada diri kita yaitu:

1.      Orang tersebut dapat tidur dengan tenang dan bahagia tanpa pikiran yang terganggu,

2.      Orang tersebut akan senantiasa memiliki wajah yang berseri-seri,

3.      Orang tersebut akan lebih disegani orang lain karena ia telah mencintai orang lain, maka ia pun dicintai oleh orang banyakl,

4.      Orang yang telah mengembangkan metta, akan mudah dan cepat untuk memusatkan pikiran maupun konsentrasi

5.      Dengan batin yang tenang, maka ia akan senantiasa hidup di kebahagiaannya sendiri

6.      Jika orang tersebut meninggal, maka orang tersebut akan meninggal dengan tenang dan terlahir kembali di alam bahagia.


Referensi : http://forsharingknowledge.blogspot.com/2012/03/hari-metta.html?m=1 

Penulis : Cornelius Tantius